Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Contoh Kebutuhan Primer Dengan Gambar dan Penjelasan

Apakah kita semua manusia ? Tentunya akan kita jawab "Ya, kita manusia". Karena kita adalah manusia pasti memiliki kebutuhan untuk hidup meskipun kebutuhan tiap manusia bisa berbeda-beda. Kebutuhan merupakan segala sesuatu yang diperlukan oleh manusia untuk menjalani hidup dan memperoleh kesejahteraan. Kebutuhan menurut intensitas kegunaannya dapat dibagi menjadi 3. Yaitu kebutuhan primer, sekunder, dan tersier.

Pengertian Kebutuhan Primer

Dalam teori tentang kebutuhan, ada satu jenis kebutuhan manusia yang bersifat pokok dan mendesak. Kebutuhan ini disebut dengan kebutuhan primer. Kebutuhan primer adalah kebutuhan pokok atau kebutuhan minimal atau kebutuhan dasar yang harus dipenuhi manusia agar hidup layak. Jika tidak dipenuhi, kelangsungan hidup manusia akan terganggu. Berikut adalah contoh kebutuhan primer lengkap dengan gambar dan penjelasan.

20 Contoh Kebutuhan Primer Lengkap Gambar dan Penjelasan

1. Sandang
Kebutuhan primer yang pertama adalah sandang atau pakaian. Sandang adalah kebutuhan dalam bentuk pakaian yang digunakan untuk menutupi bagian tubuh (menutup aurat), atau sebagai pelindung dari cuaca dingin dan panas yang ada.
Contoh Kebutuhan Primer - Sandang
Contoh Kebutuhan Primer - Sandang

Pada jaman purbakala manusia mungkin belum membutuhkan pakaian. Namun seiring dengan berjalannya waktu, pakaian menjadi sangat dibutuhkan dan menjadi salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi. Tanpa sandang (pakaian) seseorang memang masih bisa bertahan hidup. Tetapi jika seseorang tidak mengenakan pakaian, maka umumnya dia akan merasa kedinginan atau merasa malu untuk bergaul dengan orang lain karena menyalahi norma yang ada di masyarakat.

2. Pangan
Contoh Kebutuhan Primer - Pangan
Contoh Kebutuhan Primer - Pangan

Pangan berarti makanan (termasuk juga minuman). Makanan merupakan kebutuhan pokok yang paling utama dibutuhkan oleh setiap makhluk hidup. Mengapa pangan dikatakan sebagai kebutuhan paling utama? hal ini dikarenakan manusia tidak dapat hidup tanpa makan dan minum. Sehingga pangan merupakan kebutuhan pokok yang harus terpenuhi.

Contoh pangan sebagai kebutuhan primer adalah sembako (sembilan bahan pokok), yaitu :
  1. beras, jagung dan sagu
  2. daging
  3. sayur-sayuran dan buah-buahan
  4. susu
  5. telur
  6. gula pasir
  7. garam beriodium dan bernatrium.
  8. minyak goreng dan margarin
  9. minyak tanah atau LPG

3. Papan
Contoh Kebutuhan Primer - Papan
Contoh Kebutuhan Primer - Papan

Di dalam hidup, tentu saja manusia membutuhkan tempat yang digunakan untuk berlindung serta berteduh dari hujan atau panas. Bahkan seiring dengan berjalannya waktu, rumah juga digunakan sebagai tempat wajib yang digunakan untuk berkumpul bersama keluarga. Memang tanpa tempat tinggal (papan) manusia masih bisa bertahan hidup, namun tanpa tempat tinggal manusia tidak terlindungi dari panas, angin malam yang dingin, hujan, binatang buas, juga manusia akan mendapatkan gangguan psikologis.

Selain ketiga kebutuhan primer diatas, ada beberapa kebutuhan primer yang harus dipenuhi seiring perkembangan jaman. Kebutuhan primer tersebut haruslah dipenuhi sesuai standar kebutuhan tiap-tiap manusia. Contoh kebutuhan primer tersebut yaitu:

4. Pendidikan
Contoh Kebutuhan Primer - Pendidikan
Contoh Kebutuhan Primer - Pendidikan

Tak hanya sandang, pangan, dan papan saja, pendidikan juga merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang tak boleh diabaikan. Hal ini dikarenakan pendidikan adalah salah satu faktor yang dapat membuat sebuah negara menjadi semakin maju. Sehingga dari sisi Negara sendiri kadang mewajibkan seorang anak mendapatkan pendidikan yang layak dan sesuai dengan standar.

5. Keluarga
Contoh Kebutuhan Primer - Keluarga
Contoh Kebutuhan Primer - Keluarga

Selain pendidikan, keluarga juga menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia sehari hari. Keluarga merupakan salah satu hal yang paling dibutuhkan manusia. Berbagai macam pelajaran dapat anda terima di dalam keluarga. Sehingga keluarga menjadi kebutuhan psikologis yang cukup penting. Banyak dari individu yang mungkin tidak mempunyai keluarga, bahkan harus hidup sendiri. Sehingga bagi anda yang mempunyai keluarga, tentunya anda harus bersyukur dan selalu luangkan waktu bersama keluarga.

6. Teman
Dari keluarga, sekarang ke teman. Manusia itu makhluk sosial, tidak bisa jauh dari manusia lain, kita saling membutuhkan dan wajib tolong menolong untuk dapat bertahan hidup. Dari teman kita belajar, berkembang, dan dari teman kita juga dapat merasakan kasih sayang dan pengalaman yang tak terlupakan.

7. Kesehatan
Setiap manusia tentunya berharap mempunyai tubuh yang sehat. Dengan kondisi tubuh yang sehat, tentunya segala hal dapat dilakukan termasuk untuk memenuhi kebutuhan primer lainnya. Jika kondisi tubuh tidak sehat, maka manusia akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidup lainnya dan membuat kehidupan tidak dapat berjalan baik. Sehingga tak heran jika Pemerintah berjuang memberikan jaminan kesehatan untuk masyarakatnya.

Baca Juga : 10 Contoh Kebutuhan Sekunder Dengan Gambar dan Penjelasan

8. Pekerjaan
Pekerjaan merupakan sebuah kebutuhan primer, karena dengan pekerjaan kita bisa memperoleh penghasilan / uang yang nantinya bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari hari termasuk kebutuhan keluarga. Tanpa mempunyai pekerjaan tentu saja kita akan kesulitan untuk bisa memenuhi kebutuhan primer lainnya.

9. Pengetahuan
Hampir sama seperti pendidikan, namun pengetahuan memiliki cakupan yang lebih luas lagi karena pengetahuan ini banyak sekali jenisnya. Tak hanya pengetahuan formal, pengetahuan non formal serta skill hidup akan menjadi pengetahuan yang penting untuk bisa bertahan hidup.

10. Informasi
Sebagai manusia, tentunya sangat memerlukan informasi yang mana berkaitan dengan hal-hal yang disekitarnya. Dengan adanya informasi tersebut tentu saja akan membuat dirinya mudah untuk memenuhi kebutuhan lainnya. Bahkan dengan adanya informasi yang ada, manusia bisa lebih jelas mengenal tentang dunianya.

11. Ketentraman
Ketentraman merupakan salah satu contoh kebutuhan primer dalam hidup. Dengan adanya ketentraman tentu saja hidup menjadi lebih damai dan tidak ada rasa was was yang dipikirkan. Lingkungan yang aman, kesehatan yang baik, serta kebutuhan lainnya yang terpenuhi yang dapat menjadikan kehidupan lebih tentram yang mana menjadi kebutuhan dari setiap manusia.

12. Privasi
Privasi juga salah satu contoh dari kebutuhan primer, Hal tersebut karena semua orang membutuhkan privasi misalnya seperti ada beberapa hal sensitif yang cuman boleh diketahui orang tersebut namun orang lain tidak boleh mengetahuinya, sehingga privasi juga menjadi kebutuhan pokok setiap orang.

13. Kasih Sayang
Kebutuhan pokok lainnya yang dibutuhkan oleh manusia adalah kasih sayang. Manusia membutuhkan adanya kasih sayang di dalam kehidupannya, entah itu dari keluarga, teman, ataupun orang lain di sekitarnya. Dengan adanya kasih sayang, manusia dapat lebih peduli pada sesama dan hal lainnya yang berada di sekitarnya.

14. Keamanan
Tentu saja setiap individu berharap jika bisa tinggal di tempat yang aman dan nyaman, tak hanya itu saja bahkan daerah yang dilewatinya pun juga tentu saja harus aman. Sehingga membuat seseorang tersebut tidak merasa was-was akan hal negatif yang bisa mencelakainya.

Baca Juga : 10 Contoh Kebutuhan Tersier Dengan Gambar dan Penjelasan

15. Mencintai dan Dicintai
Siapa sih yang tidak mau dicintai? Sebagai manusia normal, kita pasti mencintai manusia lain entah dari keluarga atau teman. Selain mencintai kita juga pasti berharap dicintai oleh orang lain. Mengingat pentingnya rasa mencintai dan dicintai sehingga hal ini menyebabkan rasa mencintai dan dicintai dapat digolongkan menjadi kebutuhan primer.

16. Dihargai dan Menghargai
Manusia hidup ingin dihargai, namun kalau ingin dihargai terlebih dahulu kita harus bisa menghargai orang lain. Rasa dihargai dan menghargai juga sangat penting dalam kehidupan sehingga hal ini menyebabkan rasa dihargai dan menghargai dapat digolongkan menjadi kebutuhan primer.

17. Identitas
Tentunya setiap manusia ingin jika dirinya dapat dikenal di dalam lingkungannya, sehingga orang lain yang ada di sekitarnya dapat berinteraksi satu sama lainnya yang mana nantinya bisa terjalin sebuah ikatan pertemanan yang membuat kehidupan bahagia dan menyenangkan.

18. Menunjukan Prestasi/Kemampuan
Manusia butuh menunjukan prestasinya, salah satunya agar orang lain memperhitungkan keberadaanya dan mendapat pengalaman dalam hidup.

19. Keselamatan
Manusia juga perlu adanya jaminan keselamatan, misalnya dalam menerima pekerjaan pasti manusia akan memperhitungkan faktor keselamatan dan jaminan keselamatan sebelum menerima sebuah pekerjaan.

20. Hubungan
Kita sebagai manusia membutuhkan hubungan kekeluargaan, pertemanan atau berbagai macam hubungan sehingga bisa memenuhi kebutuhan pokok kita dengan mudah.


Selesai sudah artikel mengenai Contoh Kebutuhan Primer, Mayoritas contoh kebutuhan primer bersumber dari Abraham Maslow, seorang pakar psikologi. Beberapa kebutuhan primer tersebut termasuk dalam hak asasi manusia dan sebagian sudah dijamin oleh negara dan masyarakat.

Sekian artikel mengenai 20 Contoh Kebutuhan Primer Dengan Gambar dan Penjelasan. semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah wawasan tentang contoh kebutuhan primer, kebutuhan primer, kebutuhan manusia, kebutuhan pokok manusia, sandang pangan papan dan kebutuhan pokok. Terimakasih atas kunjungannya.

20 Contoh Kebutuhan Primer Dengan Gambar dan Penjelasan
MARKIJAR : MARi KIta belaJAR

Posting Komentar untuk "20 Contoh Kebutuhan Primer Dengan Gambar dan Penjelasan"