Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kerjasama Internasional Indonesia, Lengkap Contoh dan Pembahasan

Negara tidak dapat hidup sendiri, melainkan memerlukan bantuan atau kerja sama dengan negara lain. Bentuk kerja sama dengan negara lain dapat berupa kerja sama di bidang ekonomi, politik, pertahanan, pendidikan, kebudayaan, sosial, keamanan, dan sebagainya. Kerja sama sendiri dapat diartikan sebagai suatu usaha bersama antara orang perorangan atau antar kelompok atau antar organisasi untuk mencapai tujuan atau target yang sebelumnya telah direncanakan dan disepakati bersama. Atau kerjasama dapat diartikan sebagai tindakan-tindakan dalam pekerjaan yang dilakukan oleh dua pihak atau lebih untuk mencapai tujuan dan demi keuntungan bersama. selanjutnya apa itu kerja sama internasional ?

Kerjasama Internasional

Kerja sama internasional adalah kerjasama yang dilakukan oleh dua negara atau lebih yang tidak dibatasi oleh letak negara atau memiliki lingkup seluruh dunia, kerjasama internasional biasanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan seluruh negara-negara di dunia.

Hubungan kerjasama internasional dibutuhkan guna memenuhi kebutuhan hidup dan eksistensi keberadaan suatu negara dalam tata pergaulan internasional, di samping demi terciptanya perdamaian dan kesejahteraan hidup yang merupakan harapan seluruh manusia dan negara di dunia. Setiap negara sudah pasti memiliki kelebihan, kekurangan dan kepentingan nya masing-masing. Hal-hal inilah yang mendorong dilaksanakannya kerjasama internasional.

Tujuan dan Fungsi Kerjasama Internasional

Kerjasama internasional didasari atas sikap saling menghormati dan saling menguntungkan, Dalam menjalin sebuah kerjasama internasional biasanya memiliki tujuan dan fungsi sebagai berikut
Tujuan Kerjasama Internasional
  1. Memperkuat dan meningkatkan kerja sama ekonomi, perdagangan dan investasi dengan para negara yang menjalin kerjasama.
  2. Memperkuat dan meningkatkan kerja sama dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi dengan para negara yang menjalin kerjasama.
  3. Menciptakan saling pengertian antar negara dalam membina dan menegakkan perdamaian dunia.

Fungsi kerja sama internasioanl
  1. Saling menguntungkan kedua belah pihak dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi.
  2. Meningkatkan penerapan iptek serta menanggulangi hal-hal yang dapat merusak budaya.
  3. Meningkatkan kemampuan pertahanan dan keamanan.
  4. Mewujudkan ketertiban dan perdamaian dunia.
  5. Terjalin rasa saling menghargai dan menghormati ideology masing-masing.

Contoh Kerjasama Internasional

Ada beberapa organisasi kerjasama internasional yang tersebar di seluruh dunia, diantaranya adalah WTO, ILO, World Bank dan IMF.

WTO (World Trade Organization / Organisasi Perdagangan Dunia)
WTO / organisasi perdagangan dunia adalah organisasi intenasioanl yang bertujuan untuk meningkatkan perdagangan internasional dengan cara membatasi atau manghapus peraturan yang bersifat menghambat kelancaran pertukaran barang-barang internasional, dan berusaha untuk meningkatkan volume perdagangan dunia dengan cara meliberalisasikan perdagangan internasional. WTO didirikan pada 1 Januari 1995 sebagai pengganti dari persetujuan GATT, GATT sendiri merupakan persetujuan setelah Perang Dunia II untuk menghapuskan hambatan perdagangan internasional.

WTO memiliki prinsip yaitu Non diskriminasi, liberasi perdagangan, stabilitas hubungan perdagangan di mana mekanisme WTO dibangun untuk mendiskusikan dan memecahkan masalah perdagangan antar Negara. Organisasi WTO bermarkas di Jenewa, Swiss. dimana pada Juli 2008 telah memiliki 153 negara anggota (mayoritas negara di dunia menjadi anggota organisasi ini). 


ILO (International Labour Organisation / Organisasi Buruh Internasional)
ILO / Organisasi Buruh Internasional adalah sebuah wadah yang menampung isu buruh internasional di bawah PBB. ILO didirikan pada 11 April 1919 sebagai bagian Persetujuan Versailles setelah Perang Dunia I. Organisasi ini menjadi bagian PBB setelah pembubaran LBB dan pembentukan PBB pada akhir Perang Dunia II. ILO memiliki tujuan untuk mewujudkan perdamaian melalui keadilan sosial, perbaikan nasib buruh, stabilitas ekonomi, sosial dan menyusun hukum perburuhan. sejak tanggal 11 Juni 1950 Indonesia resmi menjadi anggota ILO.

World Bank / IBRD / Bank Dunia
Bank Dunia / IBRD adalah sebuah lembaga keuangan internasional yang menyediakan pinjaman kepada negara anggota untuk program pemberian modal. Bank Dunia / IBRD didirikan pada tanggal 27 Desember 1945 dengan tujuan untuk membantu pembiayaan usaha-usaha pembangunan dan perkembangan negara-negara anggotanya dengan memudahkan penanaman modal untuk tujuan yang produktif. Jadi Bank Dunia bekerja untuk mengatasi masalah investasi di dunia.
Logo Bank Dunia
Logo Bank Dunia

Markas Bank Dunia berada di Washington, DC, Amerika Serikat. Secara teknis dan struktural Bank Dunia termasuk salah satu dari badan PBB, namun secara operasional sangat berbeda dari badan-badan PBB lainnya.

