6 Bentuk Ekstrusi (Erupsi) Magma Berdasarkan Sifat dan Bentuknya Lengkap Gambar dan Penjelasan

Magma adalah campuran batu batuan dalam keadaan cair, liat dan sangat panas yang terdapat di dalam perut Bumi. Keluarnya magma dari dalam perut bumi ini disebut juga dengan vulkanisme, magma sanggup bergerak naik ke permukaan bumi melalui saluran-saluran menyerupai pipa yang disebut diatrema. Magma yang sudah sampai di permukaan bumi disebut lava atau lahar.

Sebagai material yang berbentuk cair dan ada di dalam Bumi, magma bisa saja beraktivitas / bergerak. Secara umum pergerakan magma dibedakan menjadi dua macam, yaitu intrusi dan ekstrusi. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas seputar 6 Bentuk Ekstrusi Magma Berdasarkan Sifat dan Bentuknya Lengkap Gambar dan Penjelasan.

Pengertian Ekstrusi Magma

Ekstrusi magma / Erupsi magma merupakan pergerakan magma dari dapur magma melalui kerak bumi ke permukaan bumi. Ekstrusi magma adalah proses lanjutan dari adanya intrusi magma yang belum sempat mencapai permukaan bumi. Pada proses ekstrusi magma ini terjadi pengeluaran beragam material dari dalam perut bumi berupa belerang, lava, lahar, gas, batu, nitrogen, gas uap air dan gas asam arang. Kita dapat melihat peristiwa alam ini dalam letusan gunung berapi.

Ekstrusi magma dapat terjadi gunung berapi di darat maupun di laut. Ekstrusi magma dapat menyebabkan gunung berapi semakin tinggi, atau semakin landai. Ekstrusi magma juga mampu menciptakan gunung berapi yang lebih kecil dari gunung berapi utama.

Proses Terjadinya Ekstrusi Magma

Intrusi dan Ekstrusi magma sama-sama memperoleh tekanan yang berasal dari dalam panas bumi. akan tetapi instrusi magma memberikan tekanan yang cukup kecil. Sedangkan tekanan yang diberikan saat ekstrusi magma sangat besar. Tekanan tersebut memberikan kekuatan yang cukup bagi magma untuk terus bergerak naik ke atas. Saat ada celah pada permukaan bumi, maka magma akan keluar. Semakin jauh dapur magma dengan celah pada permukaan bumi, maka maka ekstrusi magma yang dihasilkan akan semakin kuat. Sedangkan jika dapur magma berada dekat di dalam bumi, maka ekstrusi magma akan yang dihasilkan semakin kecil.

Baca Juga : 6 Bentuk Intrusi Magma Lengkap Gambar dan Penjelasan

Bentuk-Bentuk Ekstrusi (Erupsi) Magma

Bentuk-bentuk ekstrusi (Erupsi) magma biasanya dapat dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu berdasarkan materi yang di keluarkan, dan berdasarkan tempat magma tersebut keluar.

Ekstrusi Magma Berdasarkan Materi yang Dikeluarkan
Terdapat 3 bentuk ekstrusi magma berdasarkan materi yang dikeluarkan, yaitu besagai berikut:
1. Erupsi (Ekstrusi) Eksplosif
Erupsi eksplosif adalah erupsi atau letusan yang menyebabkan ledakan besar akibat tekanan gas magmatis yang sangat kuat. Material yang dikeluarkan dari erupsi eksplosif berjumlah banyak serta bersifat padat dan cair, hal ini disebabkan karena tekanan gas yang sangat kuat sehingga mengakibatkan bahan material dari dalam perut bumi baik padat atau cair sampai keluar dalam jumlah yang besar. Akibat erupsi eksplosif terbentuk bentukan permukaan Bumi berupa danau kawah besar (eksplosif). Contoh Danau Batur di Bali.
Danau Batur
Danau Batur

