Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14 Pengertian Dan Fungsi Sistem Informasi Menurut Para Ahli (Lengkap)

Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli - Sistem Informasi (SI) merupakan kombinasi dari teknologi informasi serta aktivitas orang yang menggunakan teknologi guna mendukung manajemen serta operasi. Dalam arti yang lebih luas, sistem informasi sering digunakan untuk merujuk kepada interaksi antara orang, data, proses algoritmik serta teknologi. Pada pengertian tersebut, istilah Sistem Informasi digunakan tidak hanya merujuk pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi, tapi juga pada langkah dmana orang berinteraksi dengan teknologi Sistem Informasi dalam mendukung proses bisnis.
pengertian sistem informasi
Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli

14 Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli

1. Pengertian Sistem Informasi Menurut Erwan Arbie
Sistem informasi merupakan suatu sistem dalam sebuah organisasi yang mempertemukan kbutuhan pengolahan transaksi harian, dukungan operasi dan bantuan, yang bersifat manajerial dari suatu organisasi dan membantu memfasilitasi penyediaan informasi yang diperlukan.

2. Pengertian Sistem Informasi Menurut Mc Leod
Sistem informasi merupakan suatu sistem yang memiliki kemampuan untuk mengumpulkan informasi dari semua sumber dan menggunakan berbagai media untuk menampilkan informasi
3. Pengertian Sistem Informasi Alter
Sistem informasi merupakan tipe khusus dari sistem kerja dimana manusia atau mesin melakukan pekerjaan dengan mamakai sumber daya untuk memproduksi produk tertentu atau jasa bagi pelanggan.

4. Pengertian Sistem Informasi Menurut John F. Nash (1995: 8)
Sistem Informasi merupakan kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, prosedur, media dan pengendalian yang ditujukan untuk mengatur jaringan komunikasi yang penting, proses transaksi tertentu yang bersifat rutin, membantu manajemen pemakai ekstern dan intern serta menyediakan dasar untuk pengambilan keputusan yang tepat.

5. Pengertian Sistem Informasi Menurut Tafri D. Muhyuzir
Sistem informasi merupakan data yang dikumpulkan, diklasifikasikan dan diolah sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah informasi entitas terkait tunggal yang mendukung satu sama lain sehingga menjadi informasi berharga bagi mereka yang menerimanya.

6. Pengertian Sistem Informasi Menurut Lani Sidharta
Sistem informasi merupakan sistem buatan manusia yang berisi himpunan terintegrasi dari komponen - komponen manual serta komponen - komponen terkomputerisasi yang bertujuan untuk memproses data, mengumpulkan data,  dan menghasilkan informasi untuk pemakai

7. Pengertian Sistem Informasi Menurut Leitch Rosses
Sistem informasi merupakan suatu sistem di dalam sebuah organisasi yang mempertemukan kbutuhan pengolahan transaksi harian, bersifat manajerial, mendukung operasi dan kegiatan strategi dari sebuah organisasi serta menyediakan pihak luar tertentu dengan informasi-informasi yang diperlukan

8. Pengertian Sistem Informasi Menurut Kertahadi (2007)
Sistem informasi merupakan alat untuk menyajikan informasi sedemikian rupa sehingga bermanfaat bagi penerimanya. Tujuannya untuk memberikan informasi dalam perencanaan, pengorganisasian, serta operasional sebuah perusahaan yang melayani sinergi organisasi dalam proses mengendalikan pengambilan keputusan.

9. Pengertian Sistem Informasi Henry Lucas
Sistem informasi merupakan suatu kegiatan dari prosedur-prosedur yang diorganisasikan, apabila dieksekusi akan menyediakan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan pengendalian (kontrol) sistem.
10. Pengertian Sistem Informasi Menurut O’Brien
Sistem informasi merupakan suatu kombinasi terartur apapun dari people (orang), hardware (perangkat keras), software (piranti lunak), computer networks and data communications (jaringan komunikasi), dan database (basis data) yang mengumpulkan, mengubah dan menyebarkan informasi di dalam suatu bentuk organisasi. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar 2.1 tentang komponen sistem informasi.

pengertian sistem informasi, pengertian sistem, sistem informasi adalah
Pengertian Sistem Informasi

11. Pengertian Sistem Informasi Azhar Susanto
Sistem informasi merupakan kumpulandari sub-sub sistem baik non phisik atau phisik yang saling terhubung satu dengan yang lain dan bekerja sama secara harmonis untuk mencapai sebuah tujuan yaitu mengolah data menjadi informasi yang berguna.

12. Pengertian Sistem Informasi Menurut Gordon B. Davis (1991: 91)
Sistem informasi merupakan suatu sistem yang menerima input data dan instruksi, mengolah data sesuai dengan instruksi dan mengeluarkan hasilnya.

13. Pengertian Sistem Informasi Laudon, Kenneth C
Sistem informasi merupakan suatu sistem di dalam sebuah organisasi yang mempertemukan kbutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari sebuah organisasi dan juga menyediakan pihak luar tertentu dengan informasi-informasi yang dibutuhkan.

14. Pengertian Sistem Informasi Menurut Rommey (1997: 16)
Sistem Informasi merupakan cara-cara yang diorganisasi untuk mengumpulakan, memasukan, menyimpan dan mengolah data dan cara-cara yang diorganisasi untuk mengelola, menyimpan, mengendalikan dan melaporkan informasi sedemikian rupa sehingga sebuah organisasi dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Fungsi Sistem Informasi

  • Mengembangkan proses perencanaan yang efektif
  • Untuk meningkatkan aksesiblitas data yang ada secara efisien dan  efektif kepada pengguna, tanpa dengan prantara sistem informasi.
  • Menjamin tersedianya kwalitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis
  • Memperbaiki produktivitas aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem
  • Mengidentifikasi kebutuhan mengenai keterampilan pendukung sistem informasi
  • Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi
  • Mengantisipasi dan memahami akan konsekuensi ekonomi

Ciri-Ciri Sistem Informasi

  • Baru, Artinya informasi yang didapat sama sekali baru atau segar bagi penerima
  • Kolektif, Artinya informasi yang dapat menjadi suatu koreksi dari informasi yang salah sebelumnya.
  • Tambahan, Artinya informasi dapat diperbaharui atau memberikan tambahan terhadap informasi yang sebelumnya telah ada.
  • Penegas, Artinya informasi yang dapat mempertegas informasi yang sudah ada

Komponen Sistem Informasi (SI)

  • Komponen input merupakan data yang masuk ke dalam sistem informasi
  • Komponen output merupakan hasil informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai sistem.
  • Komponen model merupakan kombinasi prosedur, model dan logika matematika yang memproses data yang tersimpan di basis data dengan cara yang sudah di tentukan untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.
  • Komponen kontrol merupakan komponen yang mengendalikan gangguan terhadap sistem informasi.
  • Komponen basis data merupakan kumpulan data yang saling terhubung yang tersimpan di dalam komputer dengan menggunakan software database.
  • Komponen teknologi merupakan alat dalam sistem informasi, teknologi digunakan dalam menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan output dan memantau pengendalian sistem.


Sekian informasi mengenai Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli. Semoga dapat bermanfaat bagi sobat MARKIJAR.Com baik itu pengertian sistem informasi, pengertian sistem informasi menurut para ahli, ciri-ciri sistem informasi,  komponen-komponen sistem informasi, fungsi sistem informasi maupun manfaat sistem informasi.

14 Pengertian Dan Fungsi Sistem Informasi Menurut Para Ahli
MARKIJAR: MARi KIta belaJAR

Posting Komentar untuk "14 Pengertian Dan Fungsi Sistem Informasi Menurut Para Ahli (Lengkap)"