Tips mengerjakan Skripsi Teknik Informatika

judul judul skripsi, contoh skripsi, contoh judul skripsi, skripsi teknik informatika.


Hai sobat MARKIJAR, kali ini kita akan posting Tips mengerjakan Skripsi Teknik Informatika, disini kita akan berikan 14 tips mengerjakan skripsi dari awal kita mencari ide sampai hari H sidang, tips disini saya tulis berdasarkan pengalaman saya (Admin I) dalam megerjakan Tugas Akhir saya di UDINUS, berikut tips-tips nya:
  • Ketahui kemampuan anda, bila anda mengambil program sarjana (S1), maka idealnya pada semester 5 anda sudah mengetahui dibidang mana anda bisa berkembang (jaringan, programming, multimedia atau analis), jangan sampai anda tidak mengetahui kemampuan anda dan mengerjakan topik skripsi di bidang yang tidak anda sukai, mungkin 1-2 bulan pertama anda masih semangat tapi pada bulan-bulan berikutnya semua akan terasa berat karena anda mengerjakan skripsi dibidang yang tidak anda sukai / kuasai.

  • Perdalam kemampuan anda, bila sudah mengetahui kemampuan terbesar anda, maka perdalam kemampuan yang anda punya.
    Anda Tidak Perlu Hebat dalam Segala Bidang, Anda Hanya Perlu Hebat di Bidang yang Akan Membesarkan Anda 
  • Pilih topik yang tepat, pilih topik yang sekiranya menarik minat anda / yang telah anda kuasai, topik yang sesuai dengan minat tentunya akan memberikan motivasi tersendiri dalam proses mengerjakan skripsi, ingat skripsi bukan tugas yang akan anda kerjakan 1-2 minggu tapi lebih dari 1-2 bulan.
  • Kumpulkan semua referensi yang berhubungan dengan skripsi, berikut situs untuk mencari jurnal yang saya sarankan www.ieee.org (pinjam akun dosen anda / teman-teman udinus yang pernah kuliah di malaysia), untuk situs dalam negeri saya sering mencarinya di perpustakaan digital UGM lib.ugm.ac.iduntuk yang di perpustakaan UGM ini apabila kita sudah mendapatkan referensi yang kita butuhkan, kita bisa mengunjungi perpus UGM secara langsung untuk membaca / meng copy HardCopy nya (beberapa materi boleh di fotocopy).

  • Pilih dosbing yang sesuai, menurut saya dosbing sangat berpengaruh dalam keberlangsungan skripsi, jangan sampai anda tidak seVISI dengan dosbing kita. berikut dosbing yang saya sarankan untuk anda (ini hanyalah Opini saya):
    Erna Zuni Astuti,M.Kom - (Rekommended banget)
    Bowo Nurhadiyono,S.Si, M.Kom - (Rekommended banget)
    Setia Astuti,S.Si, M.Kom - (Rekommended)
    EKO HARI RACHMAWANTO,M.Kom - (Rekommended)
    Wijanarto,M.Kom - (Khusus bwat anda yang mau belajar - Rekommended)
    T. Sutojo,S.Si, M.Kom - (Fokus di Aplikasi jadi, Tidak di laporan - Cukup Rekommended)
    Guruh Fajar Shidik,M.Cs - (Kepo kalo jdi penguji, Cukup Rekommended)
    Aisyatul Karima,S.Kom, MCS - (Idealis - Kurang Rekommended)
    --Daftar Dosbing akan kita Update Segera--

  • Bikin Prototype Program / Aplikasi anda, setelah mendapat dosbing segeralah membuat Prototype Program yang akan anda ajukan (dimulai dari poin ini Tips mengerjakan skripsi memfokuskan pada skripsi bidang programming, dikarenakan pada saat skripsi penulis mengambil bidang tersebut). sekali lagi anda hanya perlu mencari / membuat prototype program, untuk mencari referensi program (mendownload source code) silakan kunjungi github.com

    judul judul skripsi, contoh skripsi, contoh judul skripsi, skripsi teknik informatika.

    Masukkan topik skripsi anda pada kolom pencarian (masukkan 1/2 kata).

    judul judul skripsi, contoh skripsi, contoh judul skripsi, skripsi teknik informatika.

    Pada bidang yang dilingkari warna merah merupakan kategori bahasa pemrograman yang digunakan, pilih yang sesuai dengan bidang anda. sedangkan pada bidang yang dilingkari warna biru merupakan judul program yang kita cari, misal kita akan mendownload rcythr/Masq, maka kita klik judul program tersebut.

    judul judul skripsi, contoh skripsi, contoh judul skripsi, skripsi teknik informatika.


    Setelah kita klik judul program yang kita cari maka akan muncul detail program / aplikasinya, silakan klik Download ZIP.

    Sampai disini anda sudah punya prototype program aplikasi anda, selanjutnya pelajari dan modifikasi programnya. untuk bertanya tentang kegunaan sebuah fungsi yang ada di program anda, biasanya saya bertanya di stackoverflow.com atau di Google.com, misal kita ingin mengetahui kegunaan fungsi Toast.makeText maka silakan search di google dengan queri "Toast.makeText stackoverflow", sampai disini saya harap anda sudah memahami alur yang ada di Prototype Program anda.

  • Konsultasikan Aplikasi anda ke Dosbing, untuk mengetahui kekurangan Prototype Program anda agar bisa dijadikan sebagai sebuah skripsi, silakan konsultasikan ke dosbing dan minta masukan darinya, selesai mendapat masukan silakan perbaiki program anda, gunakan GitHub untuk mencari program sejenis untuk melengkapi kekurangan program anda dan gunaka stackoverflow untuk bertanya-tanya.

  • Mulai mengerjakan Bab 1 - Bab 3 (TA1), kok baru mengerjakan Bab 1 ?, disini saya menyarankan untuk mengerjakan program terlebih dahulu agar kita juga realistis, buat apa kita muluk-muluk membwat spesifikasi program yang pada akhirnya kita tidak mampu meng implementasikannya, dan harus membuat ulang Bab 1 - Bab 3 karena program atau judul kita berubah.

  • Sidang TA1, pada sidang ini saya sarankan anda berpura-bura belum membuat prototype program, disini jelaskan kenapa skripsi anda layak dan program / aplikasi yang akan anda bwat bermanfaat. dalam mempertahankan argumen gunakanlah jurnal / tesis yang sudah ada, jangan sekali kali menggunakan pendapat pribadi, untuk mencari refrensi tesis / jurnal silakan baca ulang poin "Kumpulkan semua referensi yang berhubungan dengan skripsi". pada akhir sidang jangan lupa minata saran pada dosen penguji mengenai fungsi atau fitur apa yang perlu ditambahkan di program skripsi anda.

  • Finishing Aplikasi / Program anda, setelah selesai sidang TA1 sempurnakan aplikasi anda sesuai saran yang diberikan oleh dosen penguji, sekali lagi saya menyarankan menggunakan GitHub untuk mencari program sejenis untuk melengkapi kekurangan program anda dan gunaka stackoverflow untuk bertanya-tanya.

  • Konsultasikan Aplikasi anda ke Dosbing, sebelum mengerjakan Bab 4 dan Bab 5 konsultasikan terlebih dahulu Aplikasi skripsi anda ke dosbing dan minta saran darinya, sampai di poin ini silakan ulangi poin "Finishing Aplikasi / Program anda" sampai dosbing menyetujui aplikasi anda.

  • Mulai mengerjakan Bab 4 - Bab 5 (TA2), mulai kerjakan Bab 4 dan Bab 5 anda, ingat keluarga anda sudah ingin melihat anda memakai toga.
    1 hari menunda Skripsi = 1 hari menunda Pernikahan

  • H-3 sebelum Sidang TA2, sampai disini pastikan bahwa anda sudah siap untuk sidang kapanpun, print out semua refrensi untuk mempertahankan argumen, kuasai skripsi baik materi maupun source code program, dan baca-baca jurnal yang sebidang dengan skripsi anda.

  • Sidang TA2, disini anda dituntut percaya diri dan tampilkan image bahwa anda telah menguasai skripsi yang anda bwat, meskipun begitu jangan sekali-kali menantang dosen penguji untuk adu teori dan hindari debat kusir, karna meskipun anda benar tentang sebuah teori, nilai dari dosen tidak bisa diganggu gugat dan menurut saya penilaian bersifat sangat subjektif.

Tips-Tips diatas ditulis berdasarkan pengalaman saya (penulis) membuat skripsi di UDINUS, pada bidang Rekayasa Perangkat Lunak / Programming. Semoga tips mengerjakan skripsi ini dapat bermanfaat bagi sobat MARKIJAR, tetep semangat dan lakukan yang terbaik.



Tips mengerjakan Skripsi Teknik Informatika
MARKIJAR : MARi KIta belaJAR

Suka dengan artikel kami ? Tidak ada salahnya untuk berlangganan artikel terbaru dari MARKIJAR.Com langsung via email mu :

1 Response to "Tips mengerjakan Skripsi Teknik Informatika"

  1. wah sangat menarik tipsnya :D ... pencarian dari github emng penting tuh :) dan jadi pnya bnyk referensi..

    ReplyDelete