10 Contoh Kebutuhan Tersier Dengan Gambar dan Penjelasan

Apakah kita semua manusia? Tentunya akan kita jawab "Ya, kita manusia". Karena kita adalah manusia pasti mempunyai kebutuhan untuk hidup meskipun kebutuhan tiap manusia bisa berbeda-beda. Kebutuhan merupakan segala sesuatu yang diperlukan oleh manusia untuk menjalani hidup dan memperoleh kesejahteraan. Kebutuhan menurut intensitas kegunaannya dapat dibagi menjadi 3. Yaitu kebutuhan primer, sekunder, dan tersier.

Pada materi sebelumnya, kita telah membahas seputar 20 Contoh Kebutuhan Primer Dengan Gambar dan Penjelasan serta 10 Contoh Kebutuhan Sekunder Dengan Gambar dan Penjelasan. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan melanjutkannya dengan membahas Contoh Kebutuhan Tersier Dengan Gambar dan Penjelasan.

Pembahasan tentang kebutuhan tersier sendiri akan kita bagi menjadi dua bagian. Pada bagian pertama kita akan membahas seputar pengertian kebutuhan tersier, dimana bagian ini akan menjelaskan kepada anda mengenai apa itu kebutuhan tersier?. Kemudian pada bagian kedua akan dibahas contoh kebutuhan tersier. Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Kebutuhan Tersier

Kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang ditujukan untuk menaikan status, derajat sosial dan gengsi seseorang. Kebutuhan tersier juga dapat diartikan sebagai kebutuhan yang hanya bisa dipenuhi dengan mengonsumsi benda yang tergolong mewah atau luks. Selain barang-barang mewah, kebutuhan tersier sendiri umumnya berhubungan dengan hobi seseorang. Misalnya yang hobi otomotif akan mengoleksi mobil-mobil antik, sedangka ibu-ibu sosialita biasanya suka mengoleksi tas atau sepatu branded.

Kebutuhan tersier atau kebutuhan ketiga adalah tingkat kebutuhan yang paling tinggi. Kebutuhan tersier ada setelah kebutuhan sekunder dan primer terpenuhi. Karena itu kebutuhan tersier lebih bersifat prestisius. Artinya, orang yang mampu memenuhi kebutuhan ini akan terangkat martabat atau derajatnya di dalam masyarakat.

Kebutuhan tersier biasanya hanya bisa dipenuhi oleh segelintir masyarakat yang memiliki tingkat ekonomi tinggi atau orang-orang kaya. Kebutuhan tersier bersifat kesenangan belaka (hiburan). Kebutuhan ini tidak berpengaruh terhadap kelangsungan hidup manusia. Umumnya jika kebutuhan ini sudah terpenuhi manusia tidak akan mengalami kesulitan dalam kehidupannya.

10 Contoh Kebutuhan Tersier Dengan Gambar dan Penjelasan

1. Rumah Mewah
Contoh Kebutuhan Tersier - Rumah Mewah
Contoh Kebutuhan Tersier - Rumah Mewah
Meskipun rumah termasuk contoh kebutuhan primer yang sangat berpengaruh terhadap kelangsungan dan kelayakan hidup seseorang. Namun rumah juga dapat dikatakan sebagai contoh kebutuhan tersier jika berupa bangunan mewah seperti villa atau rumah yang sangat besar layaknya istana. Selain dapat memberikan kenyamanan, rumah mewah juga dapat memberi kebanggaan bagi pemiliknya.

2. Baju Branded
Contoh Kebutuhan Tersier - Baju Branded
Contoh Kebutuhan Tersier - Baju Branded
Baju atau sandang memang termasuk kebutuhan primer. Meski demikian jika baju yang dikenakan adalah baju branded atau baju mahal yang bermerk, maka baju dapat dikatakan sebagai contoh kebutuhan tersier karena memiliki fungsi selain sebagai sandang juga berfungsi sebagai sarana meningkatkan kelas sosial seseorang dan dapat memberikan kebanggaan bagi sang pemakai.

3. Wisata ke Luar Negeri
Contoh Kebutuhan Tersier - Wisata ke Luar Negeri
Contoh Kebutuhan Tersier - Wisata ke Luar Negeri
Pernahkah anda berwisata ke luar negeri? Jika anda pernah atau bahkan sering, berarti Anda termasuk berasal dari golongan ekonomi kelas atas yang kebutuhan primer dan sekundernya telah terpenuhi. Wisata ke luar negeri termasuk kebutuhan tersier yang tidak berpengaruh terhadap kelayakan hidup seseorang, karena sebenarnya jika tujuannya hanya rekreasi atau untuk melepas penat, berwisata di dalam negeri saja sudah cukup.

