Sejarah Sepak Takraw Lengkap Perkembangannya

Bagi anda yang gemar dengan olahraga sepak bola pasti sudah tidak asing lagi mendengar permainan sepak takraw. Sepak takraw adalah jenis olahraga campuran dari bola voli dan sepak bola, dimainkan di lapangan yang memiliki ukuran serupa dengan lapangan ganda bulu tangkis dan pemain tidak boleh menyentuh bola dengan tangan.

Dilihat dari sisi sejarahnya sepak takraw merupakan salah satu olahraga yang hingga kini diperebutkan klaim sejarahnya oleh beberapa negara, tak terkecuali Indonesia. Asosiasi Sepak Takraw Kanada meyakini teks sejarah Melayu "The Malay Annals", menjadi bukti awal permainan terdapat di Melaka (Malaka), pada abad ke-15. Untuk lebih jelasnya mengenai sejarah sepak takraw, pada artikel kali ini kita akan membahas Sejarah Sepak Takraw Lengkap Perkembangannya, berikut pembahasan lengkapnya.

Sejarah Sepak Takraw

Sejarah Sepak Takraw Lengkap Perkembangannya
Sejarah Sepak Takraw Lengkap Perkembangannya

Salah satu catatan sejarah terawal tentang sepak takraw terdapat dalam teks sejarah Melayu yang di kenal dengan sebutan "Sejarah Melayu". catatan sejarah itu menyebut sebuah nama, Raja Ahmad yang membunuh rivalnya ketika bermain sepak takraw.

Pemerintahan Sultan Mansur Shah Ibni Almarhum Sulthan Muzaffar Shah ketika itu (1459-1477) langsung melakukan pengusiran terhadap Ahmad karena kesalahan yang dibuat. Namun, kemudian, ia justru naik tahta menjadi Sultan Pahang.

Baca Juga : Ukuran Lapangan Sepak Takraw Lengkap Gambar dan Keterangannya

Sepak takraw sendiri diambil dari bahasa Melayu dan bahasa Thailand. Kata "sepak" berasal dari bahasa Melayu yang artinya menendang. Sedangkan untuk kata "takraw" berasal dari bahasa Thailand yang artinya bola yang terbuat dari anyaman rotan. (Sudrajat Prawirasaputra, 2000:4). Penentuan nama tersebut tentu dikarenakan hasil kesepakatan dari kedua negara yang mengklaim menemukan olahraga ini, yaitu Malaysia dengan Thailand. Dari kedua negara tadi, permainan olahraga ini saat ini sudah menyebar ke berbagai negara terutama di negara dengan mayoritas penduduk Melayu.

Menurut Susi Dunsmore sepak takaraw pertamakali jadi permainan tradisional pada abad ke-15 di Kesultanan Malaka, yang wilayah kekuasaannya mencakup Selat Malaka, Semenanjung Malaya, Kepulauan Riau hingga Riau daratan.

Susi Dunsmore yang mengupas manuskrip Sulalatus Salatin (Sejarah Melayu) mengatakan bahwa pada awal abad ke-16 sepak takraw disebarkan para saudagar ke seluruh wilayah Sumatra dan pulau lain Nusantara sampai Sulawesi. Di Sulawesi, sepak takraw dikembangkan lagi sampai dikenal menjadi olahraga tradisional masyarakat Bugis dengan sebutan Ma’Raga.

Namun, ada juga yang berpendapat sepak takraw terinspirasi dari permainan tradisional di Cina. Dalam permainan ini, pemain menendang kok ke atas, menjaganya supaya tidak terjatuh, dan menghitung poin berdasarkan jumlah tendangan yang diperoleh, seperti permainan sepak takraw sekarang. Pemain wajib mempunyai kemampuan menjaga bola di udara dengan tendangan kaki atau sundulan kepala.

Pada tahun 1970an, olahraga sepak takraw ini mulai masuk ke wilayah-wilayah di Indonesia. Olahraga sepak takraw ini dibawa oleh bangsa Malaysia dan Singapura yang sedang berkelana ke negara Indonesia ini. Namun biarpun begitu, permainan sepak takraw ini juga sebenarnya sudah dikenal oleh bangsa Indonesia sejak dulu. Hanya saja, sepak takraw di Indonesia kala itu hanya sebatas permainan tradisional saja. Sejak kedatangan bangsa Malaysia dan Singapura yang membawa masuk permainan ini ke Indonesia, olahraga sepak takraw ini mulai banyak diminati. Di Sulawesi dan Sumatera lah sepak takraw paling cepat berkembang.

Induk olahraga sepak takraw di Indonesia sendiri terlahir pada 16 Maret 1971. Pada Awal berdirinya, Nama Persatuan Sepak takraw Seluruh Indonesia di singkat dengan PERSERASI (sekarang disingkat dengan PSTI / Persatuan Sepak Takraw Indonesia). Pada tahun 1980, kejuaran nasional sepak takraw untuk pertama kalinya ada di Indonesia.

Perkembangan Sepak Takraw di Indonesia

Selain berkembang di Malaysia dan Thailand, Olahraga Sepak Takaw juga berkembang di Indonesia. Menurut beberapa sejarah menyebutkan Sepak Takraw di Indonesia berasal dari sebuah olahraga tradisional yang dulunya banyak di mainkan rakyat dan memiliki banyak sebutan.

