Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kerjasama Regional Indonesia, Lengkap Contoh dan Pembahasan

Kerja sama adalah suatu usaha bersama antara orang perorangan atau antar kelompok atau antar organisasi untuk mencapai tujuan atau target yang sebelumnya telah direncanakan dan disepakati bersama. Atau kerjasama dapat diartikan sebagai tindakan-tindakan dalam pekerjaan yang dilakukan oleh dua pihak atau lebih untuk mencapai tujuan dan demi keuntungan bersama.

Kerjasama Regional adalah kerjasama yang dilakukan oleh dua negara atau lebih yang biasanya berada dalam suatu kawasan tertentu atau wilayah yang berdekatan. Ada beberapa organisasi kerjasama yang tersebar di berbagai kawasan di seluruh dunia. Di kawasan Asia Tenggara ada Asean, Afta dan Apec, Di kawasan Asia Selatan ada Saarc. kemudian di kawasan Asia terdapat ADB dan di kawasan eropa terdapat EFTA dan EU. Masing-masing kerjasama regional tersebut memiliki tujuan nya masing-masing. Biasanya bentuk kerja regional diwujudkan dengan penetapan kebijakan-kebijakan sebagai berikut:

Contoh kebijakan hasil kerjasama regional adalah:
  1. Penetapan peraturan dan perjanjian penanaman modal untuk memperkuat posisi tawar-menawar negara anggota dalam menghadapi negara yang lebih maju.
  2. Melakukan proteksi terhadap pengusaha domestik dalam menghadapi persaingan dari luar kawasan.
  3. Pembentukan suatu kawasan perdagangan bebas dengan meniadakan tarif bea masuk terhadap barang yang berasal dari sesama negara anggota untuk meningkatkan skala pasar internasional.

Indonesia sendiri sebagai bagian dari negara-negara dunia selalu aktif dan tidak dapat menghindari kerjasama regional dengan negara lain, terutama negara dalam satu kawasan. Ada beberapa alasan mengapa Indonesia wajib menjalin kerja sama regional dengan negara lain, diantaranya adalah:
  1. Untuk memasarkan produksi dari dalam negeri ke negara lain (ekspor).
  2. Tidak semua kebutuhan konsumsi dalam negeri dapat dipenuhi sendiri
  3. Untuk menjaga stabilitas kawasan, meningkatkan hubungan ekonomi.
  4. Sebagai bagian dari komunitas dunia, Indonesia perlu menjalin persahabatan dengan negara lain.

Contoh Kerjasama Regional

Berikut ini adalah beberapa contoh kerjasama regional yang ada diseluruh dunia:

EU / Uni Eropa (European Union)
Uni Eropa (European Union) adalah organisasi antar pemerintahan dengan anggota negara-negara Eropa. Uni eropa bukanlah suatu negara federal atau organisasi internasional dalam pengertian tradisional, akan tetapi merupakan suatu badan otonom di antara keduanya. Negara-negara anggota UE tetap menjadi negara yang independen dan berdaulat, tetapi mereka menggabungkan kedaulatan mereka dengan tujuan untuk memperoleh pengaruh dan kekuatan kolektif yang lebih besar. Uni Eropa merupakan salah satu contoh kerjasama regional di kawasan eropa dimana manfaat dari keberadaanya sangat dirasakan oleh masyarakat eropa.

Pada tahun 2002, Uni Eropa mengeluarkan mata uang tunggal Uni Eropa, yakni Euro yang digunakan bersama oleh negara-negara Uni Eropa. Saat ini jumlah anggota UE mencapai 27 negara. Misi UE pun tidak hanya sebatas kerja sama ekonomi lagi, namun berkembang sebagai berikut ini.
  1. pemersatu bagi negara-negara benua Eropa
  2. memastikan keselamatan hidup warganya
  3. menjaga perdamaian, kesejahteraan dan stabilitas bagi warga negara anggota
  4. menjaga keseimbangan antara pembangunan ekonomi dan sosial
  5. menghadapi tantangan globalisasi dan menjaga keberagaman masyarakat Eropa
  6. menjaga nilai-nilai masyarakat Eropa semacam pembangunan terpadu, kepedulian lingkungan, HAM, dan masyarakat sosial ekonomi.

Apec (Asia Pasific Economic Cooperation)
APEC (Asia-Pacific Economic Cooperation). Kerjasama Ekonomi APEC adalah forum kerjasama ekonomi yang terbuka, informal, tidak mengikat, dibentuk di Canberra November 1989. Salah satu bentuk kerjasama dalam APEC adalah Kerjasama Ekonomi dan Teknik (ECOTECH), Kerjasama tersebut memberikan kesempatan bagi negara-negara anggota untuk meningkatkan pelatihan dan pendidikan dalam perdagangan internasional.


Secara historis terbentuknya Forum APEC lebih dilihat sebagai upaya untuk mengatasi kebuntuan yang melanda perundingan-perundingan Perjanjian Umum tentang Tarif dan Perdagangan (GATT) atau Putaran Uruguay, di Jenewa, Swiss. Sejatinya APEC sendiri mencakup negara-negara dari beberapa belahan benua, yakni negara-negara ASEAN, Amerika Serikat, Kanada, Australia, Selandia Baru, Meksiko, Papua Nugini, Korea Selatan, Jepang, China, Hongkong, Taiwan, dan Cile. meskipun begitu kerjasama ini tetap diutamakan untuk negara-negara asia pasifik.

Asean (Association of Southeast Asian Nations)
Asean (Association of Southeast Asian Nations) atau Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (Perbara). Organisasi yang bertujuan mengukuhkan kerja sama regional negara-negara di Asia Tenggara. Asean beranggotakan negara-negara Asia Tenggara seperti : Indonesia, Brunei Darusalam, Filipina, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, Vietnam.
Logo Asean
Logo Asean

Tujuan ASEAN adalah menyelenggarakan kerja sama di bidang ekonomi, sosial, dan kebudayaan yang meliputi hal-hal berikut.
  1. Meningkatkan perdamaian dan stabilitas keamanan di Asia Tenggara.
  2. Mengadakan pembahasan bersama mengenai permasalahan yang terjadi di kawasan Asia Tenggara pada khususnya dan Asia pada umumnya.
  3. Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan perkembangan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara.
  4. Meningkatkan kerja sama dan saling membantu untuk kepentingan bersama dalam bidang sosial, ekonomi, kebudayaan, administrasi, dan IPTEK.
  5. Menyelenggarakan usaha-usaha yang efektif untuk mencapai hasil yang lebih baik dalam industri pertanian.
  6. Mendirikan industri dan memperluas perdagangan, termasuk perdagangan internasional. 
  7. Menyediakan bantuan fasilitas untuk latihan dan penelitian bagi negara anggota ASEAN.
  8. Memelihara kerja sama dengan organisasi regional dan internasional lainnya.

NAFTA (North America Free Trade Area)
Kawasan Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA) dibentuk pada tanggal 12 Agustus 1992. Negara yang menjadi anggota NAFTA adalah Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko. Negara-negara tersebut sepakat untuk membentuk kawasan perdagangan bebas bersama. Namun NAFTA mulai aktif pada tahun 1994. dimana tujuan pembentukan NAFTA sendiri adalah sebagai berikut:
  1. Mengatur impor dan produksi sesama anggota.
  2. Meningkatkan kegiatan ekonomi di antara negara anggota.
  3. Menetapkan standar produk atas barang-barang yang diperdagangkan.
  4. Melindungi konsumen dengan mengutamakan aspek keselamatan, kesehatan, dan keserasian lingkungan hidup.

Baca Juga : Kerjasama Internasional Indonesia, Lengkap Contoh dan Pembahasan

AFTA (Asean Free Trade Area)
Adalah kesepakatan perdagangan bebas antara negara-negara yang tergabung dalam ASEAN. Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN (AFTA) untuk pertama kalinya dicetuskan pada KTT ASEAN ke-4 di Singapura pada tanggal 27-28 Januari 1992. AFTA secara resmi dimulai pada tanggal 1 Januari 1993. AFTA beranggotakan 7 negara anggota ASEAN. Dengan AFTA diharapkan negara anggota dapat meningkatkan penghasilan ekspornya. Karena tujuan dari pembentukan AFTA sendiri adalah sebagai berikut.
  1. Meningkatkan jumlah ekspor negara-negara anggota ASEAN.
  2. Meningkatkan investasi dalam kegiatan produksi dan jasa antar anggota ASEAN. 
  3. Meningkatkan investasi dari luar negara anggota ASEAN.
  4. Meningkatkan perdagangan dan spesialisasi di lingkungan ASEAN.


Sekian Artikel mengenai Kerjasama Regional Indonesia, Lengkap Contoh dan Pembahasan. semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk menambah ilmu, mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah wawasan tentang kerjasama regional indonesia, kerjasama bilateral, contoh kerjasama bilateral dan contoh kerjasama regional. Seandainya sobat menemukan kesalahan baik dari segi penjelasan maupun penulisan, mohon kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan dan kebaikan bersama. Akhir kata, Terimakasih atas kunjungannya.

Kerjasama Regional Indonesia, Lengkap Contoh dan Pembahasan
MARKIJAR : MARi KIta belaJAR

Posting Komentar untuk "Kerjasama Regional Indonesia, Lengkap Contoh dan Pembahasan"