4. Kendaraan Mewah
Kebutuhan akan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil memang merupakan kebutuhan sekunder yang perlu dipenuhi. Namun, akan berbeda jadinya bila yang dibeli adalah motor gede atau mobil mewah. Semua sarana transportasi mewah tersebut menjadi contoh kebutuhan tersier yang tidak terlalu berpengaruh terhadap keberlangsungan hidup seseorang.
5. Perhiasan
Perhiasan seperti cincin permata, gelang emas, kalung mutiara, kalung emas, dan lain sebagainya termasuk contoh kebutuhan tersier. Kebutuhan ini tidak mempengaruhi kelangsungan hidup seseorang, tetapi ia dapat memberikan kesan mewah sehingga orang yang mempunyainya bisa memperoleh pengakuan kemampuan finansial di masyarakat dan dapat memberikan kebanggaan bagi sang pemakai.

6. Aksesoris Mewah
Sama seperti perhiasan, aksesoris mewah yang terdapat di rumah seperti jam tangan mahal, vas bunga yang mahal, guci antik, lukisan kuno juga termasuk contoh kebutuhan tersier. Keberadaannya tidak terlalu penting, namun bagi orang yang sudah mempunyai kemapanan finansial barang-barang tersebut kerap kali dibelinya dimana salah satu tujuannya adalah untuk memenuhi hobinya atau untuk kebanggaan semata.

7. Investasi
Contoh kebutuhan tersier berikutnya adalah investasi. Kalian tahu apa yang dimaksud dengan investasi? Investasi adalah suatu cara seseorang untuk menyimpan kelebihan hartanya di suatu barang yang mana barang tersebut dapat menghasilkan keuntungan dimasa yang akan datang. Contoh investasi adalah membeli emas dan tanah. sebenarnya jika kita tidak melakukan inverstasi kehidupan kita juga tidak akan terganggu, namun bagi orang yang sudah mempunyai kelebihan finansial mereka kerap menimbun hartanya dengan berinvestasi.

8. Alat Alat Musik Mewah
Alat alat musik mewah, mahal dan branded seperti gitar, piano dan lain sebagainya hanya dimiliki kalangan atas saja, bahkan biasanya dibeli hanya sebagai hiasan rumah atau sekedar koleksi untuk memenuhi hobinya. Harganya pun sangat mahal karena branded dan kadang di produksi dengan jumlah yang terbatas.

9. Transportasi Udara (Pribadi)
Contoh Kebutuhan Tersier - Transportasi Udara (Pribadi)
Contoh Kebutuhan Tersier - Transportasi Udara (Pribadi)
Contoh kebutuhan tersier yang ke sembilan adalah alat transportasi udara misalnya helikopter dan pesawat jet pribadi, beberapa kalangan atas dengan harta yang berlimpah seringkali membeli transportasi udara pribadi seperti jet pribadi hanya untuk menunjang aktifitasnya dan meningkatkan kelas sosial di masyarakat.

10. Apartemen
Jika rumah sudah dimiliki dan mugkin punya lebih dari satu, mungkin selanjutnya beberapa golongan ekonomi kelas atas akan mengoleksi apartemen sebagai koleksi sekaligus investasinya. dimana jika sudah punya rumah dan alasan mengoleksi apartemen hanya untuk investasi atau untuk kebanggaan semata, maka disini apartemen dapat digolongkan sebagai kebutuhan tersier.


Sekian artikel tentang 10 Contoh Kebutuhan Tersier Dengan Gambar dan Penjelasan. semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah wawasan tentang kebutuhan tersier, contoh kebutuhan tersier dan pengertian kebutuhan tersier. Terimakasih atas kunjungannya.

10 Contoh Kebutuhan Tersier Dengan Gambar dan Penjelasan
MARKIJAR : MARi KIta belaJAR

Loading...

Suka dengan artikel kami ? Tidak ada salahnya untuk berlangganan artikel terbaru dari MARKIJAR.Com langsung via email mu :

0 Response to "10 Contoh Kebutuhan Tersier Dengan Gambar dan Penjelasan"

Post a Comment