Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Teks Prosedur Lengkap Contoh, Tujuan, Ciri, Struktur dan Kaidah Kebahasaan

Pada kesempatan kali ini kita akan menjelaskan secara lengkap seputar Teks Prosedur, dimana kita akan membahas dari hal hal yang mendasar seperti Pengertian Teks Prosedur, Tujuan Teks Prosedur, Ciri Teks Prosedur, Struktur Teks Prosedur, Kaidah Teks Prosedur dan Contoh Teks Prosedur. Untuk mempersingkat waktu mari langsung saja kita simak pembahasannya dibawah ini.

Pengertian Teks Prosedur

Pengertian Teks Prosedur Lengkap Contoh, Tujuan, Ciri, Struktur dan Kaidah Kebahasaan
Pengertian Teks Prosedur Lengkap Contoh, Tujuan, Ciri, Struktur dan Kaidah Kebahasaan
Secara singkat Teks Prosedur adalah teks yang berisi tahap-tahap atau langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan. Teks Prosedur prosedur juga dapat diartikan sebagai teks yang berisi tentang langkah-langkah atau tahap-tahap untuk melakukan sesuatu hal baik melakukan suatu kegiatan tertentu maupun membuat sesuatu yang disajikan secara berurutan.

Secara umum, Teks prosedur adalah sebuah teks yang terdiri mengenai tahapan-tahapan atau langkah untuk melakukan atau mencapai suatu hal atau tujuan. Hal ini bisa menjadi apa saja, baik menyusun sesuatu yang nantinya akan disajikan secara urut atau bisa juga melakukan suatu aktivitas tertentu. Jadi teks prosedur ini cukup fleksibel sebab tidak dibatasi oleh sesuatu yang bersifat paten.

Tujuan Teks Prosedur

Tujuan teks prosedur adalah untuk membantu pembaca atau pendengar memahami bagaimana cara membuat atau melakukan sesuatu dengan tepat atau dengan kata lain, tujuan penulisan teks prosedur adalah untuk memperoleh hasil akhir.

Ciri-Ciri Teks Prosedur

Terdapat beberapa Ciri-Ciri Teks Prosedur, berikut adalah ciri-ciri dari teks prosedur yang perlu diketahui:
  • Memakai kata kerja aktif
  • Memakai pola kalimat perintah atau kalimat imperatif.
  • Memakai kata keterangan untuk menunjukan tempat, waktu dan cara supaya lebih akurat.
  • Memakai konjungsi atau kata penghubung untuk mengurutkan cara atau kegiatan.

Struktur Teks Prosedur

Dalam proses penyusunan atau pembuatannya, teks prosedur mempunyai struktur penting yang dibagi dalam tiga bagian utama, yaitu bagian tujuan, bagian material dan bagian langkah-langkah. Berikut di bawah ini adalah penjelasan singkat tentang tiga struktur yang ada di dalam teks prosedur.

Bagian Tujuan
Bagian tujuan dalam teks prosedur sangat beragam. Contoh paling sederhana adalah judul. Selain itu, bisa juga berisi dengan tujuan mengapa teks prosedur tersebut dibuat atau hasil akhir yang akan di capai jika kita melakukan tahapan pada teks prosedur tersebut.

Bagian Material
Bagian material dalam teks prosedur berisi mengenai bahan, alat atau material yang dibutuhkan. Tapi tidak semua teks prosedur mempunyai bagian ini. Pada umumnya penggunaan bagian material terdapat pada teks prosedur tentang pembuatan sesuatu hal seperti miniman, makanan dan sebagainya.

Bagian Langkah-Langkah
Bagian langkah-langkah ini akan menjelaskan tentang langkah atau proses tahapan yang harus dilakukan demi mendapatkan hasil maksimal sesuai dengan tujuan dari teks prosedur. Pada bagian ini, langkah-langkah yang dibuat harus disusun secara berurutan karena akan membahas dari tahap nol hingga pencapaian hasil. Contoh sederhananya ialah ketika kita membuat teks prosedur tentang membuat minuman maka tidak mungkin kita langsung menuliskan tentang menghidangkan minuman sebelum menjelaskan tentang proses penyiapan bahan dan bagaimana cara membuat minuman tersebut.

Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur

Sama halnya dengan jenis teks lain, teks prosedur mempunyai kaidah kebahasaan sendiri. Kaidah kebahasaan tersebut yaitu:

a. Konjungsi temporal
Dalam teks prosedur akan banyak ditemukan kata konjungsi temporal atau kata penghubung yang menyatakan waktu kegiatan yang hadir dan berisifat kronologis seperti setelah itu, lalu, kemudian, berikutnya dan selanjutnya.

b. Kata kerja imperatif
Pada teks prosedur juga akan banyak dijumpai kalimat perintah atau kalimat imperatif dan larangan yang harus ditaati dalam pelaksanaan teks prosedur.

c. Verba material dan tingkah laku
Verba material ialah sesuatu yang mengacu pada tindakan fisik seperti haluskan bumbu, potong bawang putih dan lain sebagainya. Sedangkan verba tingkah laku adalah tindakan yang dilakukan dengan menggunakan ungkapan.

d. Partisipan manusia
Ini merupakan semua manusia yang ikutserta dalam teks prosedur tersebut.

e. Terdapat kalimat deklaratif atau kalimat berisikan pernyataan.

f. Terdapat kalimat introgatif atau kalimat berisikan pertanyaan.

g. Terdapat bilangan sebagai penanda urutan.

Macam-Macam Kalimat Dalam Teks Prosedur

Terdapat 3 macam jenis kalimat yang ada dalam teks prosedur. ketiga macam kalimat tersebut adalah sebagai berikut:
1. Kalimat Imperatif
Kalimat Imperatif merupakan Kalimat yang mengandung perintah, fungsinya adalah untuk melarang atau meminta seseorang untuk melakukan sesuatu.

2. Kalimat Deklaratif
Kalimat Deklaratif merupakan kalimat yang berisi pernyataan dan berfungsi untuk memberikan informasi atau berita mengenai sesuatu.

3. Kalimat Interogatif
Kalimat Interogatif merupakan kalimat yang berisi pertanyaan dan berfungsi untuk meminta informasi tentang sesuatu.

Baca Juga : Pengertian & Contoh Kalimat Langsung dan Tidak Langsung dalam Bahasa Indonesia

Macam-Macam Teks Prosedur Dan Contohnya

Terdapat beberapa macam jenis teks prosedur yaitu teks prosedur sederhana, teks prosedur kompleks dan teks prosedur protokol. Berikut ini kita akan membahas lengkap seputar contoh teks prosedur yang baik dan benar. Mulai dari contoh teks prosedur kompleks, contoh teks prosedur singkat dan contoh teks prosedur sederhana.

Teks Prosedur Kompleks
Teks Prosedur Kompleks adalah teks prosedur yang terdiri atas banyak langkah dan langkah-langkah tersebut berjenjang dengan sublangkah pada setiap langkahnya. Berikut teks prosedur kompleks:

=== Cara Mematikan Komputer Yang Benar ===
Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara untuk mematikan komputer yang benar. Di bawah ini akan dibagi menjadi dua bagian, pada bagian pertama akan dibahas tentang cara mematikan komputer pada windows 8, setelah itu pada bagian kedua kita akan membahas bagaimana cara untuk mematikan komputer yang benar pada windows XP, Vista, dan Windows 7.

Untuk cara mematikan komputer pada windows 8 yang benar adalah sebagai berikut:
  1. Arahkan pointer mouse ke pojok kanan bawah.
  2. Setelah itu klik "Setting".
  3. Kemudian klik "Power", setelah itu klik "Shutdown".
  4. Tunggu kurang lebih 1 menit hingga komputer dalam keadaan benar-benar mati.
  5. Setelah komputer mati, matikan stabilizer (jika ada) dengan cara menekan tombol power setelah itu cabut kabel listrik untuk memutuskan arus.
Untuk cara mematikan komputer pada windows XP, Vista, dan windows 7 yang benar adalah sebagai berikut:
  1. Klik menu "START" yang berada pada pojok kiri bawah layar.
  2. Kemudian klik "Shutdown".
  3. Selanjutnya pilih "OK".
  4. Tunggu kurang lebih 1 menit hingga komputer dalam keadaan benar-benar mati.
  5. Setelah komputer mati, matikan stabilizer (jika ada) dengan cara menekan tombol power setelah itu cabut kabel listrik untuk memutuskan arus.

Baca Juga : Pedoman Ejaan Yang Disempurnakan (EYD), Lengkap Penjelasan

Teks Prosedur Protokol
Teks protokol adalah jenis teks prosedur yang langkah kerjanya tidak terlalu ketat atau dengan kata lain langkah kerja pada teks protokol bisa diubah. Langkah-langkah tersebut tidah harus dilakukan secara urut karena tidak saling berkaitan, meski urutan langkah diubah tujuan yang diharapkan tetap dapat tercapai. Berikut contoh prosedur protokol yaitu: Cara memasak mie instan.

=== Cara memasak mie instan ===
  1. Rebus air kurang lebih 5 menit atau hingga mendidih
  2. Masukan mie instan ke dalam air yang telah mendidih
  3. Setelah itu, silahkan tentukan apakah bumbu racik mie instan akan dimasukan bersama mie yang sedang dimasak atau pisahkan ke dalam wadah tersendiri yang sudah disediakan.
  4. Setelah matang masukan mie ke dalam mangkuk atau piring.
  5. Yang terakhir mie siap dihidangkan.

Teks Prosedur Sederhana
Teks prosedur sederhana ialah teks yang menyajikan prosedur yang hanya ditempuh dengan dua atau tiga langkah saja. Contoh prosedur teks sederhana seperti cara mematikan televisi, cara menyelakan laptop, cara mengoperasikan setrika listrik dan lain sebagainya. Langkah awal merupakan syarat untuk langkah selanjutnya, untuk itu 2-3 langkah sederhana tersebut tidak bisa berubah urutannya. berikut contoh teks prosedur sederhana.

=== Cara Menyalakan Laptop ===
Berikut langkah menyalakan laptop untuk anda:
  1. Buka laptop Anda
  2. Cari tombol power
  3. Tekan tombol power tersebut
  4. Tunggu kurang lebih 1 menit sampai laptop Anda menyala

Penulis : Siti Lestari Handayani, S.Pd.

Sekian artikel mengenai Pengertian Teks Prosedur Lengkap Contoh, Tujuan, Ciri, Struktur dan Kaidah Kebahasaan. semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk mengerjakan tugas maupun untuk sekedar menambah wawasan tentang teks prosedur, contoh teks prosedur, teks prosedur kompleks, prosedur teks, contoh teks prosedur kompleks, contoh procedure text, struktur teks prosedur dan contoh prosedur teks. Terimakasih atas kunjungannya.

Pengertian Teks Prosedur Lengkap Contoh, Tujuan, Ciri, Struktur dan Kaidah Kebahasaan
MARKIJAR : MARi KIta belaJAR

Posting Komentar untuk "Pengertian Teks Prosedur Lengkap Contoh, Tujuan, Ciri, Struktur dan Kaidah Kebahasaan"