2. Erupsi Efusif / Epusif
Erupsi efusif adalah erupsi atau letusan yang tidak menyebabkan ledakan, karena tekanan gas dari dalam perut bumi kurang kuat. Pada erupsi efusif material yang dikeluarkan adalah material cair atau sebagian besar lava dan sedikit material padat yang berukuran kecil. Contoh Gunung Mauna Loa di Hawaii.
Gunung Mauna Loa
Gunung Mauna Loa

3. Erupsi Campuran
Erupsi campuran adalah peristiwa ekstrusi magma dimana erupsi eksplosif dan efusif terjadi secara bergantian atau ekstrusi magma yang mengeluarkan cairan magma yang cair beserta materi padat, materi padat dan cairan magma akan keluar secara bergantian. Erupsi campuran akan menghasilkan volkan berbentuk strato (kerucut). Contoh Gunung Agung di Bali.
Gunung Agung
Gunung Agung

Ekstrusi Magma Berdasarkan Tempat Keluarnya Magma
Terdapat 3 bentuk ekstrusi magma berdasarkan tempat keluarnya magma, yaitu besagai berikut:
1. Erupsi Linier / Erupsi Melalui Retakan
Erupsi linier adalah keluarnya magma dari dapur magma (perut bumi) mengalir menyusup keluar melalui retakan memanjang pada kulit Bumi. Akibat erupsi ini biasanya terbentuk deretan gunung api disepanjang pegunungan retakan tersebut. contoh dari ekstrusi linier ialah pegunungan api di sepanjang jawa timur dan pegunungan api di jawa barat serta Gunung api Laki atau Lakagígar di Islandia.
Gunung api Laki atau Lakagígar
Gunung api Laki atau Lakagígar

Baca Juga : 6 Macam Lipatan Kulit Bumi Berdasarkan Sumbunya, Lengkap Gambar dan Penjelasan

2. Erupsi Areal
Erupsi areal adalah sebuah lubang besar yang mengeluarkan magma ke permukaan bumi. Lubang yang besar ini terjadi karena letak dapur magma yang sangat dekat dengan permukaan bumi sehingga tekanannya pun sangat kuat. Akibatnya magma tersebut menghancurkan dapur magma dan meleleh keluar bumi, Sehingga erupsi ini akan menghasilkan kawah gunung api yang sangat luas. Contoh dari erupsi areal adalah di kawasan YellowStone National Park di amerika serikat yang mempunyai luas sekitar 10.000 m2 (meter persegi).
Kaldera Yellowstone
Kaldera Yellowstone

3. Erupsi Sentral
Erupsi sentral adalah suatu peristiwa dimana keluarnya magma lewat saluran tunggal dan langsung dari pusat perut bumi sehingga membentuk gunung-gunung yang letaknya terpisah dengan gunung-gunung lainnya namun memiliki ukuran cukup besar dan biasa disebut sebagai gunung api. Contohnya adalah gunung Vesuvius yang berada di italia dan gunung Krakatau yang berada di indonesia.
Ilustrasi Letusan Gunung Krakatau
Ilustrasi Letusan Gunung Krakatau


Sekian artikel mengenai 6 Bentuk Ekstrusi Magma Berdasarkan Sifat dan Bentuknya Lengkap Gambar dan Penjelasan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk mengerjakan tugas maupun untuk sekedar menambah wawasan tentang ekstrusi magma, bentuk ekstrusi magma, gambar ekstrusi magma, Ekstrusi Magma Berdasarkan Material, Ekstrusi Magma Berdasarkan Tempat Keluarnya Magma, Ekstrusi Eksplosif, Ekstrusi Efusif, Ekstrusi Linier, Ekstrusi Areal dan Ekstrusi Sentral. Terimakasih atas kunjungannya.

6 Bentuk Ekstrusi Magma Berdasarkan Sifat dan Bentuknya
MARKIJAR : MARi KIta belaJAR

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "6 Bentuk Ekstrusi (Erupsi) Magma Berdasarkan Sifat dan Bentuknya Lengkap Gambar dan Penjelasan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel