17 Enzim Pencernaan, Macam dan Fungsinya

Enzim Pencernaan - Hai sobat semua, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Enzim Pencernaan pada manusia beserta macam dan fungsinya. Seperti yang kita ketahui kalau pengertian enzim adalah bimolekul yang mempunyai peran dalam melakukan berbagai reaksi kimia yang terjadi didalam tubuh. Reaksi kimia yang dimaksud adalah pertumbuhan, pernafasan, pencernaan dan lainnya. Karena secara umum Fungsi Enzim adalah sebagai katalis (senyawa yang mempersingkat proses reaksi tanpa habis bereaksi) pada sebuah reaksi kimia organik. Nah yang akan kita bahas kali ini yaitu enzim yang berperan dalam proses pencernaan tubuh kita.
17 Enzim Pencernaan, Macam dan Fungsinya
17 Enzim Pencernaan, Macam dan Fungsinya

Seperti namanya, Enzim Pencernaan membantu dalam proses pencernaan yang dimulai dari mulut - lambung - usus (usus halus) - pankreas - dan hati. Untuk hati, Organ ini memiliki Empedu yang menghasilkan cairan dengan nama cairan empedu yang berfungsi untuk mengemulsikan lemak, cairan tersebut memiliki peran cukup besar dalam proses pencernaan di tubuh kita, namun kita tidak memasukkan cairan tersebut kedalam kategori enzim sehingga kita tidak menganggap hati sebagai organ yang menghasilkan enzim. Baiklah langsung saja kita lihat nama-nama enzim pada sitem pencernaan dan fungsinya yang kita kelompokkan berdasarkan organ yang menghasilkan enzim tersebut.

17 Enzim Pencernaan, Macam dan Fungsinya

Macam Enzim pada Mulut

Nah organ pertama yang kita gunakan untuk mencerna makanan adalah mulut. Banyak yang mengira kalau mulut hanyalah untuk menghaluskan atau melunakkan makanan yang kita makan agar mudah untuk ditelan, namun ternyata organ mulut juga menghasilkan sebuah enzim yang dihasilkan oleh kelenjar ludah yang bernama Enzim Amilase.

1. Enzim Ptialin / Enzim Amilase
Enzim Amilase atau Ptialin memiliki fungsi untuk mengubah pati / amilum / zat tepung menjadi maltosa. Peristiwa perombakan oleh ptialin tersebut terjadi pada pati atau zat tepung yang terkandung di dalam bahan makanan, seperti kentang atau nasi. Untuk membuktikannya sobat dapat mencoba untuk memakan nasi dan mengunyahnya agak lama (sekitar 3 menit) dan rasakan apa yang terjadi, nasi yang sobat kunyah akan terasa manis. Hal tersebut karena peran enzim ptialin / amilase ini.

Macam Enzim pada Lambung

Organ selanjutnya yaitu Lambung. Didalam lambung terdapat 4 macam enzim yang dapat menimbulkan reaksi kimia, berikut adalah 4 enzim-enzim yang berada di lambung : Asam Klorida / Asam Lambung (HCL), Enzim Renin, Enzim Pepsin dan Enzim Lipase Gastrik. Sekarang kita akan membahasnya satu persatu.

2. Asam Lambung (HCl)
Asam Lambung (HCl), adalah zat kimia yang berfungsi untuk membunuh bakteri yang masuk bersamaan dengan makanan yang kita makan. Selain itu, Asam Lambung juga membantu kerja enzim pepsin dalam mengubah protein.

3. Enzim Pepsin
Enzim Pepsin, adalah enzim yang berfungsi untuk mengubah protein menjadi pepton, polipeptida dan proteosa.


4. Enzim Lipase Gastrik
Enzim Lipase Gastrik, adalah enzim yang berfungsi untuk mengubah trigliserida menjadi asam lemak

5. Enzim Renin
Enzim Renin, adalah enzim yang mempunyai fungsi mengubah kaseinogen menjadi kasein.

Macam Enzim pada Pankreas

Organ berikutnya yaitu Pankreas, organ ini terletak pada kuadran kiri atas abdomen atau perut dan bagian kepalanya / kaput menempel pada organ duodenum. Pankreas menghasilkan 4 macam enzim. Berikut macam-macam enzim yang dihasilkan pankreas beserta fungsinya:

6. Enzim amilase
Enzim amilase pankreas, adalah enzim yang memiliki fungsi untuk mengubah amilum menjadi disakarida.

7. Enzim lipase pankreas
Enzim lipase pankreas / Lipase Steapsin adalah enzim yang memiliki fungsi untuk mengemulsikan lemak menjadi asam lemak dan gliserol.


8. Enzim Tripsin
Enzim Tripsin, adalah enzim yang memiliki fungsi untuk mengubah protein menjadi polipeptida.

9. Enzim karbohidrase pankreas
Enzim karbohidrase pankreas, adalah enzim yang memiliki fungsi untuk mencerna amilum menjadi maltosa (memecah gula dalam makanan).

Macam Enzim pada Usus

Organ berikutnya yaitu Usus, Usus adalah bagian dari sistem pencernaan yang bermula dari lambung hingga anus, Didalam usus (usus halus) terdapat 8 enzim yang memiliki peran berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya, berikut macam-macam enzim pada usus halus beserta fungsinya:

10. Enzim Paptidase
Enzim Paptidase, adalah enzim yang berfungsi untuk menrubah polipeptida menjadi asam amino

11. Enzim Sukrase
Enzim Sukrase, adalah enzim yang berperan dalam mengubah Sukrosa menjadi Glukosa dan Fruktosa

12. Enzim Maltase
Enzim maltase, adalah enzim yang berfungsi untuk menrubah maltosa menjadi glukosa.

13. Enzim Laktase
Enzim laktase, adalah enzim yang berfungsi untuk mengubah laktosa menjadi Galaktosa dan Glukosa.

14. Enzim Enterokinase
Enzim Enterokinase (enzim khusus), adalah enzim yang memiliki fungsi untuk mengubah Tripsinogen menjadi Tripsin yang digunakan dalam saluran pankreas


15. Enzim Lipase
Enzim Lipase Usus, adalah enzim yang berfungsi untuk mengubah Lemak menjadi Gliserol dan asam lemak.

16. Enzim Disakarase
Enzim Disakarase, adalah enzim yang berfungsi untuk mengubah disakarida menjadi monosakarida

17. Enzim Erepsin
Enzim Erepsin / dipeptidase, adalah enzim yang berfungsi untuk menrubah pepton atau dipeptida menjadi asam amino


Sekian Artikel mengenai 17 Enzim Pencernaan, Macam dan Fungsinya, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk menambah ilmu, mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah wawasan tentang fungsi enzim pencernaan, mengapa pencernaan memerlukan enzim, macam macam enzim pencernaan dan enzim pencernaan dan fungsinya. Seandainya sobat menemukan kesalahan baik dari segi penjelasan maupun penulisan, mohon kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan dan kebaikan bersama. Akhir kata, Terimakasih atas kunjungannya.


17 Enzim Pencernaan, Macam dan Fungsinya
MARKIJAR : MARi KIta belaJAR


Suka dengan artikel kami ? Tidak ada salahnya untuk berlangganan artikel terbaru dari MARKIJAR.Com langsung via email mu :

0 Response to "17 Enzim Pencernaan, Macam dan Fungsinya"

Post a Comment