Pointer dalam Bahasa C

Pointer adalah sebuah variabel yang berisikan alamat memori (bukan nilai), dengan kata lain dapat dikatakan bahwa pointer merupakan suatu variabel penunjuk ke alamat memori tertentu. Pointer juga disebut sebagai struktur data yang dinamis karena variable yang di deklarasikan pointer menunjuk pada lokasi alamat memori tertentu dalam RAM. Jadi variable pointer tidak berisi suatu nilai tetapi berisi suatu alamat memori tertentu. berikut ilustrasi dari sebuah pointer:

Pointer dalam Bahasa C

Dari gambar diatas dapat dilihat bahwa pointer P mengarah ke Alamat ke-1, ini berarti bahwa nilai dari pointer P adalah alamat ke-1. hal ini tentunya berbeda dengan variabel biasa yang hanya dapat menyimpan nilai dengan tipe data tertentu. oleh karena itu pointer juga sering disebut dengan alamat memori, walaupun sebenarnya lebih tepat disebut sebagai pencatat atau penunjuk alamat memori.

Ilustrasi Pointer dalam Bahasa C

Seandainya kita memiliki pointer 'P' yang akan menunjuk ke alamat dari variabel 'a' yang bertipe char, maka situasinya dapat kita ilustrasikan sebagai berikut:

Pointer dalam Bahasa C

Bentuk umum deklarasi Pointer dalam Bahasa C:
tipe_data *NamaPointer; (contoh: int *IMP)

tipe_data disini menunjukkan bahwa pointer tersebut akan menunjuk ke sebuah alamat dimana alamat tersebut ditempati oleh nilai yang memiliki tipe data sesuai tipe_data (tipe data deklarasi). pada contoh diatas pointer IMP akan menunjuk ke alamat yang ditempati nilai dengan tipe data int saja.

Contoh: seandainya kita memiliki variabel x yang bernilai 16 (x = 16), alamat dari nilai variabel x dapat diketahui dengan queri &x. Untuk mengetahui alamat penyimpanan (alamat memori) variabel x, kita akan menggunakan variabel bantuan, yaitu alamat_x (dituliskan sebagai alamat_x = &x). alamat_x inilah yang disebut variabel pointer, atau disebut dengan pointer ke x, karena variabel ini menunjuk ke lokasi dimana nilai x (16) disimpan.

Memahami Pointer dalam Bahasa C

Untuk lebih jelasnya mari kita simak contoh program Pointer dalam Bahasa C, lengkap dengan komentar pada setiap langkahnya.

Contoh Sederhana Program dengan Pointer dalam Bahasa C, lengkap dengan penjelasan:

Contoh komplek Program dengan Pointer dalam Bahasa C:



Pointer dalam Bahasa C
MARKIJAR: MARi KIta belaJAR

Suka dengan artikel kami ? Tidak ada salahnya untuk berlangganan artikel terbaru dari MARKIJAR.Com langsung via email mu :

0 Response to "Pointer dalam Bahasa C"

Post a Comment