10 Langkah Sederhana untuk Membuat Harimu Lebih Produktif !

Bagai mana sih membuat hari yang lebih produktif? Apa yang harus kita lakukan supaya energi kita terpelihara sampai siang atau malam nanti? Kalau kamu tergolong orang yang sering bermalas-malas san dan mudah kehilangan motivasi di setiap harimu, ada baiknya kamu mengikuti tips yang ada di artikel ini.

1. Miliki rutinitas pagi yang baik.

10 Langkah Sederhana untuk Membuat Harimu Lebih Produktif
Miliki rutinitas pagi yang baik.

Ada 2 cara dalam memulai hari anda, yaitu membuatnya atau menghancurkannya ? Jika anda memulai dengan hal baik, besar kemungkinan hari anda berjalan baik. Namun jika awalnya saja sudah anda mulai dengan hal-hal negatif (misal: pesimis, takut, frustasi), maka jangan berharap mendapatkan hari yang lebih produktif. Itulah mengapa anda perlu memiliki rutinitas pagi yang baik. Rutinitas pagi yang baik setidaknya memiliki unsur-unsur sebagai berikut:
  • Olahraga: Olahraga dapat memberikan energi positif sekaligus menjernihkan pikiran. Sebagai hasilnya, anda akan dapat berpikir lebih jernih dan meraih lebih banyak hasil sepanjang hari. selain itu olahraga juga dapat menjaga kebugaran anda untuk menghadapi hari yang super sibuk.
  • Update Informasi: Awali pagi anda dengan membaca hal-hal yang bermanfaat misalnya koran atau majalah ekonomi, dengan sering membaca wawasan kita akan bertambah lebih luas, sehingga cara berfikir dalam mengatasi masalahpun akan lebih baik.
  • DOA: Tidak ada awalan yang lebih baik daripada mengawali kegiatan kita dengan doa, Hampir setiap yang kita lakukan baik, buruk, sukses ataupun gagal selalu mengikutsertakan campur tangan Tuhan. Sehingga sekeras apapun kita akan berusaha, sebesar apapun rencana kita untuk hari ini, jika kita tidak memulai hari dengan bersyukur dan doa, semua akan terasa sulit.


2. Kerjakan Sebagian tugas yang tertulis di to-do list mu.

10 Langkah Sederhana untuk Membuat Harimu Lebih Produktif
Kerjakan Sebagian tugas yang tertulis di to-do list milikmu.

Sering kali, gara-gara ingin lebih produktif kita akan memasukkan semua hal yang terlintas di pikiran ke dalam daftar tugas kita. Padahal meskipun hal-hal tersebut penting, belum tentu mereka harus dituntaskan pada saat itu juga. Pastikan bahwa apa yang kita masukkan ke dalam daftar kerja memang hal yang benar-benar harus segera dikerjakan.

Untuk membuat to-do list yang lebih efektif, ingatlah hal-hal berikut:
  • Kelompokkan tugas menjadi 3 kategori: yang penting dan harus segera dilakukan, yang penting tetapi bisa ditunda, dan tugas-tugas yang tidak terlalu penting
  • Jangan hanya menuliskan apa tugasnya. Tuliskan juga kapan kamu harus menyelesaikannya.
  • Kamu juga bisa membuat dua kolom: kolom pertama berisi hal yang harus kamu lakukan (misal menghadiri rapat) sedangkan kolom kedua hal apa yang ingin kamu dapatkan melalui kegiatan tersebut.
  • Simpan daftar kejamu agar bisa dijadikan bahan evaluasi untuk hari berikutnya.


3. Jangan mandi terlalu lama. Ada banyak hal yang lebih Berharga !

10 Langkah Sederhana untuk Membuat Harimu Lebih Produktif
Jangan mandi terlalu lama. Ada banyak hal yang lebih Berharga !

Menurut dr. Elizabeth Tanzi dari Washington Institute of Dermatologic, Cara mandi yang benar bukanlah dengan menyabuni seluruh tubuh, melainkan menyabuni dan menggosok bagian-bagian lipatan kulit saja. Misalnya bagian dada, bagian bawah ketiak, bagian selangkangan, serta wajah dan leher. Di bagian-bagian lipatan kulit inilah kuman banyak bersarang. Bagian tubuh yang lain, seperti tangan maupun kaki sebenarnya hanya perlu dibilas dengan air saja.


4. Jangan habiskan waktumu untuk bersolek di depan kaca. Cobalah sampai 16 menit lebih awal sebelum waktu masuk kantor.

10 Langkah Sederhana untuk Membuat Harimu Lebih Produktif
Jangan habiskan waktumu untuk bersolek di depan kaca. Cobalah sampai 16 menit lebih awal sebelum waktu masuk kantor.

Ini adalah salah satu peraturan sederhana yang sangat penting: waktu kita untuk berdandan atau berkaca tidak boleh lebih dari waktu kita mandi. Kalau kamu perlu 15 menit di kamar mandi, maka jangan habiskan 16 menit di depan kaca! Kecuali kalau kamu memang harus dandan rapi untuk menghadiri sebuah acara formal.


5. Ambillah nafas panjang-panjang agar kamu lebih tenang dalam menjalani harimu.

10 Langkah Sederhana untuk Membuat Harimu Lebih Produktif
Ambillah nafas panjang-panjang agar kamu lebih tenang dalam menjalani harimu.

menurut Michael Kerr, seorang CEO di Humor at Work. Banyak orang yang datang ke sekolah atau kantor dengan terburu-buru. Begitu sampai disana (kelas/kantor), mereka akan langsung memikirkan deadline-deadline pekerjaan yang menghadang siang nanti, atau rapat dengan teman satu UKM malam nanti. Ujung-ujungnya, mereka akan lupa untuk menghargai waktu yang sedang melintas saat itu.

