29 Macam Ilmu Psikologi Di Berbagai Bidang Lengkap Penjelasan

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara lengkap seputar 29 Macam Ilmu Psikologi Di Berbagai Bidang, dimana kita akan mengawali pembahasan dari pengerti psikologi / ilmu psikologi, selanjutnya baru akan dibahas mengenai 29 Macam Kajian Ilmu Psikologi. Untuk mempersingkat waktu mari langsung saja kita simak pembahasannya dibawah ini.

Pengertian Ilmu Psikologi

Apa Itu Psikologi? Psikologi adalah sebuah bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari mengenai perilaku dan proses mental manusia secara ilmiah. Berangkat dari pengertian "Psikologi", maka Ilmu Psikologi adalah ilmu yang mempelajari seputar perilaku dan proses mental manusia, atau dengan kata lain merupakan ilmu yang berkaitan dengan jiwa dan kondisi mental manusia.

Secara Etimologi / menurut asal katanya, psikologi berasal dari bahasa Yunani Kuno: “ψυχή” (Psychē yang artinya jiwa) dan “-λογία” (-logia yang berarti ilmu. Sehingga secara etimologis psikologi bisa diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang jiwa.

29 Macam Kajian Ilmu Psikologi

29 Macam Ilmu Psikologi Di Berbagai Bidang Lengkap Penjelasan
29 Macam Ilmu Psikologi Di Berbagai Bidang Lengkap Penjelasan

Dalam perkembangannya ilmu psikologi mempelajari dua bidang utama yaitu psikologi umum dan psikologi khusus. Psikologi Umum adalah psikologi yang mempelajari kegiatan dan aktivitas psikis dan mental manusia dalam tingkah laku manusia pada umumnya, sedangkan Psikologi Khusus adalah psikologi yang mempelajari dan meneliti segi yang khusus dari aktivitas-aktivitas psikis manusia, psikologi khusus membicarakan hal-hal yang menyimpang dari pembahasan psikologi pada umumnya, jadi psikologi khusus dapat diartikan sebagai psikologi yang praktis dan diaplikasikan sesuai dengan bidangnya. Oleh karena itu bidang psikologi khusus masih dapat terus berkembang sesuai dengan bidang-bidang yang melibatkan ilmu psikologi.

Setelah kita mengenal pengertian psikologi / ilmu psikologi dan kita juga sudah mengenal 2 bidang utama dalam psikologi, selanjutnya kami akan menjelaskan 29 Macam Kajian Ilmu Psikologi, berikut penjelasannya.

1. Psikologi Umum
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Psikologi Umum adalah psikologi yang mempelajari kegiatan dan aktivitas psikis dan mental manusia dalam tingkah laku manusia pada umumnya. biasanya mempelajari seputar intelegensi, memori, pembentukan karakter, kepribadian, keadaan emosi dan lain sebagainya. Ilmu psikologi umum ini mencakup hampir semua tentang psikologi, namun hanya secara umumnya saja tidak mendalam. Contohnya kamu ingin belajar tentang psikologi industri atau psikologi perusahaan, maka kamu harus mendalami ilmu psikologi industri atau ilmu psikologi perusahaan secara langsung karena ilmu psikologi umum ini hanya membahas secara umumnya saja. 28 kajian ilmu psikologi lainnya (dibawah ini), sejatinya merupakan macam-macam psikologi khusus. berikut ke 28 macam ilmu psikologi lainnya.

2. Psikologi Industri
Psikiologi Industri adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia di tempat kerja. Ilmu ini membahas tentang suasana hati saat bekerja, semangat kerja, produktifitas, strategi pemasaran, seleksi pegawai, motivasi kerja dan lain sebagainya di dalam lingkup industri.

3. Psikologi Keluarga
Psikologi Keluarga adalah ilmu psikologi yang mempelajari dan meneliti hal-hal yang berhubungan dengan keluarga. Pengertian keluarga sendiri adalah sebuah kelompok yang terdiri dari minimal dua orang yang dihubungkan oleh ikatan pernikahan. Psikologi keluarga mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan keluarga seperti ekonomi dalam keluarga, sosialisasi dalam keluarga, kasih sayang, pendidikan dalam keluarga, pengatur keturunan dan lain sebagainya di dalam lingkup keluarga.

4. Psikologi Komunikasi
Psikologi Komunikasi adalah ilmu yang mempelajari proses penerimaan dan pengolahan informasi serta pengaruhnya terhadap diri individu, dan proses penyampaian energi dari indera kepada otak. Tujuan dari psikologi komunikasi adalah untuk memperoleh proses komunikasi yang efektif dan peranan psikologi komunikasi dalam hubungan antar manusia sangat besar terutama dalam membantu proses komunikasi yang efektif.

5. Psikologi Organisasi
Psikologi Organisasi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku dan hubungan para anggota organisasi, terutama dalam dunia kerja dan dalam lingkungan organisasi. Suatu organisasi biasanya dibentuk untuk mencapai tujuan dan kepentingan bersama oleh sekelompok orang yang tidak bisa dicapai dengan sendirian.

6. Psikologi Sastra
Psikologi Sastra adalah ilmu psikologi yang memandang karya sebagai aktivitas kejiwaan. Pengarang akan menggunakan cipta, rasa, dan karya dalam berkarya. Karya sastra yang dipandang sebagai fenomena psikologis, akan menampilkan aspek-aspek kejiwaan lewat tokoh-tokoh jika kebetulan teks berupa drama atau prosa.

7. Psikologi Medis
Psikologi Medis adalah ilmu psikologi yang diterapkan di bidang kedokteran yang berfungsi untuk mempercepat penyembuhan pasien melalui wawasan psikologi. Dokter berusaha memahami keadaan psikologis para pasien agar bisa menetapkan diagnosa dan solusi yang tepat untuk kesembuhan pasien.

Baca Juga : Pengertian Intelegensi Lengkap Ciri, Macam Dan Faktor Yang Mempengaruhinya

8. Psikologi Perusahaan
Psikologi Perusahaan adalah ilmu yang mempelajari pengambilan keputusan berkelompok, pemasaran, seleksi pegawai, stres pekerjaan, produktivitas, motivasi kerja, semangat kerja dan lain sebagainya yang berhubungan dengan keadaan di dalam suatu perusahaan. Hal yang dipelajari dalam psikologi perusahaan ini hampir sama dengan yang dipelajari dalam psikologi industri, namun psikologi perusahaan memiliki lingkup yang lebih kecil.

9. Psikologi Diferensial
Psikologi Diferensial adalah ilmu psikologi yang mempelajari tentang perbedaan yang ada antara individu yang satu dengan lainnya, seperti inteligensi dan bakat anak. Selain itu juga mempelajari cara menentukan perbedaan-perbedaan yang ada.

10. Psikologi Warna
Psikologi Warna adalah ilmu psikologi yang mempelajari dan mengidentifikasi persepsi manusia terhadap warna-warni benda yang ada di alam. Suasana hati seseorang dapat terpengaruh dengan adanya warna yang tertangkap indera penglihatan.

11. Psikologi Komunitas
Psikologi Komunitas adalah ilmu psikologi yang mempelajari masalah kesehatan mental dan sosial pada masyarakat dan komunitas-komunitas pribadi. Pada dasarnya bidang kajian ini terhubung dengan sistem sosial, kesejahteraan dan kesehatan individu yang berhubungan dengan masyarakat.

12. Psikologi Faal
Psikologi Faal adalah ilmu psikologi yang mempelajari perilaku manusia yang berhubungan dengan fungsi dan kerja organ-organ dalam tubuh. Misalnya mempelajari bagaimana otot seseorang akan bekerja ketika sedang marah, tertawa, menangis, dan lain sebagainya. Karena itu ketika kita akan mendalami ilmu psikologi faal kita akan lebih memerhatikan pengaruh kondisi biologis atau faal seseorang terhadap perilaku atau tindakan orang tersebut. Misalnya saat orang tersebut sering kesal atau marah, apa yang akan terjadi pada kondisi psikisnya, begitupun ketika bahagia atau sedih.

13. Psikologi Klinis
Psikologi Klinis adalah ilmu psikologi yang mempelajari bagaimana cara mencegah, memahami, dan memulihkan keadaan psikis orang lain yang sedang goyah. Contohnya ada seseorang yang sedang mengalami depresi, di ilmu ini kamu akan mempelajari tindakan-tindakan apa yang harus kamu kerjakan agar keadaan psikisnya kembali normal.

14. Psikologi Kognitif
Psikologi Kognitif adalah ilmu psikologi yang mempelajari proses mental seperti: pola pikir, kreativitas, pemecahan masalah, persepsi, daya ingat, penggunaan bahasa dan perhatian. Sebagian besar karya yang berasal dari psikologi kognitif telah diterapkan ke dalam berbagai disiplin ilmu psikologis modern lainnya, termasuk psikologi perkembangan, psikologi abnormal, psikologi kepribadian, psikologi sosial, dan psikologi pendidikan.

