Pengertian Media Massa Lengkap Contoh, Jenis, Karakteristik, Fungsi dan Perkembangannya

Dalam menjalani rutinitas hidup kita sering memakai media massa untuk mengetahui dan melihat berbagai macam informasi yang lengkap dan terbaru. Apakah itu media massa ? pada artikel dibawah ini kita akan membahas secara detail mengenai Media Massa, dimana pembahasannya akan meliputi pengertian media massa, jenis media massa, karakteristik media massa, fungsi media massa dan perkembangan media massa, nah untuk bisa lebih memahami dan mengerti mari langsung saja kita simak pembahasan dibawah ini.
Pengertian Media Massa Lengkap Contoh, Jenis, Karakteristik, Fungsi dan Perkembangannya
Pengertian Media Massa Lengkap Contoh, Jenis, Karakteristik, Fungsi dan Perkembangannya

Pengertian Media Massa

Kata Media adalah bentuk jamak dari medium yang berarti perantara atau tengah. Massa berasal dari bahasa Inggris yaitu mass yang berarti kelompok, kumpulan, atau orang banyak. Media Massa sendiri sejatinya berasal dari kata Media Komunikasi Massa atau dalam bahasa Inggris nya adalah Mass Communication Media yang memiliki arti sebagai sarana komunikasi untuk menyebarluaskan berita atau pesan kepada masyarakat secara langsung dan luas, untuk sarana aspirasi masyarakat  dan penyampaian pesan.

Menurut Leksikon Komunikasi (Pradnya Paramita, 1984), pengertian media massa adalah sarana penyampai pesan yang berhubungan langsung dengan masyarakat luas misalnya televisi, radio, dan surat kabar.

Pengertian media massa juga dapat diartikan sebagai sebuah saluran untuk komunikasi dimana ada orang yang mengirimkan dan menerima informasi. Selain itu, yang dimaksud dengan massa adalah jumlah orang atau khalayak yang menjadi target penyampaian pesan. Dengan demikian, media massa merupakan saluran komunikasi yang melibatkan penyebaran informasi yang ditujukan kepada masyarakat secara luas.

Jenis-Jenis Media Massa Beserta Contohnya

Berikut adalah jenis-jenis media massa beserta contohnya: 
  1. Media Elektronik, contohnya seperti: Video atau Film, TV, Radio, dll. 
  2. Media Siber, contohnya seperti: Website, Blog, Media Sosial, Portal Berita, dll.
  3. Media Cetak, contohnya seperti: Buku, Koran atau Surat Kabar, Majalah, dll. 
Setiap jenis dari media massa memiliki sifat khasnya, oleh karena itu penggunaannya juga perlu diperhitungkan sesuai kemampuan dan sifat khasnya.

Baca Juga : Sejarah dan Perkembangan Internet di Indonesia dan Dunia (Lengkap)

Karakteristik Media Massa

Dalam mempelajari karakteristik dari media massa dapat memberikan manfaat bagi kita yaitu kita menjadi lebih memahami berbagai karakteristik media massa yang didasarkan pada perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, berikut karakteristik media massa dari berbagai sumber.

Secara umum terdapat 5 karakteristik media massa, yaitu sebagai berikut: 
  1. Periodisitas, ialah tetap atau berkala, misalnya harian, mingguan ataupun siaran dalam beberapa jam per harinya. 
  2. Aktualitas, ialah yang berisi hal-hal baru, aktualitas dapat diartikan sebagai kecepatan penyampaian dan kebenaran informasi kepada masyarakat luas.
  3. Kontinuitas, ialah berkesinambungan sesuai dengan periode mengudara ataupun jadwal terbitnya. 
  4. Publisitas, ialah pesan yang disebarluaskan kepada masyarakat umum.
  5. Universalitas, ialah pesannya yang bersifat umum, mengenai semua aspek kehidupan dan semua peristiwa di berbagai tempat, yang menyangkut kepentingan umum dengan  sasaran masyarakat umum. 

Menurut Brian Dutton, Tim O’Sullivan, dan Phillip Rayne (1998) bahwa secara tradisional media massa dapat dibedakan dari berbagai jenis komunikasi lainnya karena memilik empat karakteristik berikut ini:
  1. Skala, adalah satu fitur media massa adalah melibatkan komunikasi yang simultan dengan banyak orang.
  2. Teknologi, adalah komunikasi massa memerlukan alat yang memungkinkan pesan dapat dikirimkan dan diterima.
  3. Komoditas, adalah fitur komunikasi massa lain yang menarik adalah berbayar.
  4. Jarak, adalah komunikasi antara pengirim pesan dan penerima pesan bersifat impersonal, satu arah, dan tidak memiliki kedekatan. 

Sedangkan menurut Denis McQuail dalam bukunya berjudul "Towards a Sociology of Mass Communication",  mengidentifikasi karakteristik media massa adalah sebagai berikut:
  1. Media massa pada umumnya merupakan sebuah organisasi formal yang sangat kompleks.
  2. Media massa membangun kontak secara simultan dengan sejumlah besar orang yang hidup dalam jarak satu sama lain.
  3. Media massa bersifat umum dan isi media massa terbuka bagi siapa pun.
  4. Media massa diarahkan atau ditujukan kepada khalayak yang luas.
  5. Khalayak bersifat heterogen.
  6. Khalayak merupakan bagian dari budaya massa.
  7. Hubungan antara kepribadian media dan anggota khalayak adalah tidak langsung atau bermedia.

Fungsi Media Massa 

Beberapa fungsi media massa diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Sebagai pengambilan keputusan, yaitu berperan dalam menghantarkan informasi untuk mengambil keputusan.
  2. Sebagai pemberi informasi, yaitu berfungsi memberi informasi kepada masyarakat umum secara tepat waktu.
  3. Sebagai pendidik, sebagai pemberi pendidikan yang memberi pengetahuan kepada masyarakat melalui berbagai macam informasi. 
  4. Sebagai bahan untuk diskusi, media massa berperan dalam memperjelas permasalahan yang dihadapi serta menyampaikan pesan-pesan kepada pemuka masyarakat.

Perkembangan Media Massa 

Apabila ditinjau dari perkembangan teknologi di bidang penyampaian informasi melalui media massa, media massa bisa dibagi menjadi dua jenis diantaranya:
  1. Media massa tradisional adalah media yang dipakai atau digunakan sebagai sarana menyampaikan informasi pada jaman dulu. Misalnya seni tradisional, wayang dll. 
  2. Media massa modern adalah media massa yang memakai teknologi modern contohnya seperti media massa cetak dan media massa elektronik. Media massa elektronik adalah media massa dengan penyampaian informasinya menggunakan jasa listrik. Apabila tanpa sumber listrik media massa elektronik tidak bisa berfungsi. Contohnya seperti tv, radio dll. Sedangkan Media massa cetak adalah media massa yang cara menyampaikan suatu informasinya terlebih dahulu harus dicetak dengan menggunakan alat cetak. Misalnya seperti tabloid, koran dll


Sekian artikel mengenai Pengertian Media Massa Lengkap Contoh, Jenis, Karakteristik, Fungsi dan Perkembangannya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi sobat baik untuk mengerjakan tugas maupun untuk sekedar menambah wawasan tentang pengertian media massa, jenis media massa, karakteristik media massa, fungsi media massa, dan perkembangan media massa. Terimakasih atas kunjungannya.

Pengertian Media Massa Lengkap Contoh, Jenis, Karakteristik, Fungsi dan Perkembangan
MARKIJAR : MARi KIta belaJARa

Baca Juga :

Suka dengan artikel kami ? Tidak ada salahnya untuk berlangganan artikel terbaru dari MARKIJAR.Com langsung via email mu :

0 Response to "Pengertian Media Massa Lengkap Contoh, Jenis, Karakteristik, Fungsi dan Perkembangannya"

Post a Comment