8 Definisi Ekonomi Menurut Para Ahli Lengkap Penjelasan

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara lengkap seputar Definisi Ekonomi Menurut Para Ahli, dimana kita akan membahas dari hal-hal yang mendasar seperti Definisi Ekonomi Secara Umum dan Definisi Ekonomi Menurut Para Ahli. Untuk mempersingkat waktu mari langsung saja kita simak pembahasannya dibawah ini.

Definisi Ekonomi

Ekonomi adalah salah satu ilmu sosial yang mempelajari bagaimana manusia mencukupi kebutuhan hidupnya seperti produksi, konsumsi dan distribusi terhadap barang dan jasa. Kata "ekonomi" sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu οἶκος (oikos) yang berarti "keluarga, rumah tangga" dan νόμος (nomos) yang berarti "aturan, peraturan, hukum". Secara garis besar, ekonomi diartikan sebagai "aturan rumah tangga" atau "manajemen rumah tangga". Dari penggabungan kedua kata tersebut, ekonomi juga dapat diartikan sebagai sebuah kondisi yang merujuk pada pengertian tentang aktivitas manusia, terutama pada usaha untuk mengolah sumber daya di lingkungan sekitarnya.

Ekonomi juga masuk dalam kategori Ilmu Sosial, Karena terkait dengan masalah manusia yang menjadi pokok bahasan dalam kajian ilmu sosial. selain itu Ekonomi juga dikategorikan sebagai ilmu terapan dalam manajemen bisnis, keluarga dan pemerintah. Teori ekonomi juga bisa diterapkan pada bidang-bidang selain bidang moneter, seperti pada keluarga, pendidikan, kesehatan, politik, penelitian ilmiah, penelitian perilaku kriminal dan lain sebagainya. Hal ini dimungkinkan sebab pada hakikatnya ekonomi (seperti yang telah disebutkan di atas) merupakan ilmu yang mempelajari pilihan manusia.

Jadi pengertian / definisi ekonomi secara umum adalah sebuah bidang kajian ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan bagaimana manusia mencukupi kebutuhan hidupnya seperti produksi, konsumsi dan distribusi terhadap barang dan jasa

8 Definisi Ekonomi Menurut Para Ahli

8 Definisi Ekonomi Menurut Para Ahli Lengkap Penjelasan
8 Definisi Ekonomi Menurut Para Ahli Lengkap Penjelasan
Ekonomi memiliki banyak definisi yang berbeda-beda sesuai dengan ahli atau tokoh yang mengemukakan teorinya. Berikut merupakan definisi ekonomi menurut para ahli, baik menurut ahli ekonomi dari Indonesia maupun ahli ekonomi dari luar negeri lengkap beserta penjelasannya.

1. Definisi Ekonomi Menurut Hermawan Kartajaya
Hermawan Kartajaya seorang Ahli Pemasaran yang dikenal masyarakat dunia. Ia menjabarkan pengertian ekonomi adalah sebuah platform / wadah dimana sektor industri melekat diatasnya.

2. Definisi Ekonomi Menurut John Stuart Mill
John Stuart Mill seorang ekonom, filsuf dan penjabat senior di sebuah perusahaan East-India berkewarganegaraan Inggris. John Stuart Mill mengartikan pengertian ekonomi adalah ilmu praktis yang mempelajari tentang pengeluaran dan penagihan keuangan.

3. Definisi Ekonomi Menurut Muhammad Sholahuddin
Muhammad Sholahuddin mendefinisikan pengertian Ekonomi sebagai ilmu yang menerangkan cara-cara menghasilkan, membagi, mengedarkan serta memakai barang dan jasa dalam masyarakat sehingga kebutuhan materi masyarakat bisa terpenuhi sebaik-baiknya. Kegiatan ekonomi dalam masyarakat ialah mengatur urusan harta kekayaan baik yang menyangkut kepemilikkan, pengembangan atau distribusi.

4. Definisi Ekonomi Menurut Paul A. Samuelson
Paul A. Samuelson seorang ekonom dari Amerika yang memperoleh penghargaan nobel pada bidang ekonomi di tahun 1970. Pada bukunya yang berjudul "Foundations of Economic Analysis", Paul menjelaskan pengertian ekonomi adalah cara-cara yang dilakukan manusia dan memanfaatkan sumber-sumber yang terbatas untuk mendapatkan berbagai komoditi dan memdistribusikan untuk dikonsumsi oleh masyarakat.
5. Definisi Ekonomi Menurut Abraham Maslow
Abraham Maslow seorang ekonom yang juga merupakan seorang psikolog dari Amerika. mengutarakan Pengertian Ekonomi adalah sebuah bidang keilmuan yang akan mengatasi permasalahan kehidupan manusia lewat penggemblengan segala sumber ekonomi yang ada berdasarkan pada prinsip dan teori dalam suatu sistem ekonomi yang dinilai efektif dan efisien. Selain mengutarakan pengertian ekonomi, Maslow juga membuat sebuah teori hierarchy of needs. Didalam teorinya ia berpendapat bahwa terdapat 5 kebutuhan dasar manusia. yaitu:
  1. Kebutuhan Penghargaan, Contohnya adalah: pujian, tanda jasa, piagam dan lain sebagainya.
  2. Kebutuhan Sosial, Contohnya adalah: memiliki keluarga, memiliki teman, kebutuhan cinta dari lawan jenis, dan lain sebagainya.
  3. Kebutuhan Keamanan dan Keselamatan, Contohnya adalah: bebas dari teror, bebas dari ancaman, bebas dari penjajahan, dan lain sebagainya.
  4. Kebutuhan Fisiologis, Contohnya adalah: pakaian (sandang), makanan (pangan), rumah (papan), bernafas, dan lain sebagainya.
  5. Kebutuhan Aktualisasi Diri ialah kebutuhan dan keinginan untuk bertindak sesuka hati sesuai dengan minat dan bakatnya.

6. Definisi Ekonomi Menurut Moh. A Saifudin
Moh. A Saifudin tidak mendefinisikan pengertian ekonomi secara langsung melainkan mendefinisikan pergertian Ilmu Ekonomi (ilmu yang mengkaji tentang ekonomi), menurut saifudin pengertian ilmu ekonomi adalah wadah / tempat seorang atau sekumpulan manusia dalam memanfaatkan dan mempelajari sumber-sumber terbatas berdasarkan kemakmuran dan kesejahteraan bersama yang lebih efektif dan efisien menurut prinsip ekonomi.

7. Definisi Ekonomi Menurut Adam Smith
Adam Smith seorang filsuf berkewarganegaraan Skotlandia mengartikan teori ekonomi sebagai laissez faire, yaitu teori ekonomi pasar bebas. Dan didalam bukunya Adam Smith mendefinisikan pengertian ekonomui adalah penyelidikan tentang suatu keadaan dan sebab adanya kekayaan negara.

8. Definisi Ekonomi Menurut KBBI
Sedangkan menurut KBBI / Kamus Besar Bahasa Indonesia pengertian / definisi Ekonomi adalah Ilmu mengenai asas-asas produksi, distribusi, dan pemakaian barang-barang serta kekayaan (contohnya perdagangan, perindustrian dan keuangan).


Sekian artikel mengenai 8 Definisi Ekonomi Menurut Para Ahli Lengkap Penjelasan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk mengerjakan tugas maupun untuk sekedar menambah wawasan tentang definisi ekonomi, pengertian ekonomi, definisi ekonomi menurut ahli dan pengertian ekonomi menurut ahli. Terimakasih atas kunjungannya.

8 Definisi Ekonomi Menurut Para Ahli Lengkap Penjelasan
MARKIJAR : MARi KIta belaJAR

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "8 Definisi Ekonomi Menurut Para Ahli Lengkap Penjelasan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel