Pengertian dan Jenis-Jenis Sedimentasi, Lengkap Gambar dan Penjelasan

Tahukah kamu kenapa bumi bisa berbentuk seperti sekarang? salah satu faktor pembentuk permukaan bumi yaitu karena adanya pengaruh tenaga eksogen, diantara tenaga eksogen adalah pelapukan, pengikisan, erosi, longsoran dan pengendapan / sedimentasi. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai sedimentasi seperti pengertian sedimentasi, macam sedimentasi berdasarkan tenaga pengangkutnya atau penyebabnya dan macam sedimentasi berdasarkan tempat terjadinya. Mari langsung saja kita simak pembahasannya dibawah dibawah ini.

Pengertian Sedimentasi

Sedimentasi adalah proses pengendapan material yang terbawa oleh angin, air, atau gletser. Kemudian, bahan atau material yang mengendap tersebut akan menyatu, lalu membentuk jenis batuan baru yang disebut dengan batuan sedimen. Sedimentasi merupakan salah satu proses pengendapan yang terjadi di alam. Pengendapan ini bisa terjadi di darat, sungai maupun laut. Material yang terbawa ialah material yang berasal dari pelapukan atau pengikisan.

Sedimentasi yang dilakukan oleh angin, air, maupun gletser mempunyai hasil yang berbeda. Tergantung dari lokasi materi tersebut berada. Selain batuan sedimen, sedimentasi juga salah satu penyebab terciptanya permukaan bumi. Permukaan bumi mempunyai banyak bentuk akibat adanya pengendapan yang telah lama berlangsung. Hal ini mengakibatkan setiap sedimentasi membentuk sesuatu yang unik, dan memperindah bentuk permukaan bumi

Secara garis besar, sedimentasi dapat dibagi menjadi 2, yaitu berdasarkan tenaga pengangkutnya dan berdasarkan tempat terjadinya sedimentasi:
  1. Berdasarkan tenaga pengangkutnya atau berdasarkan penyebabnya, sedimentasi dapat dibagi lagi menjadi 3 yaitu air (sedimentasi Aquatis), angin (sedimentasi Aeolis), dan gletser Sedimentasi glasial.
  2. Berdasarkan tempat terjadinya sedimentasi, sedimentasi dapat dibagi lagi menjadi 5 yaitu sedimen teristis, fluvial, limnis, marine dan lakustris.
Dibawah ini kita akan bahas lebih detail mengenai proses sedimentasi berdasarkan tenaga pengangkutnya dan proses sedimentasi berdasarkan tempat terjadinya.

3 Macam Sedimentasi Berdasarkan Tenaga Pengangkut / Penyebabnya

1. Sedimentasi Aeolis

Sedimentasi Aeolis
Sedimentasi Aeolis
Sedimentasi Aeolis adalah sedimentasi yang dilakukan oleh angin. Angin membawa materi-materi endapan, kemudian menjatuhkannya ke darat ketika kekuatan dari angin itu melemah. Materi yang dibawa oleh angin biasanya adalah tanah pasir. Endapan pasir yang terus bertumpuk, makin lama akan menjadi gundukan.

Gundukan ini disebut sebagai bukit pasir atau gumuk pasir atau sand dune. Gundukan pasir ini sering kita temukan disekitar gurun atau disekitar pantai. Dilihat dari tempat, sedimentasi oleh angin termasuk dalam sedimentasi teristris. Sedimentasi teristris adalah sedimentasi yang terjadi di darat.

2. Sedimentasi Aquatis

Sedimentasi Aquatis
Sedimentasi Aquatis
Sedimentasi Aquatis adalah sedimentasi yang disebabkan oleh air. Sedimentasi aquatis membawa materi melalui aliran air. Proses ini mengandalkan kekuatan aliran air. Ketika aliran air kuat, maka materi akan terbawa, ketika aliran air melemah, maka materi akan mengendap didasar.

Baca Juga : Pengertian Pengikisan dan 3 Akibat Pengikisan Oleh Air Sungai, Angin dan Gelombang

Hal ini dapat kita umpamakan saat sedang meminum teh atau kopi. Saat kita mengaduk gelas, terjadi putaran pada air, yang mengakibatkan ampas teh naik ke atas. Saat kita diamkan, dan pusaran air mulai melemah, maka ampas teh perlahan akan mengendap ke bawah. Hal inilah yang terjadi pada proses sedimentasi oleh air. Berdasarkan tempat terjadinya sedimentasi, sedimentasi aquatis dapat dibagi menjadi dua, yaitu sedimentasi fluvial dan sedimentasi marine.

3. Sedimentasi Glasial

Sedimentasi Glasial
Sedimentasi Glasial
Sedimentasi glasial adalah sedimentasi yang dilakukan oleh es atau gletser. Sedimentasi ini terjadi karena adanya moraine. Moraine ialah batu kerikil, pasir, dan materi lainnya yang terbawa oleh es, dan mengendap. Sedimentasi oleh gletser juga mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Pada saat musim semi tiba, terjadi pengikisan oleh gletser yang meluncur menuruni lembah. batuan atau tanah hasil pengikisan juga menuruni lereng dan mengendap di lembah. hal ini mengakibatkan pengendapan terjadi di ujung gletser, yang menyebabkan perubahan bentuk gletser dari V menjadi U.

Terdapat empat bentuk sedimentasi glasial yaitu sebagai berikut:
  • Oscar : Sedimen yang berbentuk punggung sempit dan panjang
  • Till Plain : Sedimen yang berbentuk dataran.
  • Drumlin : Sedimen yang berbentuk bukit kecil.
  • Kame : Sedimen yang berbentuk dataran tinggi.

5 Macam Sedimentasi Berdasarkan Tempat Terjadinya

1. Sedimen Teristis

Sedimen teristis atau sedimen alluvial yaitu sedimentasi yang diendapkan di darat atau di dataran banjir yang luas.

2. Sedimen Fluvial

Sedimen fluvial adalah proses sedimentasi yang dilakukan olah air sungai dan terjadi / berlokasi / diendapkan di dasar sungai. Proses sedimen fluvial biasanya menyebabkan terjadinya pendangkalan di muara sungai. Oleh karena itu, daerah muara sungai lebih berpotensi banjir

3. Sedimen Marine

Sedimentasi marine merupakan sedimentasi yang dilakukan oleh air laut dan terjadi / diendapkan di laut. Sedimentasi marine terjadi akibat dari perubahan arus laut, yang mengendapkan materi  didalam dasar laut. Sedimentasi marine juga terjadi akibat adanya air pasang-surut. Air pasang membawa material, lalu saat surut, material itu mengendap. Pengendapan yang terus bertumpuk mengakibatkan endapan ini naik ke permukaan laut. Sehingga membentuk dataran kecil atau pulau.

4. Sedimen Limnis

Sedimen limnis adalah sedimen yang diendapkan di daerah rawa-rawa.

5. Sedimen Lakustris

Sedimen lakustris adalah sedimen yang diendapkan di dasar danau.


Sekian artikel mengenai Pengertian dan Jenis-Jenis Sedimentasi, Lengkap Gambar dan Penjelasan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk mengerjakan tugas maupun untuk sekedar menambah wawasan tentang sedimentasi adalah, apa itu sedimentasi, arti sedimentasi, jenis sedimentasi dan macam sedimentasi. Terimakasih atas kunjungannya.

Pengertian dan Jenis-Jenis Sedimentasi, Lengkap Gambar dan Penjelasan
MARKIJAR : MARi KIta belaJAR

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Pengertian dan Jenis-Jenis Sedimentasi, Lengkap Gambar dan Penjelasan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel