Pengertian dan Sejarah Lengkap Lari Jarak Pendek (Sprint)

Lari Jarak Pendek - Hai sobat markijar, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Pengertian dan Sejarah Lengkap Lari Jarak Pendek (Sprint), dimana pembahasan akan kita mulai dari pengertian lari jarak pendek / sprint menurut para ahli kemudian dilanjut dengan pembahasan mengenai sejarah lengkap lari jarak pendek. Untuk mempersingkat waktu mari langsung saja kita simak pembahasannya dibawah ini.

Pengertian Lari Jarak Pendek

Sebelum kita membahas pengertian lari jarak pendek, pertama-tama kita wajib tahu pengertian lari terlebih dahulu. Menurut Mochamad Djuminar A. Widya (2004:13) pengertian lari adalah frekuensi langkah yang dipercepat sehingga pada waktu berlari terdapat kecenderungan badan melayang. Artinya ketika berlari kedua kaki tidak menyentuh tanah atau satu kaki tetap menyentuh tanah. Sedangkan pengertian lari jarak pendek (sprint) adalah sebagai berikut:

Lari Jarak Pendek menurut Yoyo Bahagia (2000:11)
Lari jarak pendek (sprint) adalah lari yang menempuh jarak antara 100 meter sampai dengan 400 meter.

Lari Jarak Pendek menurut Muhtar (2011:12)
Lari jarak pendek (sprint) adalah suatu cara untuk berlari dimana seorang atlet harus melalui seluruh jarak dengan kecepatan semaksimal mungkin. Artinya harus melakukan lari secepat-cepatnya dengan mengerahkan seluruh kekuatannya sejak awal (start) sampai melewati garis akhir (finish).

Lari Jarak Pendek menurut Adisasmita (1992:35)
Lari jarak pendek (sprint) adalah semua nomor lari yang dilakukan dengan kecepatan maksimal (sprint) atau kecepatan penuh, sepanjang jarak yang ditempuh.

Lari Jarak Pendek menurut Mujahir (1992:41)
Lari jarak pendek (sprint) adalah cara lari dimana atlet harus melalui seluruh jarak dengan kecepatan penuh. Artinya pelari wajib melakukan lari yang secepat-cepatnya dengan menggunakan seluruh kekuatannya mulai dari start sampai garis finish.

Lari Jarak Pendek menurut Mujahir (2007)
Lari jarak pendek (sprint) adalah perlombaan lari yang seluruh pelarinya dengan kecepatan yang maksimal dengan menempuh jarak 100 meter, 200 meter, dan 400 meter.

Namun lari jarak pendek juga sering diartikan sebagai lari yang menempuh jarak 50 - 400 meter. Oleh sebab itu kecepatan adalah kebutuhan utama untuk lari jarak pendek. Kecepatan pada lari jarak pendek ialah hasil kontraksi yang cepat dan kuat dari otot-otot yang diubah menjadi gerakan halus lancer dan efisien dan sangat diperlukan bagi pelari untuk memperoleh kecepatan maksimal.

Untuk mendapatkan kemenangan, seorang pelari jarak pendek memerlukan reaksi yang cepat, ketepatan saat melakukan start, kecepatan yang baik dan lari yang efisien, serta berusaha mempertahankan kecepatan dari awal sampai garis finish (Widodo, 2010).

Start merupakan kunci pertama yang harus dikuasai oleh pelari jarak pendek. Ketidaktelitian atau keterlambatan pada waktu melakukan start, sangat merugikan seorang pelari jarak pendek. Oleh sebab itu, cara melakukan start harus dipelajari dan diperhatikan dengan sungguh-sungguh, serta dilatih dengan cermat (Giri Verianti dan Dadan Heryana, 2010:17)

Dari pengertian diatas dapat simpulkan lari jarak pendek adalah lari sepanjang jarak yang ditempuh (50-400 meter) dengan kecepatan penuh dengan start sebagai kunci pertama yang harus dikuasai oleh pelari.

Sejarah Lengkap Lari Jarak Pendek

Pengertian dan Sejarah Lengkap Lari Jarak Pendek (Sprint)
Pengertian dan Sejarah Lengkap Lari Jarak Pendek (Sprint)

Lari adalah salah satu cabang olahraga tertua di dunia. Sebelum menjadi sebuah cabang olahraga, lari terutama lari jarak pendek sudah dikenal oleh peradaban-peradaban manusia kuno. Bahkan lari jarak pendek menjadi satu-satunya cabang olahraga yang diperlombakan di olimpiade pertama Yunani pada tahun 776 SM.

Setelahnya, pada olimpiade berikutnya beberapa cabang olahraga lain mulai diperlombakan seperti misalnya lempar tombak, memanah, bela diri, atau olahraga yang masih ada hubungannya dengan peperangan sebab olahraga pada masa itu identik dengan paket latihan untuk menjadi prajurit. 

Konon lari juga menjadi olahraga yang diperlombakan di olimpiade Yunani sebagai sebuah bentuk pengormatan kepada seorang prajurit pembawa pesan yang sudah berlari sejauh 40 km untuk mengabarkan kemenangan perang ketika Yunani sedang bertempur dengan Persia. Sesampainya di Athena, prajurit tersebut berteriak lantang untuk mengabarkan pesan kemenangan dan setelah itu ia meninggal. Semua orang terharu akan kegigihan prajurit tersebut yang berlari hanya untuk mengabarkan pesan.

Pada zaman Kekaisaran Roma olahraga lari juga diperlombakan. Sayangnya, pertandingan lari ini tidak berlangsung lama karena jatuhnya Kekaisaran Roma. Sementara itu, olahraga lari jarak pendek mulai diorganisir dan dilombakan dalam olimpiade modern pertamakalinya pada tahun 1896 di stadion Panathinaiko, Athena dan selanjutnya olahraga lari masih tetap diperlombakan hingga saat ini.


Sekian artikel mengenai Pengertian dan Sejarah Lengkap Lari Jarak Pendek (Sprint). Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk mengerjakan tugas maupun untuk sekedar menambah wawasan seputar lari jarak pendek, lari sprint, lari pendek, pengertian lari jarak pendek dan sejarah lari jarak pendek. Terimakasih atas kunjungannya.

Pengertian dan Sejarah Lengkap Lari Jarak Pendek (Sprint)
MARKIJAR : MARi KIta belaJAR

Loading...

Suka dengan artikel kami ? Tidak ada salahnya untuk berlangganan artikel terbaru dari MARKIJAR.Com langsung via email mu :

0 Response to "Pengertian dan Sejarah Lengkap Lari Jarak Pendek (Sprint)"

Post a Comment