Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Contoh Kebutuhan Sekunder Dengan Gambar dan Penjelasan

Apakah kita semua manusia? Tentunya akan kita jawab "Ya, kita manusia". Karena kita adalah manusia pasti memiliki kebutuhan untuk hidup meskipun kebutuhan tiap manusia bisa berbeda-beda. Kebutuhan merupakan segala sesuatu yang diperlukan oleh manusia untuk menjalani hidup dan memperoleh kesejahteraan. Kebutuhan menurut intensitas kegunaannya dapat dibagi menjadi 3. Yaitu kebutuhan primer, sekunder, dan tersier.

Pada materi sebelumnya, kita telah membahas seputar 20 Contoh Kebutuhan Primer Dengan Gambar dan Penjelasan. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan melanjutkannya dengan membahas Contoh Kebutuhan Sekunder Dengan Gambar dan Penjelasan. Pembahasan tentang kebutuhan sekunder sendiri akan kita bagi menjadi dua bagian. Pada bagian pertama kita akan membahas seputar pengertian kebutuhan sekunder, dimana bagian ini akan menjelaskan kepada Anda mengenai apa itu kebutuhan sekunder?. Kemudian pada bagian kedua akan dibahas contoh kebutuhan sekunder. Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Kebutuhan Sekunder

Kebutuhan Sekunder adalah jenis kebutuhan yang diperlukan setelah semua kebutuhan pokok / primer telah terpenuhi semuanya dengan baik. Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan tambahan yang letaknya berada diantara kebutuhan primer dan kebutuhan tersier. Jadi kebutuhan sekunder bersifat melengkapi kebutuhan primer. Dengan kata lain, kebutuhan sekunder sifatnya tidak wajib dan menunjang kebutuhan primer, pemenuhannya bisa ditangguhkan dan seandainya tidak terpenuhi tidak akan mengancam kelangsungan hidup seseorang.

Sehingga dapat dikatakan kebutuhan sekunder inilah yang akan mendukung supaya kehidupan manusia berjalan dengan lebih baik. Jika hanya memenuhi kebutuhan primer saja, maka kualitas hidup tentu akan berkurang meskipun masih mampu untuk bertahan hidup. Sedangkan jika kebutuhan sekunder terpenuhi maka akan menjadikan kehidupan manusia lebih layak, lebih sejahtera dan lebih makmur.

10 Contoh Kebutuhan Sekunder Dengan Gambar dan Penjelasan

1. Hiburan
Contoh Kebutuhan Sekunder - Hiburan
Contoh Kebutuhan Sekunder - Hiburan
Manusia butuh hiburan sebagai kebutuhan sekundernya agar tidak jenuh dengan berbagai aktivitas. Contoh hiburan misalnya bermain game, bermain playstation dan lain sebagainya. dengan hiburan manusia bisa memperoleh kesenangan serta kebahagiaan lewat kenikmatan fisik maupun rohani sehingga bisa menjadi obat terhadap kelelahan, ketegangan dan kekecewaan dalam menjalani rutinitas kehidupan.

2. Alat Elektronik
Contoh Kebutuhan Sekunder - Alat Elektronik
Contoh Kebutuhan Sekunder - Alat Elektronik
Contoh kebutuhan sekunder berikutnya adalah Alat Elektronik misalnya rice cooker, mesin cuci, kipas angin dan masih banyak lagi. dengan memanfaatkan alat elektronik kita bisa mempermudah pekerjaan / kegiatan / aktifitas kita, misalnya dengan memanfaatkan mesin cuci kita bisa mempersingkat waktu kita dalam mencuci pakaian sehingga pada akhirnya akan mempermudah aktifitas sehari-hari kita.

3. Kendaraan Pribadi
Contoh Kebutuhan Sekunder - Kendaraan Pribadi
Contoh Kebutuhan Sekunder - Kendaraan Pribadi
Kendaraan Pribadi merupakan contoh kebutuhan sekunder yang perannya amat penting untuk menunjang kehidupan manusia. Kendaraan Pribadi sebagai alat transportasi misalnya sepeda motor dan mobil saat ini sangat dibutuhkan keberadaanya untuk menunjang segala aktifitas, dengan kendaraan pribadi kita bisa pulang pergi ke tempat kerja dengan lebih cepat dan efisien.

4. Perabotan Rumah
Perabotan rumah tangga seperti perlengkapan dapur, kulkas, kursi, oven, lemari, tempat tidur, kipas angin, meja makan dan lain sebagainya adalah kebutuhan sekunder sebagai tambahan memenuhi kebutuhan hidup. dengan perabotan rumah kita akan lebih nyaman selama berada di rumah kita.

5. Peralatan Belajar
Peralatan belajar seperti meja belajar, buku, pensil, alat alat tulis dan lain sebagainya merupakan contoh kebutuhan sekunder untuk menjadikan hidup kita lebih baik dan nyaman. tanpa buku tentunya kita akan kesulitan untuk mencatat poin-poin penting dari pelajaran yang sedang kita pelajari.

6. Rekreasi
Seseorang butuh rekreasi dan berwisata di tempat tempat yang indah sebagai bagian dari kebutuhan sekunder atau kebutuhan tambahannya dalam hidup. Sama seperti hiburan, dengan berwisata manusia bisa memperoleh kesenangan serta kebahagiaan lewat kenikmatan fisik maupun rohani sehingga bisa menjadi obat terhadap kelelahan, kepenatan dan kekecewaan dalam menjalani rutinitas kehidupan.

7. Smartphone
Smartphone merupakan contoh kebutuhan sekunder yang sangat penting untuk menunjang kehidupan manusia, terutama dalam hal komunikasi. Misalnya penggunaan smartphone untuk BBM-an, Whats Up, SMS atau menelpon seseorang. Meskipun penggunaan smartphone sangat melekat pada kita akan tetapi smartphone merupakan contoh kebutuhan sekunder, karena sebenarnya sebagian besar dari kita dapat hidup tanpa smartphone meskipun beberapa pekerjaan kita akan sedikit terhambat.

8. Olahraga
Contoh Kebutuhan Sekunder - Olahraga
Contoh Kebutuhan Sekunder - Olahraga
Olahraga merupakan salah satu contoh kebutuhan sekunder, Olahraga dapat membantu merangsang otot-otot dan bagian tubuh lainnya untuk bergerak. Pentingnya olahraga terhadap tubuh bisa diilustrasikan seperti mesin yang tidak pernah digerakkan/digunakan, Lambat laun bagian-bagian dari mesin akan rusak karena tidak terlatih untuk terus bekerja/bergerak. Demikian pula tubuh, jika kurang gerak / kurang olahraga tubuh akan menjadi rusak atau tidak sehat. sehingga olahraga penting bagi tubuh manusia, karena dengan rutin olahraga tubuh akan menjadi sehat yang pada akhirnya akan memeperlancar aktivitas manusia dalam menjalankan hidupnya.

Baca Juga : 10 Contoh Kebutuhan Tersier Dengan Gambar dan Penjelasan

9. Surat Kabar
Surat kabar adalah sarana yang menyiarkan produk jurnalistik. salah satu contoh produk jurnalistik adalah koran, dengan membaca surat kabar / koran kita dapat memperoleh sebuah informasi / berita / wawasan baru yang dapat menunjang kita dalam menjalankan hidup. 

10. Jam tangan
Di jaman kehidupan modern ini, jam tangan telah menjadi assesoris penting dalam kegiatan sehari hari kehidupan semua orang, beragam manfaat dapat diberikan ketika kita menggunakan jam tangan, misalnya untuk penunjuk waktu yang efisien dan efektif, menunjang penampilan dan untuk mengatur waktu agar lebih teratur dalam menjalankan aktifitas sehari-hari.


Semua kebutuhan sekunder pada umumnya penting bagi kehidupan manusia meskipun sifatnya sebagai penunjang. Dengan terpenuhinya kebutuhan sekunder pastinya akan mempermudah kegiatan manusia sehingga bisa hidup lebih baik dan lebih nyaman.

Sekian artikel tentang 10 Contoh Kebutuhan Sekunder Dengan Gambar dan Penjelasan. semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah wawasan tentang contoh kebutuhan sekunder, kebutuhan sekunder dan pengertian kebutuhan sekunder. Terimakasih atas kunjungannya.

10 Contoh Kebutuhan Sekunder Dengan Gambar dan Penjelasan
MARKIJAR : MARi KIta belaJAR

Posting Komentar untuk "10 Contoh Kebutuhan Sekunder Dengan Gambar dan Penjelasan"