Diagram Interaksi Antar Pelaku Ekonomi Pada Perekonomian Terbuka dan Tertutup (Lengkap Gambar)

Diagram interaksi antar pelaku ekonomi (circulair flow diagram) merupakan sebuah diagram yang menggambarkan hubungan timbal balik diantara pelaku ekonomi berupa arus melingkar yang membentuk suatu sistem tertentu.

Pada pembahasan sebelumnya sudah kita bahas 4 Pelaku Kegiatan Ekonomi Lengkap Perannya Dalam Kegiatan Ekonomi, kali ini kita akan melanjutkannya dengan membahas Diagram Interaksi Antar Pelaku Ekonomi, pada dasarnya kelompok pelaku ekonomi tersebut bertindak sebagai produsen dan konsumen bagi yang lainnya. Sejatinya interaksi antara pelaku kegiatan ekonomi cukup kompleks untuk dijelaskan karena menyangkut berbagai hal, tetapi interaksi tersebut dapat digambarkan dalam sebuah diagram. Diagram tersebut dapat menggambarkan arus timbal balik antara pelaku kegiatan ekonomi secara jelas dan lebih mudah dipahami. Diagram tersebut disebut sebagai diagram interaksi antar pelaku ekonomi (cilculair flow diagram).

Dalam diagram interaksi pelaku ekonomi terdapat dua model diagram perekonomian, yaitu perekonomian terbuka yang terdiri dari empat sektor serta perekonomian tertutup yang terdiri dari dua sektor dan tiga sektor. Untuk lebih jelasnya akan kami jabarkan sebagai berikut:

1. Diagram Interaksi Pelaku Ekonomi (Cilculair Flow Diagram) pada Perekonomian Terbuka

Perekonomian terbuka merupakan gambaran nyata dari pola kegiatan ekonomi modern saat ini, kenapa demikian ? sebab perekonomian terbuka melibatkan para pelaku ekonomi sebuah negara dengan pelaku ekonomi negara lain.

Dalam perekonomian terbuka terdapat 4 pelaku ekonomi, yaitu rumah tangga, pemerintah, perusahaan dan masyarakat luar negeri. Peran perekonomian luar negeri sangat besar bagi perekonomian dalam negeri dalam rangka menjalin kerjasama dibidang ekonomi maupun hubungan diplomatik. Hubungan kerja sama tersebut dapat berupa perdagangan, investasi dan sebagainya yang tercermin dalam kegiatan ekspor dan impor. Diagram perekonomian terbuka bisa digambarkan sebagai berikut:
Diagram interaksi pelaku ekonomi 4 sektor
Diagram interaksi pelaku ekonomi 4 sektor

Dapat dilihat, diagram perekonomian terbuka mempnyai 4 pelaku ekonomi yakni rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri. Dalam perekonomian, ke empat pelaku ini mempunyai hubungan interaksi yang bertujuan untuk memenuhi keperluan masing-masing. Hubungan tersebut diantaranya sebagai berikut:

a) Rumah Tangga
1) Hubungan dengan perusahaan
  • Dalam perekonomian, rumah tangga membeli barang atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan untuk dikonsumsi.
  • Rumah tangga mendapatkan penghasilan berupa gaji, bunga, sewa dan sebagainya dari perusahaan atas balas jasa dari penawaran faktor produksi.

2) Hubungan dengan pemerintah
  • Rumah tangga menerima pendapatan berupa gaji, bunga dan sebagainya.
  • Rumah tangga mendapatkan fasilitas publik dari pemerintah sebagai timbal balik dari pembayaran pajak.
  • Rumah tangga berkewajiban membayar pajak kepada pemerintah.

3) Hubungan dengan masyarakat luar negeri
  • Rumah tangga mengekspor sumber daya ke luar negeri.
  • Rumah tangga memenuhi kebutuhan akan barang atau jasa yang tidak diproduksi didalam negeri dengan cara mengimpornya dari luar negeri.

b) Pemerintah
1) Hubungan dengan rumah tangga
  • Pemerintah mendapatkan setoran pajak dari rumah tangga yang digunakan untuk kebutuhan operasional, pembangaunan, fasilitas publik dan sebagainya.

2) Hubungan dengan perusahaan
  • Pemerintah menerima setoran pajak dari perusahaan.
  • Pemerintah membeli dan memakai produk yang dihasilkan oleh perusahaan baik berupa barang maupun jasa.

3) Hubungan dengan masyarakat luar negeri
  • Pemerintah menetapkan kebijakan dalam ekspor dan impor.
  • Pemerintah mendapatkan penerimaan berupa devisa dari hasil mengekspor barang dan jasa.
  • Pemerintah menerima pajak dari masyarakat luar negeri.

c) Perusahaan
1) Hubungan dengan rumah tangga
  • Perusahaan menghasilkan barang dan jasa yang dapat dikonsumsi oleh rumah tangga.
  • Perusahaan memberikan sejumlah keuntungan dan penghasilan atas balas jasa berupa gaji, sewa, upah, bunga dan sebagainya.

2) Hubungan dengan pemerintah
  • Perusahaan menjual hasil produksinya baik berupa barang atau jasa kepada pemerintah.
  • Perusahaan berkewajiban untuk membayar pajak kepada pemerintah.

3) Hubungan denga masyarakat luar negeri
  • Perusahaan melakukan kegiatan ekspor dan impor barang dan jasa dari dan ke luar negeri.

d) Masyarakat luar negeri
1) Hubungan dengan rumah tangga
  • Masyarakat luar negeri menyediakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga (dalam negeri) dan juga sebaliknya.

2) Hubungan dengan perusahaan
  • Masyarakat luar negeri mengekspor barang dan jasa ke perusahaan begitu juga sebaliknya. 

2. Diagram Interaksi Pelaku Ekonomi (Cilculair Flow Diagram) pada Perekonomian Tertutup 

Selanjutnya kita akan membahas diagram interaksi pelaku ekonomi pada perekonomian tertutup, Diagram interaksi pelaku ekonomi pada perekonomian tertutup terdiri dari dua bagian sektor, yaitu kegiatan ekonomi dua sektor serta kegiatan ekonomi tiga sektor.

a) Kegiatan Ekonomi Dua Sektor
Dalam kegiatan ekonomi dua sektor ini, yang terlibat didalamnya hanya dua pelaku ekonomi, yang pertama adalah rumah tangga dan yang kedua perusahaan. Dalam sektor ini kita bisa melihat hubungan interaksi atau timbal balik antara kedua pelaku ekonomi tersebut. Jika kita lihat dalam diagram interaksi (circulair flow diagram) maka akan tampak sebagai berikut:
Diagram interaksi pelaku ekonomi 2 sektor
Diagram interaksi pelaku ekonomi 2 sektor

Perhatikan arus pertama (1) pada diagram diatas, kita tahu bahwa rumah tangga adalah pemilik faktor produksi oleh sebab itu rumah tangga melakukan penawaran fakor produksi seperti tenaga kerja, tanah, modal dan sebagainya kepada perusahaan sebagai modal perusahaan untuk menjalankan kegiatan produksi.

Pada arus kedua (2), perusahaan mengalirkan arus uang berupa gaji, sewa, laba, bunga dan sebagainya kepada rumah tangga sebagai balas jasa atas penggunaan faktor produksi rumah tangga oleh perusahaan.


Selanjutnya pada arus ketiga (3), pendapatan yang sebelumnya dimiliki rumah tangga akan mengalir kembali ke perusahaan. Hal ini akan terus berlangsung selama rumah tangga mempunyai pendapatan dan perusahaan masih berproduksi.

Dan yang terakhir pada arus keempat (4), dari perusahaan akan mengalir barang atau jasa kepada rumah tangga sebagai pemenuh kebutuhannya. Arus barang tersebut bisa disalurkan melalui perantara seperti pedagang dan sebagainya atau disalurkan langsung oleh perusahaan.

b) Kegiatan Ekonomi Tiga Sektor
Bila sebelumnya dalam kegiatan ekonomi dua sektor yang terlibat hanya dua pelaku ekonomi, dalam kegiatan ekonomi tiga sektor yang terlibat ada tiga pelaku ekonomi yaitu rumah tangga, pemerintah dan perusahaan. berikut gambaran diagram interaksinya:
Diagram interaksi pelaku ekonomi 3 sektor
Diagram interaksi pelaku ekonomi 3 sektor

Sebenarnya tidak berbeda jauh dengan kegiatan ekonomi dua sektor, hanya saja terdapat peran pemerintah disini. Kita lihat pada arus satu (1) rumah tangga membeli barang dan jasa dari perusahaan melalui product market (pasar barang) dengan begitu perusahaan akan menerima uang dari penjualan barang dan jasa tersebut. Dalam arus ini, rumah tangga berperan sebagai konsumen sedangkan perusahaan berperan sebagai penjual. Perusahaan menetapkan harga barang atau jasa berdasarkan biaya produksi, sedangkan di product market (pasar barang) penetapan harga ditentukan oleh permintaan rumah tangga dan penawaran perusahaan.

Arus dua (2) pada diagram menunjukan bahwa pendapatan rumah tangga yang digunakan untuk membeli barang dan jasa dari perusahaan didapatkan dari penjualan fakor produksi yang dimilikinya kepada perusahaan. Disini perusahaan berperan sebagai pembeli sedangkan rumah tangga berperan sebagai penjual. Dan harga faktor produksi ditentukan oleh penawaran rumah tangga dan permintaan perusahaan.

Selanjutnya pemerintah menggunakan pendapatan dari hasil pajak untuk digunakan membeli barang dan jasa dari pasar faktor produksi, pasar barang dan perusahaan untuk memberikan fasilitas dan pelayanan kepada masyarakat umum.

Dengan adanya interaksi antar pelaku ekonomi, perputaran barang dan jasa, uang, dan faktor produksi dapat berlangsung dengan baik sehingga kebutuhan dari masing-masing pelaku ekonomi dapat terpenuhi.

Manfaat Diagram Interaksi Antar Pelaku Ekonomi

Dari diagram interaksi antar pelaku ekonomi dapat diperoleh berbagai manfaat, baik bagi pemerintah maupun bagi masyarakat. Manfaat diagram interaksi antar pelaku ekonomi bagi pemerintah adalah sebagai berikut.
  1. Sebagai alat bantu untuk membuat pola pembangunan nasional.
  2. Sebagai sarana untuk mengetahui hak dan kewajiban pemerintah kepada masyarakat.
  3. Sebagai alat bantu untuk mengukur dan mengontrol arus peredaran uang.
  4. Sebagai media untuk menentukan struktur ekonomi nasional.
  5. Sebagai alat bantu untuk mengatur dan mengontrol arus barang dan jasa serta faktor-faktor produksi yang terjadi di masyarakat.
  6. Sebagai alat bantu untuk mengatur dan mengontrol arus barang dan jasa dan faktor-faktor produksi dari dan ke luar negeri.
  7. Sebagai alat bantu untuk mengatur distribusi pendapatan nasional.
  8. Sebagai alat bantu untuk membuat APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara).

Sedangkan Manfaat diagram interaksi antar pelaku ekonomi bagi masyarakat (rumah tangga) adalah sebagai berikut.
  1. Sebagai media untuk mengetahui arus barang dan jasa serta faktor-faktor produksi yang terjadi dalam kehidupan.
  2. Sebagai media untuk mengetahui hak dan kewajiban masyarakat dalam kegiatan ekonomi bila dihubungkan dengan peran perusahaan, pemerintah, dan masyarakat luar negeri.
  3. Sebagai sarana untuk memperluas wawasan.
  4. Sebagai alat bantu untuk mengetahui jenis pekerjaan yang bisa dilakukan oleh masyarakat (misalnya, menjadi eksportir atau importir).


Sekian artikel mengenai Diagram Interaksi Antar Pelaku Ekonomi Pada Perekonomian Terbuka dan Tertutup Lengkap dengan Gambar. semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah wawasan tentang Diagram Interaksi Pelaku Ekonomi, Diagram interaksi pelaku ekonomi 2 sektor, 3 sektor, 4 sektor dan Manfaat Diagram Interaksi Antar Pelaku Ekonomi. Terimakasih atas kunjungannya.

Diagram Interaksi Antar Pelaku Ekonomi Pada Perekonomian Terbuka dan Tertutup
MARKIJAR : MARi KIta belaJAR

Baca Juga :

Suka dengan artikel kami ? Tidak ada salahnya untuk berlangganan artikel terbaru dari MARKIJAR.Com langsung via email mu :

0 Response to "Diagram Interaksi Antar Pelaku Ekonomi Pada Perekonomian Terbuka dan Tertutup (Lengkap Gambar)"

Post a Comment