3 Kebutuhan Menurut Intensitas (Primer, Sekunder & Tersier), Lengkap Contoh dan Penjelasan

Apakah kita semua manusia? Tentunya akan kita jawab "Ya, kita manusia". Karena kita adalah manusia pasti mempunyai kebutuhan untuk hidup meskipun kebutuhan tiap manusia bisa berbeda-beda. Kebutuhan merupakan segala sesuatu yang diperlukan manusia untuk menjalani hidup dan memperoleh kesejahteraan. Kebutuhan menurut intensitas kegunaannya atau tingkat kepentingannya dapat dibagi menjadi 3. Yaitu kebutuhan primer, sekunder, dan tersier.

Ketiga kebutuhan tersebut berdasar pada peran kebutuhan tersebut pada kelangsungan hidup seseorang. Artinya semakin erat suatu kebutuhan dengan kelangsungan hidup seseorang, maka kebutuhan tersebut dikategorikan sebagai kebutuhan primer. Begitujuga sebaliknya, semakin rendah keterkaitan suatu kebutuhan dengan kelangsungan hidup seseorang maka kebutuhan tersebut dikategorikan sebagai kebutuhan sekunder atau tersier.

Yang perlu diperhatikan adalah saat membedakan antara kebutuhan sekunder dan tersier, karena kebutuhan ini sulit dibedakan secara jelas atau tegas karena kita tidak selalu dapat menyatakan secara jelas sebuah benda termasuk kebutuhan sekunder atau tersier, misalnya saja AC rumah, kita tidak dapat menyatakan bahwa AC rumah ini adalah kebutuhan sekunder atau tersier karena hal ini berhubungan dengan kondisi ekonomi seseorang. Mungkin saja bagi seorang yang memiliki pendapata tinggi, AC rumah adalah kebutuhan sekunder, Akan tetapi jika dihadapkan pada orang yang berpendapatan rendah, AC rumah bisa jadi adalah kebutuhan tersier bagi orang tersebut. Untuk lebih jelasnya mengenai 3 Kebutuhan Manusia Menurut Intensitas (Primer, Sekunder & Tersier), Lengkap Contoh dan Penjelasan akan diuraikan dibawah ini:

Pengertian dan Contoh Kebutuhan Primer

Rumah adalah contoh kebutuhan Primer
Rumah adalah contoh kebutuhan Primer

Kebutuhan primer adalah kebutuhan pokok atau kebutuhan minimal atau kebutuhan dasar yang wajib dipenuhi manusia agar hidup layak. Jika tidak dipenuhi, kelangsungan hidup manusia akan terganggu. Berikut adalah contoh kebutuhan primer lengkap dengan gambar dan penjelasan.

Contoh kebutuhan primer adalah sebagai berikut: Sandang, Pangan, Papan, Pendidikan, Keluarga, Kesehatan, Pekerjaan dan lain sebagainya. untuk lebih jelasnya mengenai kebutuhan primer, sobat dapat membacanya pada artikel berikut ini: 20 Contoh Kebutuhan Primer Dengan Gambar dan Penjelasan

Pengertian dan Contoh Kebutuhan Sekuder

Mesin Cuci adalah contoh kebutuhan Sekunder
Mesin Cuci adalah contoh kebutuhan Sekunder

Kebutuhan Sekunder adalah jenis kebutuhan yang dibutuhkan setelah semua kebutuhan pokok / primer telah terpenuhi semuanya dengan baik. Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan tambahan yang letaknya berada diantara kebutuhan primer dan kebutuhan tersier. Jadi kebutuhan sekunder bersifat melengkapi kebutuhan primer. Dengan kata lain, kebutuhan sekunder sifatnya tidak wajib dan menunjang kebutuhan primer, pemenuhannya bisa ditangguhkan dan seandainya tidak terpenuhi tidak akan mengancam kelangsungan hidup seseorang.

Sehingga dapat dikatakan kebutuhan sekunder inilah yang akan mendukung supaya kehidupan manusia berjalan dengan lebih baik. Jika hanya memenuhi kebutuhan primer saja, maka kualitas hidup tentu akan berkurang meskipun masih mampu untuk bertahan hidup. Sedangkan jika kebutuhan sekunder terpenuhi maka akan menjadikan kehidupan manusia lebih layak, lebih sejahtera dan lebih makmur.

Contoh kebutuhan sekunder adalah sebagai berikut: Hiburan, Alat Elektronik, Kendaraan Pribadi, Perabotan Rumah, Peralatan Belajar, Olahraga dan lain sebagainya. untuk lebih jelasnya mengenai kebutuhan sekunder, sobat dapat membacanya pada artikel berikut ini: 10 Contoh Kebutuhan Sekunder Dengan Gambar dan Penjelasan

Pengertian dan Contoh Kebutuhan Tersier

Baju Branded dengan harga sangat mahal adalah contoh kebutuhan Tersier
Baju Branded dengan harga sangat mahal adalah contoh kebutuhan Tersier

Kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang ditujukan untuk menaikan derajat sosial, status dan gengsi seseorang. Kebutuhan tersier juga bisa diartikan sebagai kebutuhan yang hanya bisa dipenuhi dengan mengonsumsi barang / jasa yang tergolong mewah atau luks. Selain barang-barang mewah, kebutuhan tersier sendiri umumnya berhubungan dengan hobi seseorang. Misalnya yang hobi otomotif akan mengoleksi mobil-mobil antik, sedangka ibu-ibu sosialita biasanya suka mengoleksi tas atau sepatu branded.

Kebutuhan tersier atau kebutuhan ketiga adalah tingkat kebutuhan yang paling tinggi. Kebutuhan tersier ada setelah kebutuhan primer dan sekunder dipenuhi. Karena itu kebutuhan tersier lebih bersifat prestisius. Artinya, orang yang mampu memenuhi kebutuhan ini akan terangkat martabat atau derajatnya di dalam masyarakat.

Kebutuhan tersier biasanya hanya bisa dipenuhi oleh segelintir orang yang mempunyai tingkat ekonomi tinggi atau orang-orang kaya. Kebutuhan tersier bersifat kesenangan belaka (hiburan). Kebutuhan ini tidak berpengaruh terhadap kelangsungan hidup manusia. Umumnya jika kebutuhan ini sudah terpenuhi manusia tidak akan mengalami kesulitan dalam kehidupannya.

Contoh kebutuhan tersier adalah sebagai berikut: Rumah Mewah, Baju Branded, Wisata ke Luar Negeri, Kendaraan Mewah, Perhiasan, Aksesoris Mewah dan lain sebagainya. untuk lebih jelasnya mengenai kebutuhan tersier, sobat dapat membacanya pada artikel berikut ini: 10 Contoh Kebutuhan Tersier Dengan Gambar dan Penjelasan


Perlu di perhatikan bahwa pembagian kebutuhan menurut intensitas kegunaannya sangat ditentukan oleh kondisi masyarakat suatu daerah atau negara. Misalnya, bagi penduduk sebuah daerah yang masih tertinggal, kebutuhan akan Laptop mungkin merupakan kebutuhan tersier (mewah). Akan tetapi, bagi penduduk perkotaan yang memiliki standar hidup tinggi, kebutuhan terhadap laptop mungkin hanya merupakan kebutuhan sekunder saja.

Sekian artikel mengenai 3 Kebutuhan Menurut Intensitas (Primer, Sekunder & Tersier), Lengkap Contoh dan Penjelasan. semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah wawasan tentang kebutuhan manusia, kebutuhan menurut intensitas, kebutuhan primer, kebutuhan primer sekunder tersier, kebutuhan pokok dan macam macam kebutuhan. Terimakasih atas kunjungannya.

3 Kebutuhan Menurut Intensitas (Primer, Sekunder & Tersier)
MARKIJAR : MARi KIta belaJAR

Baca Juga :

Suka dengan artikel kami ? Tidak ada salahnya untuk berlangganan artikel terbaru dari MARKIJAR.Com langsung via email mu :

0 Response to "3 Kebutuhan Menurut Intensitas (Primer, Sekunder & Tersier), Lengkap Contoh dan Penjelasan"

Post a Comment