15. Psikologi Kesehatan
Psikologi Kesehatan adalah ilmu psikologi yang mempelajari keterkaitan antara kondisi sehat dan sakit, tidak hanya secara fisik tapi juga secara psikis. psikologi kesehatan merupakan bagian dari psikologi klinis, penerapan psikologi kesehatan berfokus pada kajian dan fungsi kesehatan seseorang terhadap dirinya sendiri dan lingkungan sekitarnya, termasuk juga penyebab dan faktor yang berkaitan dengan masalah kesehatan seseorang. Pengetahuan tentang psikologi kesehatan dapat digunakan sebagai cara untuk mengubah pola perilaku kesehatan dan meminimalisir pengaruh stres psikososial.

16. Psikologi Behavioral Neuroscience
Psikologi Behavioral Neuroscience adalah ilmu psikologi yang mempelajari peran dari sistem saraf pusat yang dapat mengendalikan perilaku manusia dan juga hewan. Fokus Psikologi Behavioral Neuroscience adalah kajian pada proses biologis khususnya peranan otak terhadap perilaku. Subjek penelitian adalah hewan dan para peneliti akan membandingkan penemuannya pada hewan dengan manusia.

17. Psikologi Eksperimen
Psikologi Eksperimen adalah ilmu psikologi yang menggunakan metode eksperimen untuk mempelajari tingkah laku manusia atau hewan untuk meneliti mengenai proses belajar, proses kognitif, persepsi, sensasi, dan motivasi. Selain itu para psikologi eksperimen juga akan mengembangkan metode pengontrolan dan pengukuran yang sesuai untuk setiap penelitian yang dilakukan.

18. Psikologi Holistik
Psikologi Holistik adalah ilmu psikologi yang menganalisis secara rinci mengenai bagian-bagian dari jiwa manusia, namun dalam penyimpulannya manusia harus di kembalikan dalam kesatuannya yang utuh. Psikologi holistik bersifat saling berkait antara satu sama lain sebagai suatu sistem bersepadu yang menyeluruh, bukan sekadar menyentuh aspek-aspek tertentu saja.

19. Psikologi Konseling
Psikologi Konseling adalah ilmu psikologi yang berusaha menciptakan, menerapkan dan juga menyebarkan pengetahuan tentang penanggulangan gangguan fungsi psikologis manusia, dan mempelajari hubungan antara terapis dan kliennya. istilah mudahnya seperti konsultasi. Contohnya mempelajari bagaimana cara menyampaikan informasi yang tepat kepada klien ketika sedang konseling dan mempelajari sikap yang tepat saat menghadapi sifat-sifat klien yang berbeda-beda.

20. Psikologi Kriminal
Psikologi Kriminal adalah ilmu psikologi yang mempelajari tentang hal-hal yang berkaitan dengan kriminalitas atau kejahatan. Objek studi dalam psikologi kriminal antara lain perilaku yang melanggar hukum dan norma-norma keadilan pada masyarakat dan perilaku yang menyimpang yang bisa berurusan dengan hukum.

21. Psikologi Abnormal
Psikologi Abnormal adalah ilmu psikologi yang mempelajari tentang perilaku-perilaku individu yang menyimpang dan tak lazim dilakukan oleh orang normal. Misalnya perilaku psikopat, clepto, gay, lesbi, dan lain sebagainya. Dalam psikologi abnormal jika ada seorang gay maka hal-hal yang akan dipelajari adalah kenapa orang itu bisa menjadi gay, lalu bagaimana cara menanganinya, dan lain sebagainya.

22. Psikologi Agama
Psikologi Agama adalah ilmu psikologi yang mempelajari tingkah laku manusia dalam hubungan dengan pengaruh keyakinan pada agama yang dipercayainya serta dalam hubungan dengan pengaruh usia masing-masing. Upaya dalam mempelajari tingkah laku keagamaan tersebut dilakukan melalui pendekatan psikologi.

23. Psikodiagnostik
Psikodiagnostik adalah ilmiah psikologi yang mempelajari tentang berbagai metode untuk membuat diagnosis psikologis, dengan tujuan supaya dapat memperlakukan manusia secara lebih tepat. Psikodiagnostik merupakan metode yang dipakai untuk menetapkan kelainan-kelainan psikis, dengan tujuan agar bisa memberikan pertolongan secara tepat dan akurat. Jadi ibaratnya seperti memberikan label antara seseorang yang psikologisnya telah terganggu dengan psikologisnya yang normal.

