Pengertian Jaringan Komputer (Lengkap, Berbagai Sumber)

Pengertian Jaringan Komputer

Istilah 'jaringan komputer' sudah terdengar tidak asing lagi bagi kita (khususnya anak IT), Secara sederhana, jaringan komputer dapat diartikan sebagai sekumpulan komputer yang berkomunikasi satu sama lain melalui media jaringan secara bersama-sama untuk tujuan sharing data dan peralatan.

Jaringan komputer juga dapat diartikan sebagai sebuah sistem yang terdiri dari minimal dua komputer yang saling terhubung satu dengan yang lain nya melalui media komunikasi atau media transmisi sehingga dapat saling berbagi, aplikasi, data, atau berbagi hardware (perangkat keras) komputer (misal modem, printer, dll).

Pengertian Jaringan Komputer, Jaringan Komputer
Pengertian Jaringan Komputer

Dikutip dari Techi Wire House, Secara eksplisit jaringan komputer adalah kumpulan dua atau lebih komputer yang terhubung dan ketika komputer ini bergabung dalam jaringan, maka orang dapat berbagi file dan peripheral seperti Printer, Modem, CD-ROM drive atau tape drive cadangan. Secara luas jaringan komputer dapat terhubung kebeberapa lokasi dengan menggunakan layanan yang tersedia dari Perusahaan penyedia Layanan Internet, sehingga jaringan komputer dapat mengirim e-mail, melakukan konferensi video secara real time dengan pengguna jarak jauh lainnya atau berbagi link ke Internet global. (Techi Wire House)

Pengertian Jaringan Komputer menurut Pakar dan Kamus

Jaringan Komputer Menurut Wikipedia Bahasa Inggris
Jaringan komputer adalah sebuah sekumpulan dari beberapa komputer yang dihubungkan secara elektronik. hal Ini bermakna bahawa komputer dapat 'berkomunikasi' satu dengan yang lain dan tiap-tiap komputer dalam jaringan dapat mengirim informasi ke komputer lain. Sebuah jaringan komputer merupakan sekelompok komputer yang terhubung satu dengan yang lain secara elektronik, ini berarti bahwa kecepatan koneksi lebih cepat dari koneksi normal ke Internet.

Jaringan Komputer Menurut Ensiklopedia bebas bahasa Indonesia
Jaringan komputer merupakan sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain agar dapat berbagi sumber daya (modem, CPU, printer), berkomunikasi (pesan instan, surel), dan dapat mengakses informasi secara bersama.
Jaringan Komputer Menurut John Gage (Chief researcher dari Sun Microsystems)
Jaringan komputer adalah hubungan dari dua atau lebih komputer, dan perangkat lainnya (misal modem, printer, router, hard drive eksternal), yang terhubung bersama sehingga mereka dapat saling berkomunikasi atau melakukan perintah pertukaran dan berbagi data, perangkat keras dan sumber daya lainnya.

Jaringan Komputer Menurut wabopedia.Com
Jaringan Komputer adalah "A network is a group of two or more computer systems linked together" atau sekelompok dari dua atau lebih sistem komputer yang dihubungkan bersama-sama. 

Jaringan Komputer Menurut Izaas el Said (pakar jaringan komputer)
Jaringan Komputer merupakan Sebuah sistem di mana komputer yang terhubung untuk berbagi informasi dan sumber daya. Koneksi dapat dilakukan sebagai client - server atau peer-to-peer, biasanya hubungan antara komputer ini lebih cepat dari koneksi internet.

Gambar Topologi Jaringan Komputer, jenis jaringan komputer.
Gambar Topologi Jaringan Komputer

Kesimpulan Jaringan Komputer
Kesimpulannya, Jaringan Komputer merupakan sekelompok komputer atau lebih (minimal 2) yang terhubung satu dengan yang lain secara elektronik. Setiap jaringan Komputer memiliki bentuk desain atau pola yang di sering disebut dengan Topologi Jaringan Komputer (Gambar Topologi Jaringan Komputer dapat di Ilustrasikan seperti gamabar diatas). Sebuah jaringan komputer dan perangkat lainnya (seperti printer, hard drive eksternal, modem dan router), yang terhubung bersama sehingga mereka dapat saling berkomunikasi atau melakukan perintah pertukaran dan berbagi data. komputer dapat 'berkomunikasi' satu sama lain artinya setiap komputer di jaringan dapat mengirimkan informasi ke komputer lain.
Sedangkan Tujuan dibangunnya jaringan komputer itu sendiri adalah agar data atau informasi yang dibawa transmitter (pengirim) dapat sampai kepada receiver (penerima) dengan akurat dan tepat, dengan Jaringan komputer memungkinkan kita melakukan komunikasi satu sama lain (dua arah) dengan mudah. Jaringan komputer juga sangat diperlukan dalam hal mengintegrasi data antara komputer client sehingga diperolehlah suatu data yang relevan.


Sekian Artikel tentang Pengertian Jaringan Komputer, semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi sobat yang sedang mempelajari Jaringan Komputer seperti mimin sekarang ini.



Pengertian Jaringan Komputer
MARKIJAR: MARi KIta belaJAR

Suka dengan artikel kami ? Tidak ada salahnya untuk berlangganan artikel terbaru dari MARKIJAR.Com langsung via email mu :

0 Response to "Pengertian Jaringan Komputer (Lengkap, Berbagai Sumber)"

Post a Comment