Pengertian, Manfaat dan Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

Sebelum kita membahas tentang Pengertian, Manfaat dan Faktor Pendorong Perdagangan Internasional, sebaiknya terlebih dahulu kita mengetahui perihal Ekonomi Internasional. Ilmu Ekonomi Internasional merupakan cabang ilmu ekonomi yang mempelajari segala hal mengenai hubungan ekonomi antarnegara. Hubungan ekonomi tersebut meliputi tiga bentuk hubungan, yaitu:
  1. Hubungan berupa pertukaran hasil atau output dari sebuah negara dengan negara lain (perdagangan internasional)
  2. Hubungan berupa utang piutang antarnegara atau hubungan kredit.
  3. Hubungan berupa pertukaran atau aliran faktor produksi atau sarana produksi.

Pengertian Perdagangan Internasional

Perdagangan dapat diartikan sebagai proses tukar-menukar yang dilakukan atas kesepakatan bersama dari semua pihak yang terlibat. Pada kenyataannya, dalam memenuhi kebutuhannya sebuah negara belum mampu memproduksi semua barang / kebutuhannya sendiri tanpa menerima bantuan dari negara lain. Sejalan dengan berkembangnya teknologi, sebuah negara semakin mudah dalam melakukan hubungan dagang dengan negara lain atau melakukan kegiatan ekspor-impor. Oleh karena proses perdagangan tersebut dilakukan antarnegara, maka perdagangan tersebut disebut dengan perdagangan internasional.

Dari uraian di atas maka kita dapat mendefinisikan perdagangan internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk / pihak dari sebuah negara dengan penduduk / pihak dari negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Penduduk / pihak yang dimaksud dapat berupa antar perorangan (individu dengan individu), antara individu dengan pemerintah suatu negara atau pemerintah suatu negara dengan pemerintah negara lain.

Dengan demikian perdagangan internasional memungkinkan terjadinya:
  1. Tukar-menukar barang dan jasa antar negara
  2. Kerja sama ekonomi antar negara di seluruh dunia.
  3. Pengaruh terhadap perkembangan ekspor dan impor serta Balance of Payment / Neraca Pembayaran Internasional (NPI) suatu negara
  4. Pertukaran dan perluasan penggunaan teknologi, sehingga dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi negara yang terlibat di dalamnya
  5. Pergerakan sumberdaya melalui batas negara, baik sumber daya manusia, sumber daya alam, maupun sumber daya modal

Manfaat Perdagangan Internasional

Perdagangan atau pertukaran hanya akan terjadi apabila paling tidak ada satu pihak yang memperoleh keuntungan/manfaat dan tidak ada pihak lain yang merasa dirugikan. Masing-masing pihak harus mempunyai kebebasan untuk menentukan untung rugi pergadangan tersebut dari sudut kepentingannya masing-masing, kemudian menentukan apakah mau melakukan perdagangan atau tidak.


Perdagangan timbul karena salah satu atau kedua belah pihak melihat adanya manfaat / keuntungan tambahan yang bisa diperoleh dari adanya perdagangan. Jadi faktor utama melakukan perdagangan internasional adalah adanya peluang diperolehnya manfaat dari perdagangan tersebut. Kegiatan perdagangan internasional juga dapat menjadi salah satu sumber pendapatan penting bagi negara-negara yang sedang berkembang dan memberikan banyak manfaat pada negara yang terlibat didalamnya.

Selain itu, manfaat perdagangan internasional juga turut mendukung kemajuan kegiatan industrialisasi, transportasi dan perkembangan teknologi di sebuah negara. Secara garis besar manfaat perdagangan internasional bagi sebuah negara adalah sebagai berikut.
  1. Memperoleh sejumlah barang yang dibutuhkan.
  2. Mempercepat pertumbuhan dan pembangunan ekonomi.
  3. Melaksanakan kegiatan ekspor dan impor.
  4. Memperluas pasar dalam meningkatkan ekspor negara
  5. Menambah devisa negara dari hasil ekspor.
  6. Mendapatkan harga yang lebih murah daripada barang tersebut diproduksi sendiri.
  7. Menstabilkan harga barang, dengan melakukan impor guna memastikan ketersediaan barang
  8. Meningkatkan pendapatan nasional (Pendapatan Nasional Bruto).
  9. Menjalin hubungan antar negara menjadi lebih harmonis
  10. Melakukan alih teknologi dari negara lain.

ilustrasi Perdagangan Internasional
ilustrasi Perdagangan Internasional

Faktor-Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

Tidak hanya individu yang saling melakukan interaksi, setiap negara juga melakukan sebuah interaksi. Dan salah satu bentuk interaksi antar negara adalah kerja sama dalam hal perdagangan internasional. Terjadinya interaksi antar negara dalam bentuk Perdagangan Internasional disebabkan karena setiap negara tidak dapat memenuhi kebutuhan negaranya sendiri, entah itu disebabkan faktor SDM, SDA, modal maupun teknologi, sehingga setiap negara harus menjalin perdagangan internasional dengan negara lain. Sebenarnya ada banyak hal yang menjadi fakor pendorong terjadinya perdagangan internasional, diantaranya sebagai berikut:

1. Perbedaan Sumber Alam
Setiap negara memiliki kekayaan alam yang berbeda, sehingga hasil pengolahan alam yang dinikmati juga berbeda. Oleh karena sumber kekayaan alam yang dimiliki sebuah negara sangat terbatas, sehingga dibutuhkan perdagangan internasional untuk melengkapi kebutuhannya.

2. Perbedaan Faktor Produksi
Selain faktor sumber daya alam, sebuah negara memiliki perbedaan ketrampilian tenaga kerja (SDM), besarnya modal yang dimiliki, dan perbedaan kreatifitas para pengusaha. Oleh sebab itu, produk yang dihasilkan oleh sebuah negara juga mengalami perbedaan, sehingga diperlukan adanya perdagangan untuk melengkapi kebutuhan tiap negara.

3. Kondisi Ekonomis yang Berbeda
Karena adanya perbedaan faktor produksi sehingga turut menyebabkan perbedaan biaya produksi yang dikeluarkan untuk membuat suatu barang, maka bisa jadi produksi sebuah barang di sebuah Negara memerlukan biaya yang lebih tinggi. Sehingga negara tersebut lebih memilih mengimpor barang dari luar negeri karena biaya yang lebih murah.


4. Tidak Semua Negara Dapat Memproduksi Sebuah Barang
Karena keterbatasan dari sebuah negara, baik dari segi sumber daya manusia maupun sumber daya alamnya, maka tidak semua barang yang diperlukan oleh sebuah negara dapat diproduksi sendiri, oleh karena itulah diperlukan perdagangan internasional untuk memenuhi kebutuhan tiap negara.

5. Adanya kelebihan produk dalam negeri
Adanya kelebihan produksi atau surplus produksi dalam negeri sehingga tidak dapat dikonsumsi seluruhnya di dalam negeri dan perlu memjual produk tersebut ke luar negeri agar harga sebuah barang tidak menjadi sangat murah karena jumlah yang berlimpah.

6. Perbedaan Teknologi
Selain mempunyai sumber daya alam yang berbeda, setip negara juga mempunyai perbedaan kemampuan sumber daya manusianya (SDM). Perbedaan kemampuan SDM menyebabkan adanya perbedaan dalam penguasaan tekologi. Misalnya, Indonesia mengimpor pesawat terbang dari amerika serikat. Meskipun indonesia dapat memproduksi beberapa jenis pesawat namun untuk pesawat dengan spesifikasi tertentu indonesia tidak memiliki kemampuan (teknologi) untuk memproduksinya sehingga harus melakukan impor.

7. Keinginan melakukan kerjasama dengan negara lain
Perdagangan internasional dapat menjadi salah satu cara yang dilakukan untuk mempererat hubungan dengan negara lain sehingga kerjasama dalam berbagai bidang juga dapat tercipta

8. Penghematan Biaya Produksi
Perdagangan internasional dapat mendorong produksi dilakukan pada skala yang lebih besar. Karena pemasaran di dalam negeri saja tidak akan menyediakan pasar (konsumen) yang maksimal, karena itu perdagangan internasional dapa menyediakan pasar yang jauh lebih besar. Dengan adanya pasar yang lebih besar maka produksi barang dapat dilakukan dalam skala yang lebih besar, sehingga biaya produksi (fixed cost) dapat lebih hemat.


Sekian Artikel mengenai Pengertian, Manfaat dan Faktor Pendorong Perdagangan Internasional, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk menambah ilmu, mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah wawasan tentang manfaat perdagangan internasional, faktor pendorong perdagangan internasional, pengertian perdagangan internasional dan materi perdagangan internasional. Seandainya sobat menemukan kesalahan baik dari segi penulisan maupun penjelasan, mohon kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan dan kebaikan bersama. Akhir kata, Terimakasih atas kunjungannya.

Pengertian, Manfaat dan Faktor Pendorong Perdagangan Internasional
MARKIJAR : MARi KIta belaJAR

Baca Juga :

Suka dengan artikel kami ? Tidak ada salahnya untuk berlangganan artikel terbaru dari MARKIJAR.Com langsung via email mu :

0 Response to "Pengertian, Manfaat dan Faktor Pendorong Perdagangan Internasional"

Post a Comment