Pengertian Asas Praduga Tak Bersalah

Apa Ya ?? Pengertian Asas Praduga Tak Bersalah Itu ?? akhir-akhir ini kita sering mendengar kata "Asa Praduga Tak Bersalah" namun Banyak di antara kita kurang memahami Apa itu Pengertian Asas Praduga Tak Bersalah, untuk itu pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai Asas Praduga Tak Bersalah.

Presumption of Innocence (Praduga Tak Bersalah) merupakan asas di mana seseorang dinyatakan tidak bersalah hingga pengadilan menyatakan bersalah. Asas ini sangat penting pada demokrasi modern dengan banyak negara memasukannya kedalam konstitusinya.

 Asas Praduga Tak Bersalah

Asas praduga tak bersalah diatur dalam Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) dan Undang-Undang No. 48 Tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman (UU Kekuasaan Kehakiman).

Pada UU Kehakiman, asas praduga tak bersalah tertuang pada Pasal 8 ayat (1), yaitu:

"Setiap orang yang disangka, ditangkap, ditahan, dituntut, atau dihadapkan di depan pengadilan wajib dianggap tidak bersalah sebelum ada putusan pengadilan yang menyatakan kesalahannya dan telah memperoleh kekuatan hukum tetap."

Sedangkan Pada KUHAP, asas praduga tak bersalah dijelaskan dalam Penjelasan Umum KUHAP butir ke 3 huruf C yang berbunyi:

"Setiap orang yang disangka, ditangkap, ditahan, dituntut dan atau dihadapkan di muka sidang pengadilan, wajib dianggap tidak bersalah sampai adanya putusan pengadilan yang menyatakan kesalahannya dan memperoleh kekuatan hukum tetap."

Praduga Tak Bersalah adalah prinsip di mana seseorang harus diduga tidak bersalah sampai pengadilan menyatakan bersalah. Prinsip ini sangat penting dalam demokrasi modern.

Berdasarkan penjelasan sebelumnya, liputan pers bisa dikatakan melanggar asas praduga tidak bersalah jika harus menilai seseorang telah terlibat atau bersalah melakukan tindak pidana, meskipun belum dibuktikan melalui putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap .

Kesimpulan dari Asas Praduga Tak Bersalah adalah kita harus menduga seseorang tidak bersalah sampai pengadilan menyatakan bersalah. Sekian artikel tentang Pengertian Asas Praduga Tak Bersalah, semoga dapat bermanfaat bagi anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Asas Praduga Tak Bersalah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel