6 Bagian Paru-Paru Lengkap Fungsi, Gambar dan Penjelasan

Pada artikel kali ini, kita akan membahas secara lengkap materi tentang 6 Bagian Paru-Paru Lengkap Fungsi, Gambar dan Penjelasan. Yuk langsung saja kita simak materi pada artikel ini hingga selesai ya sobat...

Salah satu kebutuhan manusia sebagai makhluk hidup adalah bernapas. Bernafas adalah suatu proses pertukaran gas dimana makhluk hidup (manusia, hewan dan tumbuhan) menghirup gas oksigen (O2) dan mengeluarkan gas karbon dioksida (CO2). Organ yang berfungsi sebagai alat pernapasan adalah paru-paru. Paru-paru adalah organ yang sangat vital karena makhluk hidup tidak dapat hidup tanpa bernafas. Secara umum fungsi paru-paru adalah untuk menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah. Proses ini disebut dengan bernapas atau pernapasan eksternal.

Fungsi Paru-Paru bagi makhluk hidup

Berikut ini adalah fungsi paru-paru bagi makhluk hidup, diantaranya yaitu : 
  • Sebagai tempat penyimpanan cadangan darah dalam tubuh (reservoir).
  • Sebagai tempat pertukaran gas oksigen dengan gas karbon dioksida.
  • Melindungi organ jantung dari getaran atau guncangan.
  • Membantu menyediakan dan mengalirkan udara untuk menghasilkan suara.
  • Pada manusia paru-paru berfungsi sebagai sistem eksresi karena mengeluarkan limbah karbon dioksida dari dalam tubuh.
  • Melindungi sistem organ tubuh dari masalah kesehatan yang berasal dari udara dengan menyaring partikel debu atau kotoran dan bakteri sebelum melewati proses pertukaran udara. 
  • Mengendalikan  pH darah atau kadar keasaman dengan mengubah tekanan dan kadar karbon dioksida.
  • Memfilter atau menyaring gumpalan darah yang dapat terbentuk di dalam vena.

Gambar dan Penjelasan 6 Bagian Paru-Paru

Gambar Bagian Paru-Paru Lengkap Fungsi, Gambar dan Penjelasan
Gambar Bagian Paru-Paru Lengkap Fungsi, Gambar dan Penjelasan

Paru-paru pada manusia terletak didalam mediastenum (rongga dada) yang dilindungi oleh tulang selangka. Mediastenum dan perut dipisahkan oleh diafragma. Paru-paru pada manusia terbagi menjadi dua bagian yaitu paru-paru kiri dan paru-paru kanan. Paru-paru kiri memiliki berat sekitar 560 gram dan paru-paru kanan memiliki berat sekitar 620 gram.

Paru-paru kiri lebih kecil dari pada paru-paru kanan. Paru-paru kiri terdiri atas 2 lobus (gelambir) yaitu lobus superior dan lobus inferior, sedangkan paru-paru kanan terdiri atas 3 lobus yaitu lobus superior (lobus atas), lobus medius (lobus tengah) dan lobus inferior (lobus bawah). Paru-paru kiri dan paru-paru kanan dipisahkan oleh organ jantung dan pembuluh darah lainnya.

Setiap lobus atau gelambir mempunyai segmen (bagian yang lebih kecil lagi di dalam lobus). Setiap segmen terdiri atas lobulus dan setiap lobulus mempunyai bronkiolous. Bronkiolous akan bercabang lagi menjadi alveolus.

Paru-paru diselimuti oleh selaput yang disebut pleura. Pleura dipisahkan oleh sebuah rongga yang disebut kavum pleura. Rongga tersebut memudahkan paru-paru untuk mengembang dan mengempis karena hampa udara. Di dalam kavum pleura terdapat cairan atau eksudat yang berfungsi sebagai pelumas selaput pleura guna mencegah terjadinya kerusakan pada saat pleura bergesekan.

Untuk selengkapnya, berikut adalah bagian paru-paru beserta fungsinya, diantaranya yaitu :

1. Bronkus 

Bronkus adalah batang percabangan dari tenggorokan atau trakea yang menghubungkan paru-paru sebelah kanan dengan paru-paru sebelah kiri. Bronkus sebelah kiri lebih besar dan memiliki panjang sekitar 5cm, sedangkan bronkus sebelah kanan berukuran lebih lebar, pendek dan lebih lurus.

Bronkus tersusun oleh tulang rawan, otot polos, dan  lapisan mukosa. Tulang rawan berfungsi sebagai jaringan penyusun rangka pada bronkus otot polos, yang berguna untuk bernapas secara otomatis tanpa disadari. Lapisan mukosa menghasilkan lendir untuk melindungi paru-paru dari partikel asing seperti debu atau kotoran. 

2. Bronkiolus 

Bronkiolus adalah percabangan dari bronkus yang berada di dalam alveolus. Bronkiolus berfungsi sebagai jalan masuknya udara menuju alveolus. Bronkiolus mempunyai diameter sekitar 1mm atau bahkan lebih kecil yang bisa berubah sesuai tekanan udara yang masuk. Pelebaran atau pembengkakan diameter bronkiolus yang disebabkan oleh rangsangan hormon epineprine dan saraf simpatik disebut dengan bronkodilasi. Sedangkan penyempitan diameter  yang disebabkan oleh rangsangan histamin dan saraf parasimpatis disebut dengan bronkokonstriksi. 

Struktur jaringan pada bronkiolus tersusun atas sel epitel kuboid bersilia (jaringan epitelium berbentuk kubus bersilia) serta otot polos. Bronkiolus dapat terbagi lagi menjadi bagian yang lebih kecil yang disebut dengan terminal. Terminal bronkiolus memiliki diameter kurang dari 0.5mm dan didalamnya terdapat duktus alveolus. Terminal bronkiolus merupakan tempat berakhirnya perjalanan udara, dimana udara selanjutnya akan mengalami pertukaran dalam alveolus.

3. Alveolus 

Alveolus adalah tempat terjadinya pertukaran gas antara gas oksigen dengan gas karbon dioksida secara difusi, dimana oksigen akan masuk dan karbon dioksida akan dikeluarkan. Struktur alveolus tersusun atas selaput tipis dan banyak terdapat kapiler darah. Di dalam alveolus, darah akan mengambil oksigen dari udara dan melepaskan karbon dioksida ke udara. Bentuk jamak dari alveolus disebut dengan alveoli, dengan kata lain alveoli terdiri dari banyak alveolus.

Pada umumnya, alveolus atau gelembung udara memiliki diameter yang berkisar antara 0,2- 0,3mm. Alveolus pada paru-paru manusia memiliki jumlah keseluruhan yaitu mencapai 700 juta buah dan luas paru-paru jika dibentangkan yaitu mencapai 90 meter persegi. Ukuran alveolus bervariasi berdasarkan lokasi atau letak didalam paru-paru. Alveolus terdiri dari sel-sel epitel dan endotelium.

Sel epitel pada alveolus dibagi menjadi dua tipe yaitu : 
  • Sel epitel tipe I yaitu sel epitel squamosa yang berfungsi sebagai proses pertukaran udara. Sel epitel ini berukuran besar dan datar.
  • Sel epitel tipe II yaitu sel pneumosit granular yang tidak termasuk dalam proses pertukaran udara di paru-paru. Sel epitel ini menghasilkan zat surfaktan yang berguna untuk mencegah alveolus mengalami kolaps dan melapisi alveolus.

Baca Juga : Penjabaran Lengkap Sistem Peredaran Darah Manusia

4. Pleura

Pleura adalah selaput yang melapisi paru-paru. Struktur pleura yaitu halus, licin, dan berbentuk seperti kantong. Pleura berfungsi untuk melindungi paru-paru dari gesekan atau mengurangi gesekan selama proses respirasi. Pleura terdiri atas dua lapisan tipis yaitu pleura viseral dan pleura parietal. Pleura visceral yaitu pleura bagian dalam yang melapisi langsung paru-paru. Sedangkan, pleura parietal yaitu selaput pleura bagian luar yang menempel pada rongga dada. Diantara kedua lapisan tersebut terdapat sedikit cairan yang mengandung glikosaminoglikan.

Selain bagian pada paru-paru diatas, terdapat 2 bagian yang sering disebut sebagai bagian dari paru-paru yaitu Trakea (Tenggorokan) dan Diafragma, berikut penjelasannya:

5. Trakea (Tenggorokan) 

Trakea merupakan bagian paru-paru yang menghubungkan laring dengan bronkus. Struktur trakea yaitu berbentuk tabung dengan panjang sekitar 5 inci. Trakea terdiri dari tulang rawan hialin yang dilapisi oleh sel epitel bersilia dan berbentuk seperti huruf C. Trakea berfungsi sebagai saluran pernapasan. Silia pada sel epitel berfungsi untuk menyaring udara yang akan masuk ke paru-paru, serta menangkap partikel asing dan membawanya ke faring agar bisa masuk ke sistem pencernaan.

6. Diafragma 

Diafragma merupakan otot utama yang memisahkan paru-paru dan jantung dengan organ perut (limpa, lambung, usus, dan hati) atau menjadi pembatas antara rongga dada dengan perut. Diafragma berbentuk seperti kubah otot dan terletak di bawah rongga dada. Diafragma terdiri dari pembuluh darah, otot, dan saraf frenikus. Diafragma berfungsi dalam proses pernapasan perut atau proses menarik dan mengeluarkan napas.


Sekian artikel tentang 6 Bagian Paru-Paru Lengkap Fungsi, Gambar dan Penjelasan. Semoga artikel ini bisa memberi manfaat bagi sobat baik untuk mengerjakan tugas sekolah maupun hanya sekedar menambah pengetahuan tentang paru-paru, struktur dan bagian paru-paru, fungsi paru-paru dan gambar paru-paru. Terimakasih atas kunjungannya.

6 Bagian Paru-Paru Lengkap Fungsi, Gambar dan Penjelasan
MARKIJAR : MARi KIta belaJAR

Loading...

Suka dengan artikel kami ? Tidak ada salahnya untuk berlangganan artikel terbaru dari MARKIJAR.Com langsung via email mu :

0 Response to "6 Bagian Paru-Paru Lengkap Fungsi, Gambar dan Penjelasan"

Post a Comment