6 Macam Lipatan Kulit Bumi Berdasarkan Sumbunya, Lengkap Gambar dan Penjelasan

Salah satu pembentuk raut muka Bumi adalah aktivitas tektonisme yang terjadi karena adanya tenaga dari dalam Bumi. Tektonisme akan mengubah bentuk muka Bumi menjadi naik atau turun. Adanya patahan, lipatan, dan retakan pada kulit Bumi menjadi bukti adanya gerakan tektonisme. Pegunungan merupakan salah satu bentang alam yang dibentuk oleh aktivitas ini.

Lipatan (fold) adalah suatu gelombang pada lapisan tanah yang terjadi karena adanya diatropisme. Proses diatropisme merupakan suatu proses pembentukan pada lapisan bumi yang tidak dicampuri oleh aktivitas vulkanisme. Lipatan juga dapat diartikan sebagai suatu struktur geologi yang sering dijumpai pada batuan sedimen

Terjadinya lipatan disebabkan oleh gerakan dari dalam Bumi akibat tekanan yang besar dan temperatur yang tinggi, sehingga menjadikan sifat batuan menjadi cair liat atau plastis. Keplastisannya ini membuat batuan tersebut akan terlipat apabila ada dorongan tenaga tektonik. Lipatan lapisan Bumi ini akan membentuk pegunungan, yang punggungnya disebut antiklinal dan wilayah lembahnya disebut sinklinal. Perbedaan tingkat keplastisan dan kekuatan tenaga tektonik menjadikan batuan terlipat dengan berbagai bentuk.

Macam-macam lipatan dibedakan berdasarrkan posisis bidang sumbunya da juga berdasarkan intensitas pelipatan.

Terdapat berbagai macam lipatan pada lapisan kulit bumi, dimana berbagai macam lipatan ini dapat dikelompokkan menjadi 2 yaitu:
  1. Lipatan berdasarkan posisi bidang sumbunya yang terdiri dari:
    • Lipatan Tegak atau Symmetric Fold
    • Lipatan Miring atau Asymmetric Fold
    • Lipatan Rebah atau Overtuned Fold
    • Lipatan Sesar Sungkup atau Overthrust
    • Lipatan Menggantung
    • Lipatan Isoklinal atau Isoclinal Fold
  2. Lipatan berdasarkan intensitas pelipatan yang terdiri dari:
    • Lipatan Terbuka
    • Lipatan Tertutup
    • Culmination and Depression
    • Drag Fold
    • En Enchelon Fold
    • Synclinorium
    • Anticlinorium

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas 6 Macam Lipatan Kulit Bumi Berdasarkan Sumbunya, berikut pembahasan lengkapnya:

6 Macam Lipatan Kulit Bumi Berdasarkan Sumbunya

1. Lipatan Tegak atau Symmetric Fold
Lipatan tegak adalah lipatan yang memiliki posisi bidang sumbu lipatan yang tegak lurus dengan bidang lipatan. Bidan sumbu tersebut juga membagi sinklin dan anktiklin sama besar atau simetris. Lipatan tegak dihasilkan dari kekuatan yang sama yang mendorong dua sisi dengan seimbang. Berikur ilustrasi gambar Lipatan Tegak atau Symmetric Fold:
Lipatan Tegak atau Symmetric Fold
Lipatan Tegak atau Symmetric Fold

2. Lipatan Miring atau Asymmetric Fold
Lipatan miring adalah lipatan tegak yang memperoleh tekanan secara terus-menerus sehingga bentuknya tidak lagi tegak melainkan miring ke salah satu sisi. Lipatan miring terjadi ketika kekuatan tenaga pendorong di salah satunya sisi lebih kuat, maka akan menghasilkan kenampakan yang salah satu sisinya lebih curam. Berikur ilustrasi gambar Lipatan Miring atau Asymmetric Fold:
Lipatan Miring atau Asymmetric Fold
Lipatan Miring atau Asymmetric Fold

3. Lipatan Rebah atau Overtuned Fold
Lipatan rebah adalah lipatan yang memiliki bentuk landai seperti benda merebah. Penyebab terjadinya lipatan ini yaitu karena adanya dorongan secara melintang dari satu arah. Berikur ilustrasi gambar Lipatan Rebah atau Overtuned Fold:
Lipatan Rebah atau Overtuned Fold
Lipatan Rebah atau Overtuned Fold

4. Lipatan Sesar Sungkup atau Overthrust
Lipatan sesar sungkup merupakan kelanjutan dari lipatan rebah yang mendapatkan tekanan secara terus menerus. Jika lapisan tanah yang mengalami lipatan sesar sungkup tidak cukup elastis, maka akan terjadi patahan. Berikur ilustrasi gambar Lipatan Sesar Sungkup atau Overthrust:
Lipatan Sesar Sungkup atau Overthrust
Lipatan Sesar Sungkup atau Overthrust

5. Lipatan Menggantung
Lipatan mengantung adalah kelanjutan dari lipatan miring yang terus mendapat dorongan. Sesuai dengan namanya, lipatan ini mempunyai puncak yang menggantung atau bagian puncaknya terdorong sangat tinggi sehingga bentuknya seperti menggantung. Berikur ilustrasi gambar Lipatan Menggantung:
Lipatan Menggantung
Lipatan Menggantung

Baca Juga : 4 Teori Terjadinya Jagat Raya (Alam Semesta), Lengkap Gambar dan Penjelasan

6. Lipatan Isoklinal atau Isoclinal Fold
Lipatan isoclinal merupakan lipatan yang memiliki bidang sumbu yang sejajar satu dengan yang lainnya. Lipatan ini disebabkan oleh adanya dorongan yang terjadi secara berkelanjutan. Berikur ilustrasi gambar Lipatan Isoklinal atau Isoclinal Fold:
Lipatan Isoklinal atau Isoclinal Fold
Lipatan Isoklinal atau Isoclinal Fold

Sekian artikel mengenai 6 Macam Lipatan Kulit Bumi Berdasarkan Sumbunya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk mengerjakan tugas maupun untuk sekedar menambah wawasan tentang macam lipatan, lipatan isoklinal, lipatan tegak, lipatan miring, lipatan rebah, lipatan sesar sungkup dan lipatan menggantung. Terimakasih atas kunjungannya.

6 Macam Lipatan Kulit Bumi Berdasarkan Sumbunya
MARKIJAR : MARi KIta belaJAR

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "6 Macam Lipatan Kulit Bumi Berdasarkan Sumbunya, Lengkap Gambar dan Penjelasan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel