Ini 11 Fakta Yang Wajib Kamu Tahu Tentang Trofi Liga Champions

Fakta Trofi Liga Champions - Liga Champions UEFA merupakan kejuaraan antar klub sepak bola tahunan antara klub-klub sepak bola terhebat dan terbesar di Benua Eropa, dan jamak dianggap sebagai trofi antar klub yang paling prestis di Benua Biru maupun di Dunia, Karena biasanya pemenang Liga Champions layak untuk disebut sebagai klub terhebat di Dunia untuk saat itu.

11 Fakta Yang Wajib Kamu Tahu Tentang Trofi Liga Champions
11 Fakta Yang Wajib Kamu Tahu Tentang Trofi Liga Champions

Sepanjang sejarah bergulirnya Liga Champions, tercatat baru ada 5 klub Eropa yang pernah menyimpan trofi asli Liga Champions selama beberapa bulan. Mereka ialah Ajax, Liverpool, Real Madrid,  AC Milan, serta Bayern Munchen.
Hal tersebut mengacu para peraturan UEFA, dimana sejak Liga Champions memasuki musim 1968 - 1969, klub yang dapat menjuarai kompetisi Liga Champions tiga tahun secara berturut-turut atau pernah menjuarai Liga Champions sebanyak lima kali lah yang diperbolehkan menyimpan trofi asli Liga Champions untuk koleksi galeri klub nya selama beberapa bulan.
Di bawah peraturan baru tersebut, sejak musim 2000/2001 klub-klub yang sukses di Liga Champions mendapatkan Badge of Honour (BoH), badge ini diberikan kepada tim-tim yang telah memenangi banyak gelar. Mulai dari Ajax, Real Madrid, Bayern Munchen, Liverpool, Barcelona serta AC Milan.
Fakta Trofi Liga Champions
Fakta Trofi Liga Champions

Selain Fakta diatas, sebagai seorang penggemar sepak bola sejati berikut 11 Fakta Yang Wajib Kamu Tahu Tentang Trofi Liga Champions :
  1. Trofi ini dirancang dan dibuat oleh Jürg Stadelmann, seorang seniman pengkreasi asal kota Berne, Swiss. yang kini berada dekat dengan kantor pusat UEFA. Stedelmann dibayar senilai 10.000 franc Swiss untuk merancang ulang trofi baru ini pada tahun 1967.

    Stedelmann mengatakan kalau pengerjaan piala ini seperti menyusun puzzle, permainan potongan gambar, karena Hans Bangerter (sekretaris jenderal UEFA kala itu) ingin desain trofi yang baru bisa mewakilkan berbagai budaya yang ada di Benua Biru.
     
  2. Dalam pembuatan desain trofi tersebut, Stadelmann diberikan deadline waktu untuk menyelesaikan karyanya itu dalam 340 jam hingga harus mengorbankan masa bulan madunya dengan sang istri yang baru saja ia nikahi.
     
  3. Trofi Liga Champions terbuat dari 925 keping perak, di mana bahannya terdiri dari 92,5 persen perak murni sedangkan 7,5 persen sisanya dari tembaga
     
  4. Trofi ini memiliki lebar 46,5 cm dan tinggi 73,5 cm. serta memiliki berat 7,5 kg.
     
  5. Liga Champions dibawah UEFA (Union of European Football Associations) pernah mengalami perubahan besar dari sisi kompetisi. Era baru Liga Champions dimulai pada tahun 1992-1993 dan Marseille merupakan klub pertama yang memenangkan trofi di era Liga Champions yang baru.
     
  6. Real Madrid menjadi klub pertama di Eropa yang menyimpan trofi asli Liga Champions tepatnya tahun 1967.
     
  7. Ajax adalah juara Liga Champions 3 kali berturut-turut di tahun 70-an dan menjadi klub pertama yang menerima prestasi sejak redesign trofi tahun 1967.
     
  8. Klub terakhir yang mendapat kehormatan menyimpan trofi asli selama beberapa bulan serta mendapat replika permanen ialah Liverpool (The Reds) yaitu tahun 2005.
     
  9. Sejak 2007, trofi Liga Champions diperlihatkan ke empat benua, yakni Amerika Utara, Amerika Selatan, Afrika, dan Asia. Indonesia berkesempatan 'menjamu' tur piala ini sebanyak tiga kali yakni 2007, 2013, dan April 2016 lalu.
     
  10. Desain trofi Liga Champions itu mendapat julukan "La Oregona" atau "Si Kuping Besar" dari para penggemar sepakbola Spanyol karena bagian pegangannya yang berukuran cukup besar.
     
  11. Mitosnya, pemain yang menyentuh trofi ini sebelum pertandingan, nantinya tidak akan membawa timnya juara. Hal tersebut pernah terjadi pada final 2005 antara AC Milan melawan Liverpool.

    Penyerang Liverpool Fernando Morientes menginstruksikan kawan-kawannya agar tak memegang piala saat melewatinya di pinggir lapangan. Namun gelandang Milan Genaro Ivan Gattuso malah menyentuh trofi tersebut.

    Percaya atau tidak, Liverpool berhasil menjuarai Liga Champions 2005 lewat adu penalti, meskipun mereka sempat tertinggal 0-3 lebih dulu di babak pertama.


Sekian artikel tentang 11 Fakta Yang Wajib Kamu Tahu Tentang Trofi Liga Champions, semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi anda maupun untuk sekedar menambah wawasan dan pengetahuan anda mengenai Trofi Liga Champions beserta fakta fakta tersembunyi yang ada didalamnya. Terimakasih atas kunjungannya.


11 Fakta Yang Wajib Kamu Tahu Tentang Trofi Liga Champions
MARKIJAR : MARi KIta belaJAR


Suka dengan artikel kami ? Tidak ada salahnya untuk berlangganan artikel terbaru dari MARKIJAR.Com langsung via email mu :

0 Response to "Ini 11 Fakta Yang Wajib Kamu Tahu Tentang Trofi Liga Champions"

Post a Comment