Baca Juga: Bahagia itu,.. Sederhana

Oleh karena itu Ambillah nafas panjang, dan tahan selama 5 detik sebelum menghembuskannya pelan-pelan. karena “Mengambil nafas panjang bisa membuatmu lebih menghargai apa yang kamu punya dan dimana kamu berada pada detik ini,”. Dengan lebih menghargai detik ini, kamu bisa menjadi pribadi yang lebih tenang, produktif, dan lebih fokus. 


6. Demi produktivitasmu, kamu dapat mendengarkan musik-musik tertentu saat Bekerja.

10 Langkah Sederhana untuk Membuat Harimu Lebih Produktif
Demi produktivitasmu, kamu dapat mendengarkan musik-musik tertentu saat Bekerja.

Menurut dr. Amit Sood dari Mayo Clinic, Amerika. Mendengarkan musik bisa meningkatkan produktivitas, Musik bermelodi atau Suara merdu juga dapat membuat mood menjadi lebih positif karena dapat memicu produksi dopamin dalam otak.
Sedangkan Menurut Dr. Teresa Lesiuk dari University of Miami. Musik yang paling ideal adalah musik tanpa lirik, Cobalah mendengarkan musik dari Frideric Handel, J.S. Bach, atau komposer musik Barok lain nya. musik jenis Beat dan melodi komposisi musik klasik dengan gaya Barok bisa memicu produksi gelombang otak alfa, yang nantinya dapat meningkatkan konsentrasimu dan daya fokus.


7. Fokuslah pada tugasmu, dan jangan buang waktu dengan memikirkan orang lain.

10 Langkah Sederhana untuk Membuat Harimu Lebih Produktif
Fokuslah pada tugasmu, dan jangan buang waktu dengan memikirkan orang lain.

Saat kamu akan memulai harimu, itulah waktu yang paling tepat untuk diri sendiri. Seharusnya, sejak bangun pada pukul 05 pagi sampai masuk kantor/sekolah di pukul 07, kamu bisa menghabiskannya untuk berolahraga, relaksasi pagi, menyiapkan sarapan atau bermeditasi, karena itulah waktu terbaik untuk dirimu sendiri !
Jangan membuat jatah waktumu ini “terkikis” dengan memikirkan orang lain yang bahkan tidak mengingatmu barang secuilpun. Stop memikirkan cuitan negatif orang di linimasa Facebookmu atau Twittermu. Stop menghabiskan separo hari hanya untuk mengkhawatirkan orang lain maupun apa yang orang lain sedang pikirkan tentangmu, Fokuslah pada dirimu.


8. Jangan Membuka Sosmed di Pagi Hari.

10 Langkah Sederhana untuk Membuat Harimu Lebih Produktif
Jangan Membuka Sosmed di Pagi Hari.

Kebiasaan yang sering dilakukan di pagi hari adalah membuka atau mengecek sosial media (misal Facebook) dan kotak masuk email. Kebiasaan tersebut tentu saja tidak baik untuk Anda lakukan saat pagi hari karena dapat mengganggu waktu produktifmu. karena biasanya jika seseorang sudah membuka sosmed maupun email pada pagi hari, ia akan terus menerus untuk beraktivitas di dalamnya hingga mengakibatkan ia lupa waktu sehingga waktu produkstifnya pun hilang sia-sia.


9. Istirahatkan Sejenak Tubuh dan Pikiranmu, Kamu Bukan ROBOT !.

10 Langkah Sederhana untuk Membuat Harimu Lebih Produktif
Istirahatkan Sejenak Tubuh dan Pikiranmu, Kamu Bukan ROBOT !.

Sebagai manusia (bukan mesin) tentunya anda tidak akan selalu berada dalam kondisi yang maksimal dalam satu hari. Nah, oleh karenanya Anda tentu membutuhkan istirahat untuk membangun kembali energimu, maka dari itu saat Anda mulai lelah jangan ragu untuk sejenak beristirahat. Dengan mengistirahatkan pikiran dan tubuh hal tersebut dapat membantu Anda untuk kembali berenergi dan kembali fokus dalam bekerja sehingga produktifitas Anda pun kembali meningkat.


10. Persiapkan Apa yang akan anda kerjakan esok sebelum anda Tidur Pulas.

10 Langkah Sederhana untuk Membuat Harimu Lebih Produktif
Persiapkan Apa yang akan anda kerjakan esok sebelum anda Tidur Pulas.

Biasakan agar saat pergi tidur, lakukan sedikit persiapan, bukan ketiduran dan langsung tidur begitu saja. Luangkan waktu sekitar 10 menit untuk membuat daftar tugas atau pekerjaan yang harus kita selesaikan hari besok. Tulis apapun, baik sisa tugas hari ini atau tugas yang harus dikerjakan keesokan harinya. Tidak perlu ditulis dalam leptop, cukup tulis saja di buku catatan atau di HP mu. jangan lupa juga untuk memberi nomor sesuai tingkat urgensinya pada poin-poin dalam daftar tersebut. Selanjutnya, matikan lampu, serta jauhkan semua gadget mu dan bergegaslah untuk tidur


Sekian Artikel tentang 10 Langkah Sederhana untuk Membuat Harimu Lebih Produktif, semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi sobat MARKIJAR, jangan lupa share artikel ini agar bermanfaat bagi teman-teman sobat juga.



10 Langkah Sederhana untuk Membuat Harimu Lebih Produktif
MARKIJAR: MARi KIta belaJAR

Suka dengan artikel kami ? Tidak ada salahnya untuk berlangganan artikel terbaru dari MARKIJAR.Com langsung via email mu :

0 Response to "10 Langkah Sederhana untuk Membuat Harimu Lebih Produktif !"

Post a Comment