Pengertian Dinding Sel Lengkap Struktur, Fungsi dan Gambar

Pada pembahasan kali ini, kami akan membahas tentang Dinding Sel secara lengkap, mulai dari pengertian dinding sel, struktur dinding sel, dan fungsi dinding sel. Untuk selengkapnya, mari langsung saja kita simak pembahasan dibawah ini.

Pengertian Dinding Sel

Dinding sel atau disebut juga dengan tembok sel adalah lapisan di luar membran sel yang mengelilingi jenis sel tertentu dan membatasi ruang bagi sel untuk mengembang. Dinding sel adalah ciri khas yang terdapat pada tumbuhan, jamur, alga, dan bakteri. Dinding sel tidak terdapat pada hewan dan protozoa. Dinding sel memiliki struktur yang fleksibel, kuat, tetapi ada juga yang kaku.

Dinding sel mengakibatkan sel tidak bisa berkembang dan bergerak secara bebas, seperti pada sel tumbuhan. Tetapi hal ini berdampak positif karena dinding sel bisa memberikan perlindungan, dukungan dan penyaring (filter) terhadap struktur serta fungsi sel itu sendiri. Dinding sel juga bisa mencegah tekanan air yang berlebih ketika memasuki sel.

Struktur Dinding Sel

Setiap organisme memiliki struktur dinding sel yang berbeda-beda, misalnya struktur dinding sel pada tumbuhan sebagian besar terbentuk oleh polimer karbohidrat (selulosa, pektin, lignin, dan hemiselulosa). Struktur dinding sel pada jamur terbentuk dari kitin. Struktur dinding sel pada alga terbentuk dari pektin, glikoprotein, dan gula sakarida sederhana. Sedangkan, struktur dinding sel pada bakteri tersusun dari peptidoglikan (suatu glikoprotein). Berikut penjelasan lebih lengkap mengenai struktur dinding sel pada tumbuhan, jamur, alga dan bakteri.

Struktur Dinding Sel pada Tumbuhan
Struktur Dinding Sel pada Tumbuhan
Struktur Dinding Sel pada Tumbuhan

Komponen utama yang menyusun dinding sel pada tumbuhan ialah selulosa. Selulosa merupakan karbohidrat yang membuat dinding sel kaku dan membentuk serat panjang. Serat selulosa berfungsi untuk membentuk mikrofibril. Selain selulosa, ada beberapa karbohidrat penting lainnya, diantaranya yaitu pektin, lignin, dan hemiselulosa. Karbohidrat tersebut berfungsi untuk membentuk dinding sel dengan cara membentuk sebuah jaringan bersama dengan protein struktural.

Sel tumbuhan pada saat proses pertumbuhan mempunyai dinding sel primer yang tipis dan lentur. Dinding sel primer terletak diantara dinding sel sekunder dan lamela tengah. Dinding sel primer tersusun dari hemiselulosa, zat pektin, dan glikoprotein. Dinding sel sekunder terbentuk pada bagian dalam dinding sel primer.

Dinding sel sekunder adalah dinding sel yang memiliki lapisan tebal, serta tekstur kaku dan kuat. Sel-sel yang sudah tumbuh dewasa atau matang akan membentuk dinding sel sekunder. Dinding sel sekunder tersusun dari selulosa, lignin, dan hemiselulosa. Sedangkan, lamela tengah adalah lapisan paling luar dari dinding sel. Lamela tengah banyak mengandung pektin yang berfungsi untuk melekatkan sel yang satu dengan sel lainnya.

Dinding sel pada tumbuhan berfungsi untuk membantu mempertahankan tekanan turgor agar sel tidak membengkak dan pecah jika air yang berdifusi ke dalam terlalu banyak. Jika tekanan turgor hilang, maka tanaman akan layu, karena tekanan turgor memberi sel tumbuhan bentuk kaku.

Struktur Dinding Sel pada Jamur
Dinding sel pada jamur tersusun dari kitin, yaitu turunan glukosa yang memiliki kemiripan dalam struktur selulosa. Kitin merupakan molekul yang sama dengan molekul yang ditemukan dalam eksoskeleton kaku pada hewan. seperti krustasea dan serangga. Lapisan kitin sangat keras. Selain tiu, pada dinding sel jamur juga terdapat glukan (polimer glukosa lainnya) bersama dengan protein dan lipid.

Protein yang terdapat pada dinding sel jamur disebut hidrofobin. Hidrofobin berfungsi untuk memberikan kekuatan pada sel, membantu mengatur pergerakan air yang masuk ke dalam sel, dan membantu sel jamur menempel ke permukaan. Dinding sel pada jamur merupakan lapisan paling luar sel serta mengelilingi membran sel.

Struktur Dinding Sel pada Alga
Beberapa jenis alga, seperti ganggang hijau, mempunyai dinding sel yang strukturnya sama dengan tumbuhan. Ganggang lainnya, seperti ganggang merah dan ganggang coklat, mempunyai selulosa serta polisakarida atau fibril lainnya. Kelompok ganggang yang dikenal dengan diatom mempunyai dinding sel yang tersusun dari asam silisik. Di dalam dinding sel alga terdapat molekul penting lainnya, seperti xilan, mannan, dan asam alginat.

Struktur Dinding Sel pada Bakteri
Dinding sel pada bakteri biasanya tersusun dari peptidoglikan polisakarida yang berpori, sehingga molekul kecil dapat melewatinya. Pada bakteri, dinding sel dan membran sel dikenal dengan selubung sel. Dinding sel merupakan bagian penting bagi kelangsungan hidup bakteri, karena memiliki fungsi yaitu melindungi sel bakteri dari tekanan turgor internal dan menyediakan struktur mekanik untuk bakteri, yang bersel tunggal.

Baca Juga : Pengetian Membran Sel Lengkap Struktur, Sifat, Fungsi Dan Gambarnya

Bakteri mempunyai konsentrasi molekul yang lebih tinggi di dalam dibandingkan dengan lingkungan luar, sehingga dinding sel pada bakteri dapat menghentikan air mengalir ke dalam sel. Dinding sel pada bakteri memiliki ketebalan yang berbeda-beda yang dapat memungkinkan pewarnaan gram. Pewarnaan Gram berguna untuk identifikasi umum bakteri seperti bakteri dengan dinding sel tipis adalah gram negatif, sedangkan bakteri dengan dinding sel tebal adalah gram positif.

Pada Archaea hampir tidak ada dinding sel yang mengandung peptidoglikan. Beberapa jenis dinding sel di archaea yang berbeda, ada yang mengandung pseudopeptidoglikan, ada beberapa yang mempunyai glikoprotein, ada beberapa yang mempunyai polisakarida, dan yang lain ada yang mempunyai protein pada lapisan permukaan yang disebut dengan lapisan-S, yang juga terdapat pada bakteri.

Fungsi Dinding Sel

Dinding sel memiliki fungsi utama yaitu sebagai penahan tekanan air yang berlebih pada saat memasuki sel, sehingga sel tidak pecah. Selain itu, dinding sel juga berfungsi untuk memberi bentuk pada beberapa jenis sel serta melindungi bagian dalam sel dari pengaruh lingkungan luar, seperti bakteri yang mencoba menyerang sel. Berikut fungsi dinding sel pada tumbuhan, jamur, alga dan bakteri, yaitu :

Tumbuhan 
Dinding sel pada tumbuhan memiliki beberapa fungsi yaitu sebagai berikut :
  1. Menjaga tekanan turgor.
  2. Memberikan bentuk pada sel.
  3. Menjaga bentuk sel.
  4. Membedakan sel tumbuhan dengan sel hewan.
  5. Menentukan laju pertumbuhan.
  6. Menyediakan kekuatan mekanis
  7. Sifat kaku pada sel dapat membantu tumbuhan berdiri tegak dan mencegah masuknya patogen atau benda asing yang berbahaya ke dalam sel.
  8. Melindungi sel dari tekanan mekanis.
  9. Dinding sel bersifat semi-permeable.
  10. Membantu proses difusi materi melalui apoplast.
  11. Sebagai tempat pertukaran zat seperti protein dan molekul-molekul kecil yang masuk atau keluar dari sel.
  12. Menjaga homeostasis pada sel.
  13. Berperan sebagai hormon, karena mengandung oligosakarin.
  14. Sebagai tempat penyimpanan karbohidrat.

Jamur
Dinding sel pada jamur memiliki beberapa fungsi yaitu sebagai berikut :
  1. Menentukan pola pertumbuhan sel.
  2. Sebagai pelindung struktural.
  3. Sebagai media interaksi sel dengan organisme lain.
  4. Sebagai tempat pengikatan dalam reaksi enzim.
  5. Melindungi sel dari perubahan tekanan osmotik, sehingga sel tidak pecah. 

Alga
Dinding sel pada alga memiliki beberapa fungsi yaitu sebagai berikut : 
  1. Membantu melindungi sel.
  2. Sel menjadi lebih kuat.
  3. Sebagai media antara sel dengan sekelilingnya. 
  4. Membantu dalam komunikasi antara satu sel dengan sel-sel lainnya.
  5. Dinding sel bersifat permeable.

Bakteri
Dinding sel pada bakteri memiliki beberapa fungsi yaitu sebagai berikut : 
  1. Melindungi organel-organel yang terletak di dalam sel.
  2. Memberikan bentuk pada sel.
  3. Mencegah sel pecah akibat perubahan tekanan osmotik.

Sekian artikel mengenai Pengertian Dinding Sel Lengkap Struktur, Fungsi dan Gambar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk mengerjakan tugas maupun untuk sekedar menambah pegetahuan seputar dinding sel, pengertian dinding sel, struktur dinding sel, fungsi dinding sel, dinding sel pada tumbuhan, dinding sel pada jamur, dinding sel pada alga, dan dinding sel pada bakteri. Terimakasih atas kunjungannya. 

Pengertian Dinding Sel Lengkap Struktur, Fungsi dan Gambar
MARKIJAR : MARi KIta belaJAR

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Dinding Sel Lengkap Struktur, Fungsi dan Gambar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel