6 Bentuk Intrusi Magma Lengkap Gambar dan Penjelasan

Magma adalah campuran batu batuan dalam keadaan cair, liat dan sangat panas yang terdapat di dalam perut Bumi. Keluarnya magma dari dalam perut bumi ini disebut juga dengan vulkanisme, magma sanggup bergerak naik ke permukaan bumi melalui saluran-saluran menyerupai pipa yang disebut diatrema. Magma yang sudah hingga di permukaan bumi disebut lava atau lahar.

Sebagai material yang berbentuk cair dan ada di dalam Bumi, magma bisa saja beraktivitas / bergerak. Secara umum pergerakan magma dibedakan menjadi dua macam, yaitu intrusi dan ekstrusi. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas seputar 6 Bentuk Intrusi Magma Lengkap Gambar dan Penjelasan.

6 Bentuk Intrusi Magma Lengkap Gambar dan Penjelasan

Penampang Gunung Api
Penampang Gunung Api
Intrusi magma atau disebut juga plutonisme adalah pergerakan magma memasuki celah-celah kulit bumi (lapisan litosfer), namun tidak sampai naik ke permukaan. Intrusi magma ini dapat dibedakan menjadi enam yaitu Intrusi Batolit, Lakolit, Sill, Diatrema, Intrusi Korok/Gang dan Apolisa. Berikut penjelasan tiap-tiap intruksi magma yang ada.

1. Intrusi Lakolit
Contoh Gambar Intrusi Lakolit
Contoh Gambar Intrusi Lakolit
Lakolit adalah magma yang menyusup di antara lapisan-lapisan batuan yang mengakibatkan lapisan batuan yang berada di atasnya menjadi terangkat sehingga akan menyerupai lensa cembung. Sementara permukaan yang berada di atasnya tetap datar (rata).

2. Intrusi Batolit
Contoh Gambar Intrusi Batolit
Contoh Gambar Intrusi Batolit
Batolit adalah batuan beku yang tercipta di dalam dapur magma. Batolit terbentuk sebagai akibat dari penurunan suhu yang terjadi sangat lambat. Atau dengan kata lain, batolit merupakan sebuah intrusi magma yang terjadi di dekat dapur magma.

3. Intrusi Diatrema
Contoh Gambar Intrusi Diatrema
Contoh Gambar Intrusi Diatrema
Setelah mengetahui lakolit dan batolit, selanjutnya kita akan membahas intrusi magma diaterma. Diatrema adalah magma yang mengisi pipa letusan, berbentuk silinder, yang terdapat mulai dari dapur magma sampai dengan ke permukaan Bumi. Pipa ini berupa tabung memanjang yang berasal dari dapur magma hingga tembus ke mulut gunung berapi, dan jika magma keluar maka disebut dengan erupsi.

4. Intrusi Sill
Contoh Gambar Intrusi Sill
Contoh Gambar Intrusi Sill
Bentuk intrusi magma yang selanjutnya adalah Sill / Sills. Sill adalah lapisan magma yang tipis yang menyusup dan membeku di antara dua lapisan litosfer yang berbentuk tipis dan lebar.

Baca Juga : 6 Macam Lipatan Kulit Bumi Berdasarkan Sumbunya, Lengkap Gambar dan Penjelasan

5. Intrusi Korok / Gang / Dike
Contoh Gambar Intrusi Korok / Gang / Dike
Contoh Gambar Intrusi Korok / Gang / Dike
Bentuk intrusi magma yang ke 5 adalah intrusi korok atau dike atau gang. Intrusi Korok adalah batuan hasil intrusi magma yang memotong lapisan-lapisan litosfer yang berbentuk lempeng atau berbentuk pipih. Apabila kita menelaah pengertian dari intrusi korok atau gang ini maka akan sedikit mirip dengan sill. Namun keduanya mempunyai perbedaan yang cukup mencolok. Perbedaan antara intrusi korok dengan sill adalah, sill merupakan batuan beku yang terdapat di antara 2 lapisan batuan. Sementara korok adalah batuan beku yang terbentuk dari intrusi magma yang memiliki bentuk pipih yang mana posisinya memotong antar lapisan-lapisan batuan yang menyusun permukaan Bumi.

6. Intrusi Apolisa
Contoh Gambar Intrusi Apolisa
Contoh Gambar Intrusi Apolisa [sumber: geologypics.com]
Bentuk intrusi magma yang terakhir adalah Apolisa (Apophysis). Apolisa / Apophysis adalah sebutan bagi semacam cabang dari intrusi korok namun ukurannya lebih kecil atau percabangan dari magma yang ukurannya kecil atau juga sering disebut dengan urat-urat magma.


Itulah beberapa macam atau jenis atau bentuk-bentuk intrusi magma yang sangat beraneka ragam. Keenam bentuk dari intrusi magma tersebut pastinya terjadi di dalam perut Bumi dan tidak sampai ke permukaan Bumi. Sekian artikel mengenai 6 Bentuk Intrusi Magma Lengkap Gambar dan Penjelasan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk mengerjakan tugas maupun untuk sekedar menambah wawasan tentang intrusi magma adalah, bentuk intrusi magma, gambar intrusi magma, Intrusi Lakolit, Intrusi Batolit, Intrusi Diatrema, Intrusi Sill, Intrusi Korok dan Intrusi Apolisa. Terimakasih atas kunjungannya.

6 Bentuk Intrusi Magma Lengkap Gambar dan Penjelasan
MARKIJAR : MARi KIta belaJAR

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "6 Bentuk Intrusi Magma Lengkap Gambar dan Penjelasan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel