Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Fungsi Asli dan Fungsi Turunan Uang, Lengkap Contoh dan Penjelasan

Uang dalam ilmu ekonomi modern didefinisikan sebagai sesuatu yang tersedia dan secara umum diterima sebagai alat pembayaran bagi pembelian barang-barang dan jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya serta untuk pembayaran hutang. Sedangakan dalam ilmu ekonomi tradisional, uang didefinisikan sebagai setiap alat tukar yang dapat diterima secara umum. Alat tukar itu dapat berupa benda apapun yang dapat diterima oleh setiap orang di masyarakat dalam proses pertukaran barang dan jasa.

Jadi secara umum uang dapat diartikan sebagai suatu benda yang diterima oleh masyarakat untuk mengukur nilai, menukar, dan melakukan pembayaran atas pembelian barang atau jasa, serta dapat bertindak sebagai alat penimbun kekayaan.

Fungsi Uang

Secara umum, uang mempunyai fungsi sebagai perantara untuk pertukaran barang dengan barang, juga untuk menghindarkan perdagangan dengan cara barter dan sebagai alat penimbun kekayaan. Secara lebih detail, fungsi uang dapat dibagi menjadi 2 yaitu fungsi asli (fungsi primer) dan fungsi turunan (fungsi sekunder).

Fungsi Asli atau Fungsi Primer Uang

Fungsi asli uang adalah fungsi yang mula-mula melekat pada uang atau fungsi yang mengacu pada tujuan awal diciptakannya uang.

1. Sebagai alat tukar umum
Sebagai alat tukar umum (medium of exchange), yaitu uang berfungsi untuk mempermudah pertukaran atau sebagai alat untuk pertukaran dan mengatasi kesulitan dalam pertukaran secara natura (barter). Kesulitan-kesulitan pertukaran dengan cara barter dapat diatasi dengan uang sebagai alat tukar karena orang yang akan melakukan pertukaran tidak perlu menukarkan barang dengan barang, melainkan cukup memakai uang sebagai alat tukar.

2. Sebagai satuan hitung
Sebagai satuan hitung (unit of account), yaitu uang berfungsi untuk menentukan nilai / harga dari sebuah barang atau jasa yang diperjualbelikan, serta menghitung besar kecilnya pinjaman dan menunjukkan besarnya kekayaan. Contoh : total harga pembelian 3 buah buku dan 5 buah bolpen adalah Rp 15.000.

3. Sebagai penyimpan nilai
Sebagai penyimpan nilai (valuta), yaitu karena uang dapat digunakan untuk mengalihkan daya beli dari masa sekarang ke masa mendatang. Ketika seorang pedagang saat ini menerima sejumlah uang sebagai pembayaran atas barang atau jasa yang dijualnya, maka ia dapat menyimpan uang tersebut untuk digunakan membeli barang atau jasa pada masa yang akan datang.
10 Fungsi Asli dan Fungsi Turunan Uang, Lengkap Contoh dan Penjelasan
10 Fungsi Asli dan Fungsi Turunan Uang, Lengkap Contoh dan Penjelasan

Fungsi Turunan atau Fungsi Sekunder Uang

Dengan adanya fungsi asli uang, muncullah fungsi-fungsi lain yang disebut fungsi turunan. fungsi turunan uanga dapat diartikan sebagai fungsi yang muncul selain fungsi dari tujuan awal diciptakannya uang. Adapun fungsi turunan uang adalah sebagai berikut.

4. Sebagai alat pembayaran
Sebagai alat pembayaran (means of payment), Guna mempermudah dalam mendapatkan barang dan jasa yang diperlukan, manusia memerlukan alat pembayaran yang dapat diterima semua orang, yaitu uang. Fungsi uang sebagai alat pembayaran karena uang berfungsi untuk melakukan berbagai macam pembayaran misalnya membayar tagihan listrik dan telepon, pembayaran pajak, iuran, dan sebagainya.

5. Penimbun kekayaan
Uang sebagai penimbun kekayaan (store value) artinya dengan uang seseorang dapat menimbun kekayaan dengan cara membeli tanah, perhiasan dan rumah. Dengan uang seseorang juga akan lebih mudah menukarkan suatu barang dengan barang lain yang ia kehendaki dimasa yang akan datang.

6. Uang sebagai alat pemindah kekayaan
Seseorang yang akan pindah dari sebuah tempat ke tempat lain, bisa memindahkan kekayaannya yang berupa tanah atau bangunan rumah ke dalam bentuk uang dengan cara menjualnya. Di tempat yang baru dia bisa membeli tanah atau rumah yang baru dengan menggunakan uang hasil penjualan tanah dan rumah yang lama.


7. Standar pembayaran utang
Sebagai pembayaran utang (standard of deferred payment), uang berfungsi untuk melakukan dan menentukan pembayaran kewajiban atau digunakan untuk standar pembayaran utang, hal tersebut karena uang dapat digunakan untuk mengukur / dijadikan standar pembayaran utang pada masa yang akan datang.

8. alat pembentukan dan pemindahan modal
Sebagai alat pembentukan modal dan pemindahan modal (transfer of value), yaitu uang berfungsi untuk menambah, memperbesar dan memindahkan modal usaha, baik nantinya dipergunakan sendiri maupun dipinjamkan kepada orang lain yang membutuhkan modal tersebut.


9. Uang sebagai alat pendorong kegiatan ekonomi
Apabila nilai uang stabil orang lebih bergairah dalam melakukan investasi. Dengan adanya kegiatan investasi, kegiatan ekonomi akan semakin naik.

10. Penunjuk harga
Dalam perdagangan barang dan jasa, uang juga ditetapkan sebagai penunjuk harga untuk satuan barang atau jasa. Contoh : harga 1 buah bolpen adalah Rp 1.500.


Sekian Artikel mengenai 10 Fungsi Asli dan Fungsi Turunan Uang, Lengkap Contoh dan Penjelasan, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk menambah ilmu, mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah wawasan tentang fungsi uang, fungsi asli uang dan fungsi turunan uang. Seandainya sobat menemukan kesalahan baik dari segi penjelasan maupun penulisan, mohon kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan dan kebaikan bersama. Akhir kata, Terimakasih atas kunjungannya.

10 Fungsi Asli dan Fungsi Turunan Uang, Lengkap Contoh dan Penjelasan
MARKIJAR : MARi KIta belaJAR

2 komentar untuk "10 Fungsi Asli dan Fungsi Turunan Uang, Lengkap Contoh dan Penjelasan"

  1. Terimakasih. Artikelnya sangat bagus & terkini. Menambah wawasan. Semoga menjadi ilmu bermanfaat.

    BalasHapus