Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Macam Posisi Pemain Bola Voli Lengkap Penjelasan dan Gambar

Permainan Bola Voli adalah permainan yang diciptakan oleh William G. Morgan pada tahun 1895 dengan nama minitonette yang kini dikenal sebagai Bola Voli / Volley Ball. Permainan Voli sendiri dapat dimainkan di lapangan outdoor atau indoor dengan jumlah pemain bola voli 6 orang, ukuran lapangan bola voli 18×9 meter dengan tinggi net untuk putra 2,43 meter dan putri 2,24 meter.

Dalam permainan bola voli tentunya ada pemain bola voli yang memiliki tugas dan fungsi yang berbeda sesuai dengan posisi dan formasinya saat bertanding. Pengetahuan mengenai posisi pada permainan bola voli ini sangat penting agar saat pertandingan bisa bermain dengan maksimal dan sesuai arahan dari sang pelatih.

Untuk anda yang ingin mengetahui Macam Posisi Pemain Pada Permainan Bola Voli, berikut ini akan kami kupas artikel seputar posisi pemain bola voli secara jelas dan lengkap khusus untuk anda. Jika anda ingin menjadi pemain / atlet bola voli maka anda wajib mempelajari artikel ini dengan baik agar nantinya bisa menjadi pemain voli yang hebat dan profesional. Untuk mempersingkat waktu berikut penjelasan macam posisi pemain bola voli lengkap penjelasan dan gambar.

4 Macam Posisi Pemain Bola Voli

Posisi Pemain Bola Voli
Posisi Pemain Bola Voli
Macam-macam posisi pemain bola voli dapat diilustrasikan pada gambar diatas, berikut macam-macam posisinya:
  • Server. (nomor 1 dalam gambar)
  • Spiker / Smasher. (nomor 2 dan 4 dalam gambar)
  • Set-Upper / Tosser. (nomor 3 dalam gambar)
  • Libero / Defender. (nomor 5 dan 6 dalam gambar)
Untuk penjelasan lebih detail mengenai tiap posisi pada pemain bola voli akan dijelaskan juga dibawah ini, berikut penjelasannya.

Posisi Server

Ilustrasi posisi server sedang melakukan servis
Ilustrasi posisi server sedang melakukan servis
Server adalah posisi pemain yang bertugas melakukan servis (nomor 1 dalam gambar). Pada posisi ini (posisi nomor 1 dalam gambar) setiap pemain akan bergantian melakukan servis. Setelah melakukan servis sang pemain kembali lagi ketengah lapangan dan berubah posisi menjadi tosser (set-upper) atau spiker. Servis sendiri adalah penyajian bola pertama saat permainan dimulai.

Baca Juga : 4 Teknik Dasar Bermain Bola Voli Beserta Penjelasan dan Gambar

Posisi Spiker / Smasher

Ilustrasi posisi spiker atau smasher sedang melakukan smash
Ilustrasi posisi spiker atau smasher sedang melakukan smash
Smasher atau Spiker adalah posisi yang sangat vital untuk tim dalam memperoleh poin, pada posisi spiker (posisi nomor 2 dan 4 dalam gambar) pemain berada di dekat net dan tosser (baik di belakang maupun depan tosser). Tugas utama Spiker yaitu melakukan serangan terhadap lawan sehingga mendapatkan poin. Selain itu Spiker harus mampu melakukan blocking karena dia juga berada di depan. Sehingga dengan demikian tugas Spiker atau Smasher yaitu melakukan serangan sekaligus melakukan pertahanan.

Posisi Set-Upper / Tosser

Ilustrasi posisi set-upper atau tosser saat akan memberi umpan pada rekannya
Ilustrasi posisi set-upper atau tosser saat akan memberi umpan pada rekannya
Tosser atau Set-Upper adalah posisi pemain yang berperan mengatur serangan tim dan pengumpan bola untuk smasher. Sehingga tugas tosser atau set-upper ini adalah untuk mengatur serangan yang dilakukan oleh tim. Jadi yang berhak memberi komando dan menentukan untuk melakukan jenis serangan adalah tosser. Saat menduduki posisi tosser, pemain harus handal dan baik dalam memberi umpan kepada rekannya. Jika umpan yang diberikan baik maka rekan setimnya dapat membangun serangan lebih maksimal.

Posisi Libero / Defender

Ilustrasi posisi libero atau defender saat menerima bola dari serangan lawan
Ilustrasi posisi libero atau defender saat menerima bola dari serangan lawan
Defender atau Libero adalah posisi pemain bola voli yang berfungsi sebagai pemain bertahan, pemain yang menempati posisi libero harus tahu arah datangnya serangan lawan serta harus benar-benar menguasai passing bawah dan passing atas. Tugas utama dari seorang libero adalah menjaga agar serangan lawan dapat ditahan atau dikembalikan. Posisi libero bebas keluar masuk tetapi tidak boleh membantu blocking ataupun melakukan smash, jika tim diserang libero berada di belakang blocker.

Perputaran / Pergantian Posisi Pemain Bola Voli (Rotasi)

Peraturan bola voli yang berlaku mewajibkan perputaran poisis pemain sehingga setiap pemain akan berganti posisi sekaligus berganti tugas. Perputaran posisi pemain dilakukan ketika terjadi pergantian bola servis, dan tim yang melakukan perputaran atau pergantian posisi pemain adalah tim yang melakukan servis. Perputaran posisi pemain ini dilakukan searah jarum jam.


Sekian artikel mengenai 4 Macam Posisi Pemain Bola Voli Lengkap Penjelasan dan Gambar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk mengerjakan tugas maupun untuk sekedar menambah wawasan seputar posisi pemain voli, posisi pemain bola voli, posisi dalam permainan bola voli, posisi server dalam bola voli, posisi spiker / smasher dalam bola voli, posisi set-upper / tosser dalam bola voli dan posisi libero / defender dalam bola voli. Terimakasih atas kunjungannya.

4 Macam Posisi Pemain Bola Voli Lengkap Penjelasan dan Gambar
MARKIJAR : MARi KIta belaJAR

2 komentar untuk "4 Macam Posisi Pemain Bola Voli Lengkap Penjelasan dan Gambar"