Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Ciri Ciri Orang Hamil (Akurat)

Ciri Ciri Hamil - Kehamilan mrupakan suatu periode dimana seorang wanita membawa embrio di dalam rahimnya. Bagi pasangan suami-istri yang sudah menikah, kehamilan merupakan saat yang ditunggu-tunggu. Begitu ditunggu, sehingga tidak mau ketinggalan momen ini sehhingga pada akhirnya mencari tahu informasi seperti apa ciri dan tanda awal orang hamil itu? Seperti apa sih ciri wanita hamil muda itu?

Bagi Ibu-ibu yang sudah pernah melahirkan, mungkin sudah bisa mengenali ciri dan gejala awal kehamilan seperti terlambat datang bulan atau mengalami mual-mual. Namun bagi pasangan muda yang baru saja menikah tanda tanda kehamilan yang pasti serta ciri-ciri yang lengkap yang melibatkan hal-hal kecil mungkin saja belum diketahui, ciri wanita hamil seperti terlambat menstruasi dan mengalami mual-mual bisa jadi bukan berarti anda hamil. Bisa saja anda terlambat menstruasi karena siklus menstrusasi ada memang sedang ada gangguan atau bisa saja anda mengalami mual-mual karena anda sedang masuk angin.
ciri hamil, ciri orang hamil, ciri wanita hamil, ciri ciri hamil, tanda hamil, tanda tanda hamil
ciri hamil

Untuk menambah wawasan dan menjawab rasa penasaran Anda mengenai ciri ciri hamil, berikut ini kami berikan 20 ciri awal orang hamil yang sering terjadi pada wanita hamil muda.

Ciri Hamil Ke 1. Payudara bengkak dan lembut
Kesemutan atau rasa nyeri di payudara merupakan salah satu gejala kehamilan yang paling umum. Di masa pertama kehamilan, payudara akan mengisi dan berubah bentuk disebabkan karena mempersiapkan diri untuk menghasilkan Air Susu Ibu. Payudara pun dapat berubah sangat sensitif dan lembut selama beberapa bulan. Selain payudara yang membengkak, salah satu tanda lainnya adalah pada area aerola warnanya menjadi lebih gelap. Namun perlu diketahui, menurut Teresa Pitman (ahli laktasi), tidak semua orang hamil mengalami perubahan Payudara bengkak dan lembut, terutama jika mereka sudah menggunakan pil KB.

Ciri Hamil Ke 2. Gejala PMS
Anda merasakan gejala PMS yang sama seperti yang Anda rasakan setiap bulan. sakit pinggang, Perut kembung, nyeri pada payudara, bahkan nafsu makan yang meningkat. Tapi belum haid juga ?, apabila anda mengalami hal tersebut, besar kemungkinan anda sedang Hamil.


Ciri Hamil Ke 3. Sering Buang Air Kecil
Saat hamil, janin yang berada di rahim akan menekan k4ndung kemih sehingga Kandung kemih lebih cepat dipenuhi urine dan mengakibatkan frekuensi buang air kecil meningkat

Ciri Hamil Ke 4. Perubahan Bentuk tubuh
Bukan hanya perut yang membesar ketika seorang wanita mengalami kehamilan. Namun beberapa daerah lain seperti paha, dada, bokong dan lengan biasanya mengalami pembengkakan.

Ciri Hamil Ke 5. Mual (Morning Sickness)
Mual merupakan gejala kehamilan yang paling sering terjadi. Rasa mual erjadi karena peningkatan hormon Human Chorionic Gonadotrophin (HCG). Peningkatan hormon ini menyebabkan efek pedih pada lapisan perut sehingga menyebabkan rasa mual. Sering kali rasa mual ini akan hilang seiring Anda memasuki trimester ke 2 kehamilan.

Ciri Hamil Ke 6. Perubahan Mood
Perempuan hamil memiliki mood yang mudah berubah. Bisa saja di satu waktu Anda merasa sangat bahagia, namun beberapa saat kemudian Anda jadi marah karena hal sepele. Mood berubah karena terjadinya perubahan hormon secara drastis di tubuh Anda. Kalau Anda belakangan mengalami hal tersebut, itu terjadi akibat tubuh sedang menyesuaikan diri dengan kehadiran hormon baru.

Ciri Hamil Ke 7. Indra Penciuman Lebih Sensitif
Banyak wanita yang merasakan indra penciumannya lebih sensitif pada bau tertentu di masa awal kehamilan. Sejumlah peneliti beranggapan, gejala ini terjadi agar ibu hamil tidak mudah mengkonsumsi sembarang makanan sehingga melindungi bayi di kandungan dari racun yang berbahaya.

Ciri Hamil Ke 8. Mudah Lelah
Di awal kehamilan, Anda akan merasa mudah lelah. Rasanya Anda ingin bermalas-malasan saja di tempat tidur. Hal ini terjadi karena tubuh sedang menyesuaikan diri dengan adanya makhluk baru. Peningkatna hormon progesteron juga sering dihubungkan dengan tanda ini. Selain itu Anda bisa jadi mudah lelah karena tekanan darah atau menurunnya kadar gula darah.

Ciri Hamil Ke 9. Nafas Pendek
Berbagai kegiatan yang senantiasa Anda lakukan terasa lebih berat. Anda mudah terengah-engah walaupun hanya melakukan olah raga ringan jalan kaki yang secara rutin sudah Anda lakukan selama ini. Nafas pendek yang Anda alami kemungkinan merupakan sebuah tanda kehamilan, dimana janin yang sedang tumbuh memerlukan oksigen sehingga jatah oksigen Anda akan semakin berkurang.

Ciri Hamil Ke 10. Kram Perut
Apakah kram perut yang diderita akibat PMS atau kehamilan? Agak sulit dipastikan, tetapi gejala kram perut juga bisa jadi pertanda rahim melebar untuk menyiapkan tempat bagi pertumbuhan bayi.

Ciri Hamil Ke 11. Sembelit
Peningkatan hormon progesterone mengakibatkan terjadinya Sembelit. Hormon ini selain mengendurkan otot-otot rahim, juga berakibat pada mengendurnya otot dinding usus sehingga menyebabkan susah buang air besar (sembelit). Namun efek positif dari keadaan ini adalah memungkinkan peyerapan nutrisi yang lebih maksimal saat hamil.

Ciri Hamil Ke 12. Munculnya bercak darah atau flek
Bercak darah ini muncul sebelum menstruasi yang akan datang, biasanya terjadi +- 9 hari setelah terjadinya kehamilan. Bercak darah disebabkan oleh menempelnya embrio pada dinding rahim (implantasi). peristiwa ini (Munculnya bercak darah pada saat kehamilan) seringkali disalah tarsirkan sebagai menstruasi.

Ciri Hamil Ke 13. Sakit punggung
Meskipun sebelumnya anda tidak punya masalah dengan sakit punggung. Namun kini, punggung bagian bawah terasa nyeri. Jika Anda benar sedang hamil, gangguan ini akan menetap sampai anda melahirkan.

Ciri Hamil Ke 14. Terlambat Haid
Salah satu tanda kehamilan yang paling jelas ialah terlambat datang bulan. Namun tidak semua keterlambatan tersebut bisa diartikan anda sedang hamil. Anda bisa saja telat haid karena diet, stres, maupun gangguan hormonal.

Ciri Hamil Ke 15. Sering meludah (hipersalivasi)
Pengaruh perubahan hormon estrogen merupakan penyebab Tanda kehamilan ini terjadi, biasanya terjadi pada kehamilan trimester 1. Kondisi ini biasanya menghilang setelah kehamilan memasuki trimester ke 2.
ciri hamil, ciri orang hamil, ciri wanita hamil, ciri ciri hamil, tanda hamil, tanda tanda hamil
tanda hamil

Ciri Hamil Ke 16. Penciuman berubah
Banyak wanita hamil yang merasakan bau logam di mulutnya, ada juga yang menjadi mual jika mencium aroma teh, kopi dan makanan yang biasanya mereka sukai.

Ciri Hamil Ke 17. Naiknya temperatur basal tubuh
Jika terjadi ovulasi (kehamilan), maka suhu basal tubuh ibu akan naik. Kondisi seperti ini akan terjadi biasanya selama terjadinya kehamilan.


Ciri Hamil Ke 18. Mengidam makanan
Ini merupakan ciri paling klasik dan paling mudah ditebak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 90% wanita hamil mengidamkan makanan aneh di bulan pertama kehamilan mereka. Penyebab wanita hamil mengidam makanan adalah karena adanya perubahan hormon di dalam tubuhnya. Tapi meski demikian mengidam bukanlah tanda kehamilan yang pasti kecuali jika tanda tersebut diikuti oleh ciri-ciri lannya seperti yang ada di daftar ini.

Ciri Hamil Ke 19. Pusing dan sakit kepala (Headaches)
Gangguan pusing atau sakit kepala yang sering dirasakan oleh ibu hamil diakibatkan oleh faktor fisik: mual, rasa lelah, tekanan darah rendah atau lapar. Sedangkan penyebab emosional yaitu adanya perasaan depresi dan tegang.

Ciri Hamil Ke 20. Positif tes kehamilan
Sudah melakuakan uji test pack dan Hasilnya menunjukkan tanda positif ? apabila anda mengalami hal tersebut, besar kemungkinan anda sedang Hamil, Namun untuk lebih jelasnya anda harus memeriksakan terlebih dahulu ke dokter, disana Anda baru bisa memperoleh jawaban yang akurat, setelah pergi ke dokter dan melakukan pemeriksaan Ultrasonography (USG).


Ke 20 ciri ciri hamil tersebut kadang terjadi secara bersamaan atau semua terjadi, namun ada juga wanita hamil yang melewatkan 1 atau 2 ciri ciri hamil diatas. Hal ter penting sebagai ciri - ciri orang hamil 1 minggu adalah pada poin terlambatnya menstruasi. Karena hal tersebut merupakan tanda kehamilan awal yang sangat jarang terlewatkan oleh orang yang hamil 1 minggu. Namun karena tidak semua orang hamil akan mengalami hal tersebut. Untuk memastik4nnya, periksakan segera ke bidan atau dokter kandungan Anda.

Sekian Artikel tengtang 20 Ciri Ciri Orang Hamil, semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi anda baik untuk bahan pertimbangan untuk memastikan anda hamil atau hanya sekedar untuk menambah wawasan dan pengetahuan anda tentang ciri orang hamil / ciri wanita hamil muda.

20 Ciri Ciri Orang Hamil
MARKIJAR: MARi KIta belaJAR

Posting Komentar untuk "20 Ciri Ciri Orang Hamil (Akurat)"