24. Psikologi Lingkungan
Psikologi Lingkungan adalah ilmu psikologi yang mempelajari perilaku manusia berdasarkan lingkungan tempat tinggalnya yang mempengaruhi dari segi sosial, lingkungan binaan atau alam sekitar. Psikologi lingkungan juga mempelajari kebudayaan dan juga kearifan lokal dari sebuah tempat yang dapat mempengaruhi mental dan sikap seseorang.

25. Psikologi Cinta
Psikologi Cinta adalah ilmu psikologi yang mempelajari cara kerja cinta pada makhluk hidup di dunia dan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan cinta. misalnya mempelajari cara mendapatkan cinta dan mengelola hubungan cinta. Tujuan akhir dari Psikologi Cinta adalah kebahagiaan untuk Pria dan Wanita (mahluk hidup) yang menjalani hubungan cinta.

26. Psikologi Pendidikan
Psikologi Pendidikan adalah ilmu psikologi yang mempelajari masalah psikologis yang terjadi di dunia pendidikan. Psikologi ini berhubungan dengan bagaiamana cara seorang siswa belajar dan berkembang. Psikologi pendidikan juga membahas peranan dan cara guru dalam memberikan pelajaran kepada siswa. Namun tak hanya antara guru dan murid, melainkan mencakup juga pendidikan di keluarga, masyarakat dan lingkungan.

27. Psikologi Sosial
Psikologi Sosial adalah ilmu psikologi yang mempelajari aktivitas manusia yang berkaitan dengan kondisi dan situasi sosial. Psikologi sosial merupakan kajian ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku individu sebagai fungsi dari rangsang sosial. Psikologi sosial hanya mempelajari gejala dalam kondisi yang terkontrol, spekulasi dan perkiraan,.

28. Psikologi Perkembangan
Psikologi Perkembangan atau Psikologi Genetis adalah ilmu psikologi yang mempelajari perkembangan psikis manusia mulai dari lahir (anak) hingga tua. Psikologi perkembangan mencakup bidang atau kajian psikologi anak, puber, pemuda, orang dewasa dan orang tua. Misalnya pembentukan karakter. Seperti yang kita tahu karakter seseorang sangat berbeda-beda. Ada yang pemberani, pemalu, keras kepala dan lain sebagainya. Psikologi perkembangan ini lebih menjelaskan mengapa karakter-karakter itu bisa ada pada seseorang, apakah mungkin pada saat kecil dia sudah ditunjukkan tentang kekerasan atau jarang diperhatikan, dan lain sebagainya.

29. Psikologi Kepribadian
Psikologi Kepribadian adalah ilmu psikologi yang mempelajari tentang sifat-sifat yang ada dalam diri, karakter-karakter diri dan sesuatu yang berhubungan dengan yang ada dalam diri. Hanya saja yang membedakan ilmu psikologi kerpibadian dengan psikologi perkembangan adalah karena didalam ilmu ini membahas bagaimana sifat yang kita miliki itu dapat menyesuaikan dengan lingkungan tempat tinggal kita. Misal bagaimana cara berinteraksi dengan orang yang berlawanan tipe kepribadiannya dengan kita atau bagaimana berinteraksi dengan orang yang setipe kepribadiannya dengan kita.

Bidang psikologi khusus (nomor 2-29) bersifat tidak baku dan masih bisa bertambah sebab masih banyak bidang ilmu atau aspek-aspek tertentu yang bersinggungan atau berkaitan dengan ilmu psikologi. Macam-macam psikologi khusus yang sudah ada pada umumnya merupakan pengimplementasian ilmu psikologi yang praktis dan sesuai dengan bidangnya.


Sekian artikel mengenai 29 Macam Ilmu Psikologi Di Berbagai Bidang Lengkap Penjelasan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk mengerjakan tugas maupun untuk sekedar menambah wawasan tentang macam psikologi, ilmu psikologi, psikologi kepribadian, psikologi pendidikan, psikologi umum, macam macam psikologi, ilmu psikologi kepribadian dan pengertian ilmu psikologi. Terimakasih atas kunjungannya.

29 Macam Ilmu Psikologi Di Berbagai Bidang Lengkap Penjelasan
MARKIJAR : MARi KIta belaJAR

Loading...

Suka dengan artikel kami ? Tidak ada salahnya untuk berlangganan artikel terbaru dari MARKIJAR.Com langsung via email mu :

0 Response to "29 Macam Ilmu Psikologi Di Berbagai Bidang Lengkap Penjelasan"

Post a Comment