Kenapa Air Laut Asin dan Berwarna Biru ?

Haee sobat Markijar, Kali ini kita akan membahas sebuah fakta tentang air laut, Kenapa Air Laut Asin, dan Kenapa Air Laut Berwarna Biru. Kalian pasti tahu rasa asin itu seperti apa? Ya rasa asin itu seperti rasa garam dapur yang ada di rumah sobat semua.
Kenapa Air Laut Asin, Kenapa Air Laut Berwarna Biru
Kenapa Air Laut Asin dan Berwarna Biru

Air laut merupakan air dari laut (samudera). Air laut mampunyai kadar garam rata-rata 3,5%. Artinya di setiap 1 liter air laut terdapat 35 gram garam.

Berdasarkan penelitian para ilmuwan, mereka mengatakan bahwa seluruh air di permukaan bumi ini rasanya asin kecuali air hujan. Tapi kadar asin pada air tersebut berbeda-beda. Bahkan air yang kita minum juga mengandung garam namun kadarnya sangat sedikit sehingga lidah kita tidak merasakan asin pada air tersebut. Lain halnya dengan air laut yang kadar garamnya sangat tinggi, tentu saja rasanya sangat asin.

Kenapa Air Laut Asin

Seperti sobat Markijar ketahui, sumber garam itu berasal dari mineral-mineral yang terbentuk dan mengendap di lautan saat laut terbentuk. Dan garam juga terbawa oleh air sungai yang mengalir dan bermuaran di lautan. Ini membuat lama kelamaan air laut menjadi asin karena kadar garamnya semakin tinggi.
Siklus Air, Kenapa Air Laut Asin, Kenapa Air Laut Berwarna Biru
Siklus Air

Pernahkah sobat Markijar belajar tentang siklus alam di sekolah ? seandainya pernah pasti sobat tahu Air yang mengalir dari darat ke sungai akan di kembalikan lagi kedaratan melalui air hujan. Nah, saat matahari sedang panas terik, air laut akan menguap ke udara (sedangkan garam akan tetap mengendap di lautan), nantinya proses ini akan membentuk awan. Awan ini kemudian bergerak kedaratan, setelah matang akan turun ke bumi sebagai hujan, air hujan ini akan kembali ke lautan melalui sungai dan membawa berbagai mineral.
Siklus air seperti gambar diatas akan terus berulang dan air laut pun akan tetap asin. Itulah penyebab kenapa air laut akan terus asin walaupun airnya berasal dari banyak aliran sungai.

Air laut mempunyai kadar garam sebab bumi dipenuhi dengan garam mineral yang terdapat pada tanah serta di batu-batuan. Misalnya adanya kalium, natrium dan kasium. Air laut mengandung garam juga dipengaruhi banyak faktor misalnya Ombak laut yang menghantam pantai juga bisa menghasilkan garam yang terdapat di dalam bebatuan. kemudian Apabila air sungai mengalir ke lautan, air tesebut membawa garam. Sehingga lambat laut air laut menjadi asin sebab banyak terdapat kandungan garam nya.
Namun perlu sobat ketahui, meskipun mayoritas air laut mempunyai kadar garam sekitar 3,5%, kadar garam air laut memiliki perbedaan kandungan pada beberapa tempat tertentu. Yang paling asin ialah Laut Merah, dimana suhu tinggi serta sirkulasi terbatas membuat penguapan tinggi dan memiliki sedikit masukan air yang berasal dari sungai. sedangkan Yang paling tawar adalah di timur teluk finlandia dan di utara Teluk Bothnia, keduanya bagian dari Laut Baltik.

Kenapa Air Laut Berwarna Biru ?

Pada dasarnya air laut tidak memiliki warna. Air Laut hanya menyerap cahaya kemudian merefleksikannya. Terdapat satu pertannya yang sering di pertanyakan Tentang air laut, yaitu tentang warnanya. Mengapa Air Laut Warnanya Biru?.

Sebenarnya yang membuat air laut terlihat berwarna biru ialah karena terjadi proses pembiasan optik dari cahaya matahari oleh air laut. Ketika cahaya matahari masuk ke dalam air laut, zat tersuspensi yang ada di dalam air laut bereaksi terhadap cahaya matahari.

Terjadi minimal 2 proses optik pada air laut yaitu hamburan (scattering) dan penyerapan (absorption). pada proses penyerapan, air laut memiliki kemampuan untuk menyerap warna yang terpancar dari cahaya matahari.
Di setiap kedalaman laut memiliki tipe penyerapan yang berbeda. Pada tingkattan tertentu air laut bisa menyerap warna merah. Semakin dalam lagi, dapat meng absorption warna hijau dan kuning. Air laut terlihat berwarna biru juga karena warna biru lah yang paling dominan diserap (absorption) oleh air laut.

Semakin dalam laut, maka kemampuan menyerap warna birunya akan bertambah baik, oleh sebab itu jika anda amati warna air laut dalam akan lebih biru gelap bila dibanding warna air laut dangkal.

Namun hal tersebut tidak terlihat di danau maupun sungai, karena di sungai atau danau terdapat pengaruh dari tanaman dan endapan yang ada di dasar danau atau sungai. Endapan tersebut menyebabkan penyerapan cahaya matahari tidak sempurna. Sehingga pada akhirnya warna biru tidak terlihat.

Warna yang berbeda pada laut, danau maupun sungai juga di sebabkan karena tanaman yang hidup di dasarnya, misalnya saja seperti alga yang ada di laut merah.

Sekian dulu artikel tentang Kenapa Air Laut Asin dan Kenapa Air Laut Berwarna Biru ?. Semoga artikel dari kita dapat memberikan manfaat buat kalian. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kalian ya.

Suka dengan artikel kami ? Tidak ada salahnya untuk berlangganan artikel terbaru dari MARKIJAR.Com langsung via email mu :

0 Response to "Kenapa Air Laut Asin dan Berwarna Biru ?"

Post a Comment