Peran Rumah Tangga Konsumen, Produsen, Pemerintah dan Masyarakat Luar Negeri Sebagai Pelaku Kegiatan Ekonomi

Peran Rumah Tangga Konsumen, Produsen, Pemerintah dan Masyarakat Luar Negeri
Peran Rumah Tangga Konsumen, Produsen, Pemerintah dan Masyarakat Luar Negeri
Dalam kegiatan ekonomi, ada yang disebut sebagai pelaku ekonomi. Pelaku kegiatan ekonomi ini adalah subjek perorangan ataupun kelompok (organisasi), yang melakukan kegiatan ekonomi. baik itu konsumsi, produksi, dan distribusi.

Pelaku kegiatan ekonomi yang ada di masyarakat dapat dikelompokkan menjadi empat, yakni rumah tangga konsumen, rumah tangga konsumen, rumah tangga pemerintah dan masyarakat luar negeri. Ke empat kelompok tersebut mempunyai berbagai macam peran yang sangat penting dalam kegiatan ekonomi, pada kesempatan kali ini kita akan menjelaskan tentang Peran Rumah Tangga Konsumen, Produsen, Pemerintah dan Masyarakat Luar Negeri Sebagai Pelaku Kegiatan Ekonomi. Berikut penjelasannya.

A. Peran Rumah Tangga Produsen

Rumah tangga produsen adalah sebuah organisasi yang dikembangkan oleh seseorang ataupun sekelompok orang yang bertujuan menghasilkan berbagai macam barang maupun jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Atau dengan kata lain produsen adalah organisasi ekonomi yang didirikan dengan untuk tujuan memproduksi barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Rumah tangga produsen mempunyai peran sebagai berikut:
  1. Melakukan kegiatan produksi barang dan jasa, dengan cara mengolah faktor produksi yang diperoleh dari rumah tangga konsumen.
  2. Sebagai penjual hasil produksi kepada konsumen, pemerintah, dan masyarakat luar negeri.
  3. Membayar kompensasi (balas jasa) atas pemanfaatan faktor-faktor produksi, yaitu berupa sewa, gaji, bunga, serta laba atau keuntungan.
  4. Sebagai penggerak ekonomi serta agen pembangunan.
  5. Mempunyai kewajiban membayar pajak kepada pemerintah.

B. Peran Rumah Tangga Konsumen

Rumah tangga konsumen adalah sekelompok masyarakat (kelompok atau individu) yang melakukan kegiatan konsumsi barang maupun jasa yang dihasilkan produsen untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang tidak terbatas.

Supaya dapat memenuhi kebutuhan hidup tersebut, setiap orang harus bekerja untuk mendapatkan uang. Selanjutnya ketika sudah mempunyai uang setiap orang bisa membeli barang ataupun jasa sesuai dengan kebutuhan nya.

Dalam kegiatan ekonomi rumah tangga konsumsen memiliki peran yang sangat penting, antara lain sebagai berikut:
  1. Rumah tangga konsumen mempunyai peran sebagai pemakai barang atau jasa yang dihasilkan oleh rumah tangga produsen (perusahaan) untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
  2. Rumah tangga konsumen mempunyai peran sebagai pemasok faktor produksi ke pada perusahaan untuk diolah dalam kegiatan produksi.

C. Peran Rumah Tangga Pemerintah

Pemerintah merupakan pihak yang memiliki peran vital dalam sebuah perekonomian, pemerintah bertugas untuk mengontrol dan mengendalikan perekonomian negara agar masyarakat dapat mencapai kemakmuran.

Pemerintah sebagai penguasa tertinggi dalam sebuah negara memiliki peran dalam kegiatan ekonomi, antara lain sebagai berikut:
  1. Menjaga stabilitas ekonomi dengan membuat dan menerapkan kebijakan-kebijakan ekonomi.
  2. Menciptakan iklim sehat dan kondusif bagi dunia usaha dengan melakukan bimbingan, pengaturan, pengarahan dan pengawasan dengan membuat peraturan atau perundang-undangan bersama dengan DPR yang berkaitan dengan perekonomian nasional.
  3. Menyediakan prasarana produksi. Contohnya jalan-jalan, listrik, bandara dan lain sebagainya.
  4. Menyiapkan barang serta jasa yang dibutuhkan oleh seluruh masyarakat luas dengan melakukan kegiatan produksi barang dan jasa melalui BUMN (Badan Usaha Milik Negara).
  5. Membelanjakan pendapatan negara untuk segala macam keperluan kebutuhan pemerintah. Melakukan pengeluaran dengan membeli barang ataupun jasa yang bertujuan untuk meningkatkan fasilitas dan kepentingan umum.

D. Peran Masyarakat Luar Negeri

Manusia sebagai makhluk sosial, tidak dapat hidup tanpa kehadiran orang lain. Kita tidak akan bisa mencukupi semua kebutuhan kita tanpa bantuan orang. Begitujuga dengan negara, yang tidak bisa mencukupi seluruh kebutuhan warga negaranya. Artinya negara membutuhkan kehadiran negara lain / Masyarakat luar negeri untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya.

Masyarakat luar negeri merupakan masyarakat yang tinggal diluar wilayah kedaulatan negara. Masyarakat luar negeri ini juga mempunyai peran dalam kegiatan ekonomi dalam negeri, yaitu sebagai berikut:

a. Sebagai Produsen
Perlu kita ketahui bahwa tidak semua barang dapat diproduksi di dalam negeri, bisa jadi karena itu keterbatasan dari sumber daya manusia atau dari sumber daya alam. Oleh karena itu barang-barang tersebut harus diimpor dari negara lain (masyarakat luar negeri).

b. Sebagai Konsumen
Masyarakat luar negeri adalah konsumen produk-produk yang dihasilkan di dalam negeri. Hal ini dilakukan dengan cara melaksanakan ekspor produk-produk yang telah dihasilkan di dalam negeri tersebut, dengan begitu keuntungan yang didapatkan rumah tangga konsumen / perusahaan akan meningkat.
c. Sebagai Ahli
Tidak semua negara memiliki tenaga kerja ahli dalam semua bidang. Oleh karena itu untuk mencukupi kebutuhan akan tenaga ahli maka negara mendatangkan dan memperkerjakan tenaga ahli dari luar negeri untuk membantu dalam kegiatan ekonomi di dalam negeri.

d. Sebagai Investor
Dalam perkembangannya, sebuah pembangunan dalam suatu negara membutuhkan investasi yang sangat besar. Untuk memenuhi kebutuhan investasi yang besar itu, maka negara akan mengundang investor-investor asing (masyarakat luar negeri) untuk menaruh modalnya di dalam negeri dalam bentuk investasi.


Sekian artikel mengenai Peran Rumah Tangga Konsumen, Produsen, Pemerintah dan Masyarakat Luar Negeri Sebagai Pelaku Kegiatan Ekonomi. semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat baik untuk mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah wawasan tentang Peran Rumah Tangga Konsumen Sebagai Pelaku Kegiatan Ekonomi, Peran Rumah Tangga Produsen Sebagai Pelaku Kegiatan Ekonomi, Peran Rumah Tangga Pemerintah Sebagai Pelaku Kegiatan Ekonomi dan Peran Masyarakat Luar Negeri Sebagai Pelaku Kegiatan Ekonomi. Terimakasih atas kunjungannya.

Peran Rumah Tangga Konsumen, Produsen, Pemerintah & Masyarakat Luar Negeri
MARKIJAR : MARi KIta belaJAR

Baca Juga :

Suka dengan artikel kami ? Tidak ada salahnya untuk berlangganan artikel terbaru dari MARKIJAR.Com langsung via email mu :

0 Response to "Peran Rumah Tangga Konsumen, Produsen, Pemerintah dan Masyarakat Luar Negeri Sebagai Pelaku Kegiatan Ekonomi"

Post a Comment