Menurut Susi Dunsmore yang mempelajari manuskrip Sulalatus Salatin atau Sejarah Melayu, sepak takraw disebarkan para saudagar ke seluruh wilayah Sumatra dan pulau lain Nusantara hingga Sulawesi pada awal abad ke-16. Di Sulawesi, sepak takraw dikembangkan lagi sehingga dikenal menjadi olahraga tradisional masyarakat Bugis dengan nama Ma’Raga sedangkan di Sumatera Barat, olahraga ini dikenal dengan sebutan Sipak Rago.

Pada mulanya permainan sepak raga / sepak takraw banyak di mainkan oleh sekelompok bangsawan yang berada di daerah tersebut. Kemudian terus mengalami perkembangan menjadi sebuah permainan rakyat, pada awalnya permainan ini dimainkan dalam bentuk kelompok sekitar 6 - 9 orang dengan melingkar dan berada di tempat terbuka.

Induk olahraga sepak takraw di Indonesia terlahir pada 16 Maret 1971. Pada Awal berdirinya, Nama Persatuan Sepak takraw Seluruh Indonesia di singkat dengan PERSERASI (sekarang disingkat dengan PSTI / Persatuan Sepak Takraw Indonesia). Saat awal berdiri hanya ada 4 pengurus Daerah (Pengda) sebagai Pilar pendukung yaitu : Sumatera utara, Sumatera barat, Riau dan Sulawesi Selatan dengan Ketua Umum Pertama Bapak Drs. H.M. Junus Akbar.

Pada tahun 1980, kejuaran nasional sepak takraw untuk pertama kalinya ada di Indonesia, Pada PON XI/1981 sepak takraw untuk pertama kalinya di pertandingkan sebagai cabang olahraga di PON. Setelah sepak takraw di pertandingkan di PON, daerah semakin terdorong untuk mengelola pertandingan ini. Sampai pada PON XI 1985, ada dua puluhan daerah yang mengikutinya.

Karena semakin bergairahnya daerah dalam mengelola sepak takraw, Maka pada bulan Oktober 1986, setahun setelah PON XI, diadakan kejuaraan Nasional sebagai seleksi pemain untuk sea games XIV/1987 di jakarta, yang di ikuti oleh 23 daerah.

Perkembangan Sepak Takraw di Dunia

Perkembangan sepak takraw di dunia dapat dilihat dari tahun 1965 ketika Sepak Takraw dijadikan sebagai salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan pada Pesta Olahraga South East Asia Peninsulars Games (SEAP GAMES) yang diadakan setiap 2 tahun sekali yang diikuti oleh : Malaysia, Singapura, Thailand dan Laos. Pada tahun 1977 jumlah negara yang mengikuti SEAP Games diperluas dengan negara Asia lainnya, yaitu : Philipina, Brunei dan Indonesia.

Pada tahun 1982 dibentuk organisasi Sepak takraw negara-negara Asia : ASTAF (Asian Sepak Takraw Federation) yang awalnya terdiri dari 14 negara, yaitu : Vietnam, Thailand, Sri langka, Singapura, Myanmar, Malaysia, Laos, Korea, Jepang, Indonesia, India, Philipina, Cina dan Brunei darussalam.

Pada tanggal 5 Maret 1992 diresmikan konstitusi organisasi Sepak takraw Internasional dengan nama Internasional Sepak Takraw federation (ISTAF) awalnya terdiri dari 16 negara anggota, yaitu : 14 negara anggota ASTAF ditambah Finlandia dan Amerika Serikat. sehingga ASTAF menjadi organisasi dibawah naungan ISTAF. Sepak takraw diberi nama yang beraneka ragam oleh negara-negara yang mengembangkannya, berikut penamaan sepak takraw di berbagai negara:
  • Indonesia disebut dengan : “Rago (Sulawesi Selatan)”.
  • Thailand disebut dengan : “Takraw”
  • Philipina disebut dengan : “Sipa”.
  • Laos disebut dengan : “Kator”.
  • Burma atau Myanmar disebut dengan : “Ching Loong”.
  • China disebut dengan : “Teng Chew”.
  • Brunei disebut dengan : “Sepak Raga Jala”.
  • Malaysia disebut dengan : “Sepak Raga Jarring atau SEPRAJA”.
  • Singapura disebut dengan :“Bola Sepak Raga atau Sepakraga”.
  • ASTAF disebut dengan : "SEPAK TAKRAW".
Pada tingkat internasional Sepak takraw dipertandingkan pada kejuaraan : ASIAN Games, SEA Games, Arafura games, Merdeka Games, King’s Cup Thailand, World Sepak takraw Championship, World Youth Sepak takraw Championship, World Women Sepak Takraw Championship, POM Asia tenggara dan lain sebagainya.


Sekian artikel mengenai Sejarah Sepak Takraw Lengkap Perkembangannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk mengerjakan tugas maupun untuk sekedar menambah wawasan seputar sejarah sepak takraw, permainan sepak takraw, sepak takraw history dan perkembangan sepak takraw. Terimakasih atas kunjungannya.

Sejarah Sepak Takraw Lengkap Perkembangannya
MARKIJAR : MARi KIta belaJAR

Loading...

Suka dengan artikel kami ? Tidak ada salahnya untuk berlangganan artikel terbaru dari MARKIJAR.Com langsung via email mu :

0 Response to "Sejarah Sepak Takraw Lengkap Perkembangannya"

Post a Comment