10 Bagian Bagian Bunga dan Fungsinya (Lengkap)

Bagian Bagian Bunga beserta Fungsinya - Bunga adalah organ pada tumbuhan yang memunyai kegunaan sebagai tempat berlangsungnya perkembangbiakan generatif melalui proses pembuahan serta penyerbukan. Bunga sejatinya ialah modifikasi tunas daun atau tunas batang dimana bentuk, warna, dan susunannya di sesuaikan atas kepentingan tumbuhan tersebut.

Bunga (Flos) juga merupakan salah satu tumbuhan yang banyak disukai oleh kaum hawa. Bunga memiliki warna yang beraneka dan menambah keindahan serta lambang dari keromantisan. Nah, untuk lebih mengenal tentang bunga, mari kita pelajari apa saja yang ada di bunga itu? karena bunga memiliki bagian-bagiannya tersendiri serta memiliki fungsi yang berbeda.

Dari keanekaragaman bagian-bagian tersebut, bunga dapat memancarkan keelokan dan keindahan nya. Untuk lebih jelasnya, berikut akan kita bahas lebih dalam bagian bagian bunga beserta fungsinya.
Bagian Bagian Bunga dan Fungsinya, Bagian Bunga, Fungsi Bunga
Bagian Bunga beserta Fungsinya

Bagian Bagian Bunga serta Fungsinya

Pada umumnya bagian bunga sempurna dibagi menjadi 2, yaitu bagian Fertil dan bagian Steril. Apakah itu bagian Fertil dan bagian steril ? kedua bagian tersebut akan kita bahas sebentar lagi, untuk saat ini kita akan bahas terlebih dahulu bagian-bagian bunga dan fungsinya, berikut pembahasannya:

1. Ibu tangkai bunga atau tangkai induk (pedunculus)
Tangkai bunga (bahasa latin: Rachis Pedunculus) adalah bagian awal dari sebuah bunga. Pedunculus (tangkai induk) bunga merupakan cabang kelanjutan dari sebuah ranting atau batang pohon / tanaman untuk menuju bunga.

2. Tangkai bunga (pedicellus)
Pedicellus adalah bagian yang sering kita jumpai, seperti yang kita ketahui tangkai bunga merupakan bagian bunga yang berada pada bagian bawah. Pedisellus (Tangkai bunga) inilah yang kerap kita jadikan sebagai bagian bunga yang kita petik dari pohonnya. Sehingga tangkai bunga berfungsi sebagai penopang dan penghubung antara tangkai dan juga ranting.


3. Dasar Bunga (receptacle)
receptacle addalah bagian bunga yang menjadi bagian dari ujung tangkai bunga, receptacle  ini berguna sebagai tempat melekatnya mahkota bunga.

4. Daun tangkai bunga (brachteola)
Brachteola adalah bagian bunga berupa daun yang yang berfungsi sebagai daun pelindung. Daun tangkai bunga (Brachteola) ini tampak di luar bungan dan bisa terlihat. Daun ini berada pada bagian pangkal dari tangkai bunga.

5. Daun pelindung (brachtea)
Bagian pelingdung bunga (Brachtea), bagian ini berbeda dengan kelopak bunga, karena Brachtea ialah daun terakhir yang menjadi tempat tumbuhnya bunga. Jadi, pada bagian ketiak daun ini, sang bunga berkembang serta tumbuh.


6. Mahkota bunga (Corolla)
Corolla merupakan salah satu bagian bunga yang seringkali direpresentasikan sebagai bunga itu sendiri. karena mahkota bunga merupakan bagian paling luar dari sebua struktur keseluruhan bunga, yang biasanya memiliki warna yang cerah dan juga menarik. Mahkota bunga juga memilki susunan dan juga bentuk yang berbeda pada setiap bunga, sehingga sering djadikan indikator utama dari keindahan dankecantikan dari sebuah bunga

7. Daun buah (carpell)
Carpell merupakan bagian fertil berupa ovalum (bakal biji) berkelompok membentuk putik (pistill).

8. Daun mahkota (petal)
Petal merupakan perhiasan bunga warnanya mencolok, berkelompok, serta membentuk corolla (mahkota bunga).

9. Kelopak bunga (sepal)
Sepal (kelopak Bunga) adalah bagian bunga yang berupa kuncup saat bunga belum mekar. kelopak bunga berfungsi membantu menjaga bunga yang belum mekar. Saat bunga sudah sedikit mekar, maka kelopak bunga akan ikut membuka, serta membiarkan bunga tersebut mekar. saat bunga sudah mekar degan sempurna, kelopak bunga akan membentuk seperti bagian dasar sebuah bunga.


10. Benang sari (stamen)
Benang Sari adalah bagian yang sering disebut sebagai alat kelamin jantan sebuah bunga. Stamen berfungsi untuk membantu proses reproduksi dan juga perkembang biakan di sebuah bunga, yang nantinya dapat menumbuhkan tanaman baru. Stamen (Benang sari) terdiri dari 3 bagian utama. yaitu Tangkai sari (filament), Serbuk sari (polen), Kepala sari (antheral).

Bagian Fetil

Bagian fertil merupakan bagian bunga yang secara langsung berpengaruh terhadap terjadinya proses penyerbukan dan pembuahan pada bunga itu sendiri. terdapat dua Bagian bunga fertil yaitu kepala putik (pistillum) serta benang sari (Stamen).

Bagian Steril

Bagian steril merupakan bagian bunga yang hanya berfungsi sebagai perhiasan dan kelengkapan bunga itu sendiri. Ia tidak secara langsung mempengaruhi terjadinya proses penyerbukan dan pembuahan. Bagian bagian bunga steril misalnya ibu tangkai bunga (pedunculus), daun tangkai (brachteola), dasar bunga (receptacle), daun pelindung (brachtea), daun mahkota (petal), tangkai bunga (pedicellus) dan daun kelopak (sepal),.


Nah tentu saja, bunga memiliki banyak kontribusi dan juga fungsi yang sangat bermanfaat bagi eluruh makhluk hidup, layaknya manusia dan hewan, oleh karenanya harus kita jaga dengan baik keanekaragaman hayati yang ada di bumi kita ini.

Sekian penjelasan tentang bagian-bagian bunga beserta fungsinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda, baik itu untuk memahami Bagian Bagian Bunga, Fungsi Bagian Bunga, Manfaat Bunga, Jenis Bunga maupun Fungsi Bunga.

Suka dengan artikel kami ? Tidak ada salahnya untuk berlangganan artikel terbaru dari MARKIJAR.Com langsung via email mu :

0 Response to "10 Bagian Bagian Bunga dan Fungsinya (Lengkap)"

Post a Comment