Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Bagian Nefron Lengkap Fungsi dan Gambar

7 Bagian Nefron Lengkap Fungsi dan Gambar - Nefron adalah unit fungsional dari ginjal, struktur yang benar-benar menghasilkan urin dalam proses menghilangkan limbah dan zat berlebih dari darah. Nefron merupakan bagian terpenting ginjal karena disinilah tempat penyaringan darah terjadi dan merupakan bagian dari sistem ekskresi pada manusia karena mengeluarkan urin.

Setiap ginjal mengandung kurang lebih satu juta nefron artinya seorang manusia memiliki sekitar dua juta nefron pada dua buah ginjalnya, Nefron baru tidak dapat diproduksi oleh tubuh, oleh karena itu jumlah nefron akan terus berkurang sekitar 1% setiap tahunnya. Berikut adalah gambar bagian-bagian di dalam nefron:
7 Bagian Nefron Lengkap Fungsi dan Gambar
7 Bagian Nefron Lengkap Fungsi dan Gambar

Berikut merupakan penjelasan tiap bagian di dalam nefron:

7 Bagian Nefron Lengkap Fungsi 

1. Badan malpighi
Badan malpighi merupakan bagian yang menyimpan kapsula bowman dan glomerulus untuk menyaring darah. Fungsi badan malpighi adalah sebagai tempat dimana terdapat alat penyaring darah.

2. Kapsula bowman
Kapsula bowman ialah semacam kapsul/kantong yang membungkus glomerulus. Sir William Bowman merupakan penemu kapsula bowman. Fungsi kapsula bowman adalah untuk mengumpulkan cairan hasil penyaringan glomerulus.

3. Glomerulus
Glomerulus adalah pembuluh darah kecil atau kapiler, yang terlihat seperti bola benang. Fungsi glomerulus adalah sebagai tempat penyaringan darah yang akan menyaring air, glukosa, asam amino, garam, dan urea untuk menghasilkan urin primer.


4. Tubulus kontortus proksimal
Tubulus kontortus proksimal merupakan tempat penyerapan kembali (reabsorpsi) urin primer yang menyerap air, garam, glukosa, dan asam amino. Fungsi tubulub kontortus proksimal adalah untuk menghasilkan urin sekunder dengan kadar urea tinggi.

5. Lengkung henle
Lengkung henle ialah saluran berbentuk U atau setengah lingkaran dan menjadi penghubung antara tubulus kontortus proksimal dan tubulus kontortus distal. Lengkung henle berfungsi supaya urine tidak kembali ke tubulus kontortus proksimal. Bagian menurun dari lengkung henle sangat permeabel terhadap air tapi benar-benar kedap ion-ion, menyebabkan sejumlah besar air diserap kembali, yang meningkatkan osmolaritas cairan sampai sekitar 1200 mOsm/L. Sebaliknya, bagian menaik dari lengkung Henle kedap air tetapi sangat permeabel terhadap ion, yang mengakibatkan penurunan besar pada osmolaritas cairan, dari 1200 mOsm/L sampai 100 mOsm/L.

6. Tubulus kontortus distal
Tubulus kontortus distal tempat untuk melepaskan zat tidak berguna lain atau berlebihan dalam urin sekunder. Proses yang dilakukan tubulus kontortus distal disebut proses augmentasi (Pengumpulan). Hasil dari cairan yang telah melewati tubulus kontortus distal adalah urin yang sesungguhnya.

7. Tubulus kolektivus
Tubulus kolektivus merupakan tabung sempit panjang dalam ginjal yang megumpulkan urin dari nefron, untuk disalurkan ke pelvis menuju kandung kemih. dengan kata lain Tubulus kolektivus berfungsi untuk mengumpulkan urin dari beberapa tubulus kontortus proksimal lalu dibawa ke pelvis.

Fungsi Utama Nefron

Secara umum terdapat 2 fungsi utama dari nefron, yaitu sebagai berikut:
  1. Mengembalikan zat seperti kalium, natrium atau fosfor setiap kali zat ini habis dalam tubuh.
  2. Membantu mengeluarkan kelebihan air, limbah dan zat-zat lain dari darah. 

Kerusakan pada Nefron

Nefron merupakan salah satu bagian penting dalam ginjal, seandainya terjadi kerusakan pada nefron maka akan menyebabkan penyakit pada ginjal, diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Penyakit glomerular
  2. Diabetes
  3. Sindrom nefrotik
  4. Radang Ginjal (Nefritis)
  5. Lupus Nefritis
  6. IgA nefropati


Sekian artikel mengenai 7 Bagian Nefron Lengkap Fungsi dan Gambar. semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah wawasan tentang bagian nefron, nefron ginjal, kapsula bowman dan fungsi nefron. Terimakasih atas kunjungannya.

7 Bagian Nefron Lengkap Fungsi dan Gambar
MARKIJAR : MARi KIta belaJAR

Posting Komentar untuk "7 Bagian Nefron Lengkap Fungsi dan Gambar"