Pengertian Grafik Lengkap Contoh, Jenis, Tujuan Dan Fungsi

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara lengkap seputar Grafik, mulai dari Pengertian Grafik, Pengertian Grafik Menurut Para Ahli, Jenis-jenis Grafik beserta contohnya, Tujuan Pembuatan Grafik dan Fungsi Grafik. Untuk mempersingkat waktu mari langsung saja kita simak pembahasannya dibawah ini.

PENGERTIAN GRAFIK

Pengertian Grafik adalah kumpulan data dari beberapa tabel yang disajikan atau ditampilkan dalam bentuk gambar, seperti persegi, lingkaran, tabung, segitiga, balok, kerucut dan lain-lain. Grafik juga biasa diartikan sebagai suatu kerangka atau gambar yang digunakan untuk membuat objek visualisasi dari data-data pada tabel dengan tujuan memberikan informasi mengenai suatu data dari penyaji materi kepada penerima materi.

Selain itu, grafik juga dapat diartikan sebagai gambaran dari pasang surutnya suatu data yang ada, dan digambarkan dengan garis ataupun gambar. Data yang digunakan untuk membuat grafik dapat berupa angka, huruf, simbol, gambar, lambang, perkataan, lukisan.

PENGERTIAN GRAFIK MENURUT PARA AHLI

Terdapat beragam Pengertian Grafik menurut para ahli, diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Wai & Kaicher (1976:1) menyatakan bahwa pengertian grafik adalah gambar yang terdiri dari titik-titik dan garis yang menghubungkan titik-titik tersebut. 
  2. Wilson (1998:8) menyatakan bahwa grafik ialah garis horizontal dan vertikal yang menghubungkan antara dua titik.
  3. Selby (1979:13) menyatakan bahwa grafik merupakan alat bantu untuk mengungkapkan dua macam data atau lebih. 
  4. Harper (1988:42) menyatakan bahwa pengertian grafik adalah alat untuk menampilkan data berupa garis atau kurva yang menghubungkan satu variabel dengan variabel yang lain.

3 JENIS-JENIS GRAFIK

Grafik dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu sebagai berikut:

GRAFIK BATANG
Grafik batang adalah jenis grafik yang menggambarkan beberapa data dalam bentuk batang. Grafik batang atau histogram merupakan jenis grafik yang paling sederhana dan sangat mudah untuk dipahami. Grafik batang digunakan untuk memperlihatkan perbedaan dengan jelas mengenai tingkat nilai dari beberapa aspek pada sebuah data.

Panjang batang pada grafik batang menggambarkan presentase atau banyaknya data, sedangkan lebar batang berukuran sama semuanya. Pada umumnya data yang digunakan untuk perbandingan yaitu tidak banyak, maksimal 8 data. Pada grafik batang, jika data yang digunakan lebih dari satu maka untuk memperjelas data yang satu dengan data yang lain yaitu dengan memberi warna yang berbeda-beda pada tiap batang.

Untuk lebih jelasnya berikut adalah Contoh Grafik Batang:
Contoh Grafik Batang
Contoh Grafik Batang

GRAFIK GARIS
Grafik garis adalah jenis grafik yang menggambarkan beberapa data dalam bentuk garis atau kurva. Grafik garis digunakan untuk menggambarkan suatu perkembangan atau perubahan data dari waktu ke waktu. Grafik garis memiliki 2 sumbu utama yaitu sumbu X dan sumbu Y. 

Sumbu X digunakan untuk menunjukkan waktu pengamatan. Sedangkan sumbu Y digunakan untuk menunjukkan nilai dari hasil pengamatan pada waktu-waktu tertentu. Waktu dan hasil pengamatan dibuat dengan titik-titik pada bidang XY. Kemudian dari masing-masing titik yang berdekatan dihubungkan dengan garis, sehingga akan menghasilkan grafik garis.

Untuk lebih jelasnya berikut adalah Contoh Grafik Garis:
Contoh Grafik Garis
Contoh Grafik Garis

Baca Juga : 12 Cara Tercepat dan Ampuh Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami

GRAFIK LINGKARAN
Grafik lingkaran adalah jenis grafik yang menggambarkan beberapa data dalam bentuk lingkaran. grafik lingkaran digunakan untuk menggambarkan prosentase nilai total dari suatu data. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan grafik lingkaran, diantaranya  yaitu:
  1. Tentukan hasil persentase nilai dari suatu data. Cara menetukan presentase nilai suatu kelompok data yaitu jumlah suatu kelompok data di bagi jumlah kesuluruhan data di kali 100%. 
  2. Tentukan besar kecilnya sudut masing-masing kelompok data. Cara menentukan besar kecilnya sudut yaitu hasil presentase suatu kelompok data dibagi 360. 
  3. Tentukan warna untuk masing-masing kelompok data. Setiap kelompok data memiliki warna yang berberda-beda. Pemberian warna pada masing-masing kelompok data berguna untuk membedakan antara kelompok data satu dengan kelompok data lainnya, serta memperjelas perbandingan antara kelompok data satu dengan kelompok data lainnya. 

Untuk lebih jelasnya berikut adalah Contoh Grafik Lingkaran:
Contoh Grafik Lingkaran
Contoh Grafik Lingkaran

TUJUAN PEMBUATAN GRAFIK

Adapun tujuan pembuatan grafik adalah sebagai berikut:
  1. Untuk memperjelas perbandingan antara kelompok data satu dengan kelompok data yang lain. 
  2. Untuk menunjukkan informasi kualitatif dengan cepat dan sederhana. 
  3. Untuk menyederhanakan perbandingan kelompok data yang awalnya berupa uraian deskriptif yang banyak dan kompleks.

FUNGSI GRAFIK

Fungsi grafik yaitu untuk menggambarkan data kuantitatif (data berupa angka) dengan teliti. Fungsi lain yaitu untuk memberikan informasi mengenai perkembangan dan perbandingan suatu kelompok data dari waktu ke waktu dengan cepat dan jelas serta fungsi lainnya adalah untuk mempercepat proses pencarian informasi dari sebuah data yang telah dibuat grafik.


Sekian artikel mengenai Pengertian Grafik Lengkap Contoh, Jenis, Tujuan Dan Fungsi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk mengerjakan tugas maupun untuk sekedar menambah wawasan tentang pengertian grafik, contoh grafik, jenis grafik, tujuan grafik dan fungsi grafik. Terimakasih atas kunjungannya. 

Pengertian Grafik Lengkap Contoh, Jenis, Tujuan Dan Fungsi
 MARKIJAR : MARi KIta belaJAR

Baca Juga :

Suka dengan artikel kami ? Tidak ada salahnya untuk berlangganan artikel terbaru dari MARKIJAR.Com langsung via email mu :

0 Response to "Pengertian Grafik Lengkap Contoh, Jenis, Tujuan Dan Fungsi"

Post a Comment