Pengertian Energi dan 10 Bentuk Energi Lengkap Penjelasan dan Contoh

Pengertian Energi - Apa itu Energi? Apa pengertian Energi? Dalam keseharian sering kita dengan kata berenergi atau orang kuat yang mempunyai banyak energi. Orang yang bisa mendorong mobil dikatakan sangat berenergi, Aki bisa menyalakan motor dikarenakan mempunyai energi, air yang bisa mendorong kapal di laut dikatakan mempunyai energi dan seterusnya.

Pengertian Energi

Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha (kerja) atau melakukan suatu perubahan. Kemampuan ini diukur dengan variabel waktu dan besarnya usaha yang dilakukan, Energi merupakan bagian dari suatu benda tetapi tidak terikat pada benda tersebut.
Pengertian Energi dan 10 Bentuk Energi Lengkap Penjelasan dan Contoh
Pengertian Energi dan 10 Bentuk Energi Lengkap Penjelasan dan Contoh

Energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, tetapi dapat dirubah bentuknya. Energi juga disebut tenaga. Satuan energi menurut Satuan Internasional (SI) adalah joule (J). Sedangkan satuan energi lain seperti Erg, KWh dan kalori digunakan dalam bidang tertentu untuk memudahkan. Konversi satuan energi bisa dilakukan melalui ketetapan bahwa 1 kalori=4.2 Joule dan 1 joule=1 watt sekon. Energi sendiri bersifat fleksible, artinya dapat berubah dan berpindah. Berikut dijelaskan beberapa pengertian energi menurut para ahli.

1. Pengertian Energi Menurut Campbell, Reece dan Mitchell
Pengertian energi adalah kemampuan untuk mengatur ulang sebuah materi.

2. Pengertian Energi Menurut Arif Alfatah dan Muji Lestari
Pengertian energi adalah sesuatu yang dibutuhkan oleh benda agar benda dapat melakukan usaha.

3. Pengertian Energi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia
Pengertian energi adalah daya atau kekuatan yang dibutuhkan untuk melakukan berbagai proses kegiatan.

4. Pengerian Energi Menurut Robert L. Wolke
Pengertian energi adalah suatu kemampuan untuk dapat membuat suatu hal terjadi.

5. Pengerian Energi Menurut Michael J, Moran
Pengertian energi adalah sesuatu konsep dasar termodinamika dan merupakan salah satu aspek penting dalam analisis teknik.

Macam Macam Energi

Setelah membahas tentang pengertian energi, selanjutnya akan kita bahas tentang berbagai macam bentuk energi yang telah diketahui oleh manusia. Perlu anda ketahui bahwa energi tidak dapat dimusnahkan (tidak akan hilang) akan tetapi berubah bentuk. Hal ini adalah hukum kekekalan energi.

1. Energi Panas
Energi panas adalah bentuk energi yang berubah menjadi kalor. Energi panas bisa muncul karena terjadi perubahan bentuk energi seperti pada reaksi energi kimiawi pada matahari yang menyebabkan munculnya api serta panas yang berpindah secara radiasi.

2. Energi Kimia
Energi kimia merupakan energi yang paling dibutuhkan oleh makhluk hidup disebabkan pada bentuk kimiawi, energi kimia mampu disimpan lebih lama. Energi kimia tersimpan dalam bahan bahan makanan. Dalam metabolisme sel, ATP merupakan salah satu bentuk energi kimia yang paling penting dan berguna bagi manusia.

Energi kimia juga tersimpan dalam bahan bakar yang sering kita pakai seperti minyak tanah dan bensin. Energi ini muncul karena terjadi proses pemecahan ikatan kimia dalam susunannya sehingga dihasilkan energi. Melalui penjelasan diatas, bisa kita simpulkan bahwa energi kimia adalah energi yang paling utama di dunia ini.

3. Energi Listrik
Energi listrik adalah energi yang saat ini paling banyak digunakan dan dianggap penting oleh mayoritas manusia di muka bumi. Energi listrik muncul karena adanya perbedaan muatan antara dua buah titik penghantar. Energi listrik dapat diproduksi dengan pembangkit tenaga listrik. Energi ini dapat diperoleh dari perubahan berbagai sumber energi seperti air, panas, angin, cahaya, dan bahan bakar fosil (kimiawi). Sumber energi tersebut dikonversikan menjadi energi listrik melalui terputarnya turbin yang merupakan dinamo yang dapat menghasilkan medan listrik. Energi listrik sering sekali dikonversikan menjadi bentuk energi lain seperti gerak, panas, cahaya, dan lain sebagainya.
4. Energi Kinetik
Energi kinetik atau energi gerak (juga disebut energi kinetis) adalah energi yang dimiliki oleh benda disebabkan gerakannya. Energi kinetik dapat diartikan sebagai usaha yang dibutuhkan untuk menggerakkan sebuah benda dengan massa tertentu dari keadaan diam hingga mencapai kecepatan tertentu. Energi kinetik sebuah benda sama dengan jumlah usaha yang dibutuhkan untuk menyatakan kecepatan dan rotasinya, dimulai dari keadaan diam.

5. Energi Potensial
Berlawanan dengan energi kinetik yang merupakan energi dari sebuah sistem / benda dikarenakan gerakannya, atau gerakan internal dari partikelnya, energi potensial dari sebuah sistem / benda ialah energi yang dihubungkan dengan konfigurasi ruang dari komponen-komponennya dan interaksi mereka satu sama lain.

Jumlah partikel yang mengeluarkan gaya satu sama lain secara otomatis membentuk sebuah sistem dengan energi potensial. Gaya-gaya tersebut, contohnya dapat timbul dari gravitasi atau interaksi elektrostatik (lihat hukum Coulomb).

6. Energi Bunyi
Energi bunyi adalah salah satu bentuk perubahan energi. Bunyi dapat dihasilkan oleh tabrakan, tumbukan, serta banyak peristiwa lainnya asalkan ada penghantar seperti udara ataupun benda lainnya. Satuan untuk mengukur bunyi ialah desibell

7. Energi Nuklir
Energi nuklir adalah energi yang berada dalam setiap materi atau zat yang tentunya tersusun atas atom atom dan material penyusun atom seperti elektron, proton dan neutron. Energi nuklir sejatinya juga merupakan energi kimia akan tetapi bersifat lebih spesifik dan membutuhkan usaha yang lebih dalam pemanfaatannya. Energi nuklir bisa didapatkan melalui proses yang cukup rumit dan untuk sekarang ini hanya bisa diambil dari materi yang bersifat radioaktif serta tidak stabil dengan inti yang berat seperti Plutonium dan Uranium. Untuk atom atom lain masih terbilang cukup sulit.

Energi nuklir ini sesuai dengan rumus E=mc2. Sehingga energi yang sangat besar dapat dihasilkan dalam jumlah massa yang sedikit saja. Contoh reaksi nuklir yang ada ialah matahari yang terus menerus berpijar, kemudian pembangkit listrik tenaga nuklir (reaktor nuklir) serta Bom Atom.

8. Energi ionisasi
Energi ionisasi (IE) merupakan energi yang dibutuhkan untuk mengeluarkan elektron dari tiap mol spesies dalam keadaan gas. Energi untuk mengeluarkan satu elektron pertama (dari atom netralnya) disebut sebagai energi ionisasi pertama dan untuk mengeluarkan satu elektron ke dua disebut energi ionisasi kedua, dan begitu juga selanjutnya untuk pengeluaran satu elektron berikutnya.


Sekian artikel mengenai Pengertian Energi dan 10 Bentuk Energi Lengkap Penjelasan dan Contoh. semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah wawasan tentang energi kinetik, pengertian energi, energi listrik, macam macam energi, energi ionisasi dan energi mekanik. Terimakasih atas kunjungannya.

Pengertian Energi dan 10 Bentuk Energi Lengkap Penjelasan dan Contoh
MARKIJAR : MARi KIta belaJAR

Baca Juga :

Suka dengan artikel kami ? Tidak ada salahnya untuk berlangganan artikel terbaru dari MARKIJAR.Com langsung via email mu :

0 Response to "Pengertian Energi dan 10 Bentuk Energi Lengkap Penjelasan dan Contoh"

Post a Comment