IMF (International Monetary Fund / Dana Moneter Internasional)
IMF adalah organisasi internasional yang beranggotakan 189 negara yang bertujuan memperkuat kestabilan keuangan, mempererat kerja sama moneter global, memperluas perdagangan dan investasi dunia, memperluas lapangan pekerjaan sekaligus pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, dan mengatasi kemiskinan di seluruh dunia.

Organisasi IMF bermarkas di Washington, D.C. IMF dibentuk pada tahun 1944 dalam Konferensi Bretton Woods, kemudian diresmikan tahun 1945 dengan 29 negara anggota. IMF sejak awal bertujuan menata ulang sistem pembayaran internasional. Negara anggota menyumbangkan dana cadangan menggunakan sistem kuota. Dana cadangan ini kemudian bisa dipinjam oleh negara anggota yang mendapat kesulitan dalam neraca pembayarannya. Hingga 2010, dana cadangan IMF mencapai US$755,7 miliar. Pada negara-negara yang akan meminjam uang, IMF dan Bank Dunia biasanya menerapkan syarat-syarat tertentu karena pada dasarnya IMF menganut paham neoliberalisme yaitu untuk mendukung pasar bebas.

Bentuk Kerjasama Internasional

Berdasarkan bentuknya, kerja sama internasional dapat dibagi dalam 4 kelompok, yaitu sebagai berikut :
1. Kerja sama bilateral
Kerjasama bilateral adalah bentuk kerjasama ekonomi yang dilakukan antar dua Negara. Kerjasama ini terjadi karena kedua Negara saling mendapat keuntungan atau kedua Negara memiliki hubungan yang sangat baik. Sebagai contohnya, Hubungan antara  Indonesia dengan Jepang terkait perdagangan dan Hubungan Indonesia dengan Arab Saudi terkait ibadah haji.

2. Kerja sama regional
Kerja sama regional adalah kerja sama yang dilakukan oleh beberapa negara dalam suatu kawasan atau wilayah. Kerja sama ini biasanya dilakukan karena adanya kepentingan bersama baik dalam bidang politik, ekonomi, dan pertahanan. Contoh kerja sama regional antara lain ASEAN dan Liga Arab.


3. Kerja sama multilateral
Kerjasama mulitilateral adalah kerja sama yang biasanya dilakukan lebih dari dua Negara. Kerjasama jenis ini bisa dalam satu wilayah, atau bisa dalam beda wilayah. Misalnya adalah hubungan kerjasama yang berada dalam beda wilayah yaitu OPEC. dan hubungan kerjasama yang berada dalam satu wilayah yaitu ASEAN, MEE, NAFTA.

4. Kerja sama internasional
Kerja sama internasional adalah kerja sama antara negara-negara diseluruh dunia (mayoritas negara didunia tergabung dalam kerjasama ini). Sedangkan bentuk kerja sama nya dapat terjalin pada beberapa bidang, seperti :
  • Kerja sama dibidang ekonomi, contohnya IMF, FAO, IBRD, UNCTAD.
  • Kerja sama dibidang pertahanan, contohnya SEATO, ANZUS, NATO, CENTO.
  • Kerja sama dibidang kebudayaan, contohnya pendidikan, IPTEK.
  • Kerja sama dibidang sosial, contohnya ILO, IRO, UNICEF, WHO.

Manfaat Indonesia dalam menjalin kerjasama internasional

Banyak manfaat yang dirasakan indonesia dalam menjalin kerjasama internasional, salah satunya adalah sebagai berikut:
  • Mempertahankan kemerdekaan Bangsa dan menjaga keselamatan Negara.
  • Meningkatkan perdamaian Internasional karena hanya dalam keadaan damai, Indonesia dapat membangun dan meningkatkan kemakmuran rakyat.
  • Memperoleh barang-barang yang diperlukan dari luar negeri untuk memperbesar kemakmuran rakyat apabila barang tersebut belum bisa diproduksi di dalam Negeri.
  • Turut meningkatkan kemakmuran seluruh negara di dunia, hal tersebut sebagai pelaksanaan cita-cita yang tersimpul di dalam Pancasila sebagai dasar falsafah Negara Indonesia.
  • Dapat menjelaskan dalam menanggulangi penyelundupan manusia yang modus operandinya memiliki kesamaan antar satu negara dengan negara lain.
  • Lebih cepat dalam mengatasi ketertinggalan dalam beberapa bidang, karena dapat menjalin kerja sama dengan Negara maju.
  • Dapat menambah fasilitas untuk memperluas jaringan dan peningkatan pemanfaatan Sister City antara kota-kota dan propinsi di Indonesia dengan kota-kota dan propinsi/distrik di mancanegara yang sudah berkembang dan maju.


Sekian Artikel mengenai Kerjasama Internasional Indonesia, Lengkap Contoh dan Pembahasan. semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk menambah ilmu, mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah wawasan tentang kerjasama international, kerjasama ekonomi internasional, manfaat hubungan internasional dan manfaat kerjasama internasional. Seandainya sobat menemukan kesalahan baik dari segi penjelasan maupun penulisan, mohon kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan dan kebaikan bersama. Akhir kata, Terimakasih atas kunjungannya.

Kerjasama Internasional Indonesia, Lengkap Contoh dan Pembahasan
MARKIJAR : MARi KIta belaJAR

Posting Komentar untuk "Kerjasama Internasional Indonesia, Lengkap Contoh dan Pembahasan"