11 Fakta Unik Tentang OrangUtan Yang Bikin Kamu Kaget

Fakta OrangUtan - OrangUtan merupakan sejenis kera besar dengan lengan panjang dan berbulu cokelat atau kemerahan, yang hidup di hutan tropika Malaysia serta Indonesia, khususnya di Pulau Sumatera dan Kalimantan.
11 Fakta Unik Tentang OrangUtan
11 Fakta Unik Tentang OrangUtan

Istilah "OrangUtan" atau "Orang Utan" berasal dari kata dalam bahasa melayu, yakni "orang" yang memiliki arti manusia serta "utan" yang memiliki arti hutan. Orang utan mencakup 2 sub-spesies, yaitu orang utan kalimantan (borneo) (Pongo pygmaeus) dan orang utan sumatera (Pongo abelii).

Tahukah teman ? Menurut beberapa sumber, orangutan Sumatera merupakan spesies yang terlangka saat ini. Selain fakta tersebut, kami akan menyajikan 11 fakta Unik lainnya tentang orangutan, berikut 11 Fakta Unik Tentang OrangUtan :
Orangutan Nyaris Mirip Manusia
Orangutan Nyaris Mirip Manusia

1. Orangutan Nyaris Mirip Manusia.

Hewan mamalia ini memang memiliki hubungan kekerabatan yang dekat dengan manusia, yaitu terdapat pada tingkat kingdom animalia. Orangutan memiliki level kesamaan DNA dengan manusia sebesar 96,4%.

2. Orangutan Tergolong Hewan Pintar.

OrangUtan Dikenal sebagai primata yang pintar, Orangutan memperlihatkan kecerdasannya di alam liar dengan cara memanfaatkan benda di sekitar nya untuk mencari makan dan berlindung dari kondisi alam yang tidak menguntungkan baginya. Orangutan dapat menggunakan daun sebagai pelindung sinar matahari serta memakai tongkat (kayu) sebagai alat bantu untuk mengumpulkan makanan.


3. Cepat Beradaptasi dan Tahan Banting.

Dapat hidup di berbagai tipe hutan baik hutan kering, hutan rawa air tawar, hutan pegunungan, perbukitan, maupun daerah aliran sungai (DAS). karena orangutan mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar dan tahan banting layaknya manusia.
Orangutan Memiliki Kekuatan Enam kali Manusia Dewasa
Orangutan Memiliki Kekuatan Enam kali Manusia Dewasa

4. Orangutan Memiliki Kekuatan Enam kali Manusia Dewasa.

Menurut informasi dari Orangutan Information Center, OrangUtan memiliki kekuatan enam kali lipat manusia dewasa, memiliki gigitan yang sangat kuat serta empat tangan. Namun, umumnya orangutan bersifat tidak berbahaya karena tergolong hewan yang tenang.

5. Orangutan Dapat memanggil Dari Jarak 1 Km.

Orangutan jantan mampu membuat panggilan jarak jauh yang dapat didengar sampai radius 1 km. Digunakan untuk mencegah orang utan jantan lainnya yang mengganggu, memanggil sang betina. menandai atau mengawasi arealnya, Hal tersebut bisa mereka lakukan karena mempunyai kantung tenggorokan yang besar.


6. Orangutan Bukan Monyet.

OrangUtan tidak termasuk kategori monyet, ciri yang paling mencolok adalah karena Orangutan tidak memiliki ekor yang panjang. Orangutan masuk dalam keluarga kera, secara spesifik kera besar seperti lutung, simpanse dan gorilla.
Orangutan Mudah Tidur
Orangutan Mudah Tidur

7. Orangutan Mudah Tidur.

OrangUtan memiliki kecenderungan banyak tidur. Mereka tidak hanya tidur panjang di waktu malam mulai dari matahari tenggelam hingga terbit keesokan harinya, mereka juga sering mengalokasikan waktu untuk tidur siang di sela waktu aktivitas siang mereka.


8. Orangutan membuat kasur sendiri Di alam liar.

OrangUtan menata dedaunan dan ranting-ranting pohon utuk membuat tempat tidur agar tidur mereka nyaman. tempat tersebut bisa kita sebut sebagai sarang. mereka membuat sarang sekitar dua atau tiga kali dalam sehari dengan lebar kira-kira satu meter. Mereka membuat sarang di pagi hari untuk beristirahat dan bermain. Namun, berbeda dengan burung yang bersarang di satu tempat dalam jangka waktu yang lama, orangutan biasanya hanya menempati sarang mereka untuk sesaat saja.

9. Orangutan suka sekali menjalajah.

OrangUtan liar jarang sekali bermain di atas tanah, hal yang sama juga terjadi dengan orangutan yang sudah tinggal di kebun binatang. Menurut data penelitian yang dilakukan oleh Desli Triman Zendrato Pindi Patana dan Bejo Slamet pada tahun 2010, orangutan jantan dewasa menjelajah sejauh 651 meter /hari di area seluas 46 hektar sedangkan orangutan dewasa betina memiliki daerah jelajah sejauh 916 meter /hari di dalam area seluas 12,5 hektar. Dua hal yang mempengaruhi variasi jarak jelajah dan daerah jelajah mereka ialah interaksi sosial dan ketersediaan makanan.


10. Orangutan juga memakai payung Saat hujan tiba.

Ketika turun hujan OrangUtan biasanya memetik daun yang sangat lebar untuk digunakan sebagai payung sehingga ia terlindung dari air hujan, seperti manusia ya, mereka juga takut hujan hehe.

11. Orangutan Suka Buah.

OrangUtan termasuk hewan omnivora. Makanan utamanya yaitu sekitar 60% adalah buah. Mereka juga suka dedaunan yang masih muda. Sekitar 25% makanan mereka ialah daun yang masih muda. Selebihnya merupakan bunga serta kulit pohon yang mengambil prosentase sekitar 10% dan serangga kecil seperti jangkrik, rayap dan semut sekitar 5%.


Sekian artikel tentang 11 Fakta Unik Tentang OrangUtan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi anda maupun untuk sekedar menambah wawasan dan pengetahuan anda mengenai OrangUtan beserta fakta fakta tersembunyi yang dimilikinya. Terimakasih atas kunjungan anda.


11 Fakta Unik Tentang OrangUtan Yang Bikin Kamu Kaget
MARKIJAR : MARi KIta belaJAR


Suka dengan artikel kami ? Tidak ada salahnya untuk berlangganan artikel terbaru dari MARKIJAR.Com langsung via email mu :

0 Response to "11 Fakta Unik Tentang OrangUtan Yang Bikin Kamu Kaget"

Post a Comment