Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan (Lengkap Tabel)

Mendengar sel hewan dan sel tumbuhan tentu buakn kata-kata yang asing bagi sobat Markijar, Pada postingan kali ini kita akan mengupas secar lengkap dan detail perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan, Ada beberapa point penting yang akan dikaji mendalam adalah tentang dinding sel, vakuola, Plastida dan Sentriol, untuk lebih jelasnya pertama-tama akan kita tampil perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan dalam bentuk tabel agar sobat lebih cepat memahaminya.

Tabel dibawah ini akan menjelaskan secara lengkap tentang perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan dari berbagai segi mulai dari bentuk sel hewan dan sel tumbuhan, letak inti sel hingga sambungan antar sel hewan dan sel tumbuhan. berikut tabel perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan, lengkap dengan gambar sel hewan dan sel tumbuhan beserta perbedaan nya:

4 Perbedaan Dasar Sel Hewan dan Sel Tumbuhan
Sel Tumbuhan
Sel Hewan
Memiliki dinding sel
Tidak memiliki diinding sel
Mempunyai plastida (kromoplas, kloroplas dan leukoplas)
Tidak mempunyai plastida
Tidak memiliki sentriol
Memiliki sentriol
Memiliki vakuola berukuran besar
Memiliki vakuola berukuran kecil
20 Perbedaan Lengkap Sel Hewan dan Sel Tumbuhan
No
Perbedaan
Sel Tumbuhan
Sel Hewan
1
Dinding Sel
Ada
Tidak Ada
2
Plastida
Ada (kromoplas, kloroplas, dan leukoplas)
Tidak Ada
3
Sentriol
Tidak Ada
Ada
4
Vakuola
Ada, vakuola berukuran besar
Ada, vakuola berukuran kecil
5
Sambungan antar sel
Plasmodesmata
Desmosome, Tight junction
6
Tingkat Totipotensi
Sangat Tinggi
Rendah
7
Ketahanan Tekanan
Kuat karena dinding sel
Lemah tanpa vakuola kontraktil
8
Sitokinesis sel
Membentuk lempeng mitosis
Membentuk furrowing
9
Pembentukan Spindle
Secara anastral
Secara Amphiastral
10
Flagela
Jarang, hanya pada sperma tumbuhan tertentu
Sering ditemukan
11
Silia
Sangat jarang
Sering ditemukan
12
Ukuran Sel
Besar
Kecil
13
Organel Respirasi
Kloroplast (plastida) dan mitokondria
Mitokondria
14
Sentrosom/Sentriol
Tidak ada / Jarang ditemukan
Ada
15
Letak Inti Sel
Berada di pheriperal sitoplasma
Berada di tengah sel
16
Elastisitas jaringan
Rendah, karena adanya dinding sel
Tinggi, tidak adanya dinding sel
17
Bentuk Sel
Bentuk sel tumbuhan kaku, jarang berubah bentuk kecuali derivat sel
Berbagai macam, dapat berubah ubah bentuk dan tidak kaku
18
Glioksisom
Ada
Tidak ada/Jarang
19
Lisosom
Jarang ditemukan
Umumnya banyak terdapat dalam sel hewan
20
Matriks Ekstraselular
Tidak ada
Ada


Gambar Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan, ciri Sel Hewan dan Sel Tumbuhan, beda Sel Hewan dan Sel Tumbuhan
Gambar 1, Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan
Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan, ciri Sel Hewan dan Sel Tumbuhan, beda Sel Hewan dan Sel Tumbuhan
Gambar 2, Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

1. SEL HEWAN

Sel hewan merupakan nama nama lain dari sel eukariotik yang menyusun jaringan hewan. Sel hewan berbeda dari sel eukariotik lain, seperti sel tumbuhan, karena mereka tidak memiliki kloroplas, dinding sel dan biasanya sel hewan memiliki vakuola yang lebih kecil, bahkan tidak ada. Karena tidak memiliki dinding sel yang keras, sel hewan bentuknya bervariasi. Sel manusia merupakan salah satu contoh jenis sel hewan. Sel hewan memiliki organel yang khas yaitu sentriol yang tidak ditemukan pada sel tumbuhan.

A. Sentriol

Sentriol adalah organel sel yang ditemukan di sebagian besar sel eukariotik hewan. Sel-sel tanaman dan juga jamur tidak memiliki sentriol. Sentriol memiliki struktur seperti seperti silinder (berbentuk tabung) yang memiliki lubang tengah dan tersusun dari protein mikrotubulus. Anggota pasangan sentriol seringkali terletak pada posisi menyudut ke arah kanan satu sama lain.
Sentriol terdiri dari mikrotubulus yang membentuk suatu struktur protein seperti jala yang tampak berdekatan dengan kromosom selama pembelahan sel (meiosis dan metosis). Jala tersebut dinamakan benang spindel. di ujung lain, jala tersebut berdekatan dengan bagian ujung sentriol. Sentriol sendiri berperan untuk mengatur polaritas (kutub) pembelahan sel hewan dan mengatur pemisahan kromosom selama pembelahan.

B. Vakuola

Tidak semua hewan memiliki vakuola, namun pada beberapa jenis hewan bersel satu ditemukan adanya vakuola, misalnya pada paramecium dan amoeba. Pada paramecium ditemukan dua macam vakuola yaitu vakuola makanan (vakuola tak berdenyut) dan vakuola berdenyut. Berikut ini fungsi masing-masing ke 2 vakuola tersebut:
  • Vakuola nonkontraktil (Vakuola makanan / vakuola tak berdenyut), berfungsi mencernakan makanan, sehingga sering disebut vakuola makanan.
  • Vakuola kontraktil (vakuola berdenyut), khas untuk hewan bersel satu yang hidup di air tawar. Vakuola kontraktil berfungsi menjaga tekanan osmotik sitoplasma, atau sering disebut sebagai alat osmoregulato.


2. SEL TUMBUHAN

Sel tumbuhan merupakan bagian terkecil dari setiap organ tumbuhan. Sel tumbuhan ialah penggerak dari sebuah tumbuhan itu sendiri, Sel Tumbuhan memiliki bagian-bagian sel yang dapat membedakannya dengan sel hewan. Bagian-bagian sel tersebut anatara lain sebgai berikut.

A. Dinding Sel

Dinding sel merupakan sel yang tersusun atas selulosa yang bersifat kaku dan keras. Fungsi Dinding sel adalah untuk melindungi dan memberikan bentuk yang tetap. Dinding sel dibentuk oleh diktlosom dimana bahan penyusun dinding sel ialah polisakarida, yang terdiri dari selulosa, pektin dan hemiselulosa. Dinding sel besama dengan vakuola berperan dalam turgiditas (kekakuan) sel. Dinding sel terbagi atas dua macam antara lain sebagai berikut.
  • Dinding sel primer adalah dinding sel yang tersusun selulosa, pektin, hemiselulosa dimana dinding sel primer dibentuk disaat pembelahan sel
  • Dinding sel sekunder adalah dinding sel yang terbentuk karena penebalan dimana dinding sel sekunder tersusun atas lignin, selulosa, hemiselulosa. Dinding sel ini terdapat pada sel dewasa didalam dinding sel primer.

B.Vakuola

Vakuola merupakan organel bermembran yang berisi cairan vakuola. Sejatinya vakuola terdapat pada sel tumbuhan dan sel hewan. akan tetapi Vakuola pada tumbuhan memiliki bentuk dan fungsi yang lebih nyata jika dibandingkan vakuola yang ada di sel hewan, Tumbuhan yang masih muda memiliki vakuola dengan ukuran yang kecil, tetapi pada tumbuhan besar dan dewasa, vakuola tampak membesar, bahkan mendominasi sitoplasma dan mendesak sitoplasma ke tepi dinding sel.

Baca Juga : Materi Lengkap Dunia Tumbuhan

Fungsi utama Vakuola antara lain sebagai berikut:
  • Tempat penimbunan sisa metabolisme dan metabolik sekunder seperti getah karet, alkaloid, tanin, dan kalsium oksabit
  • Tempat menyimpan pigmen (bunga, daun dan buah)
  • Tempat penyimpanan zat cadangan makanan seperti amilum dan glukosa
  • Mengatur tirgiditas sel (tekanan osmotik sel)
  • Tempat penyimpanan minyak atsirik (Kelompok minyak yang dapat memberi bau khas seperti minyak kayu putih)

Vakuola dibagi menjadi 2 jenis, yaitu Vakuola nonkontraktil (vakuola makanan) dan Vakuola Kontraktil.
  • Vakuola nonkontraktil berfungsi untuk mencerna makanan dan mengedarkan hasil makanan.
  • Vakuola kontraktil berufngsi sebagai osmoregulator yaitu pengatur nilai osmotik sel atau ekskresi.

C. Plastida

Plastida merupakan organel yang bermembran lengkap yang berupa butir-butir yang mengandung pigmen. Plastida ialah hasil dari badan kecil yang dikenal dengan proplastida, proplastida ini berada banyak di daerah meristimatik. Pada perkembangannya, proplastida dapat berubah menjadi 3 tipe, yaitu tipe kromoplas, kloroplas, dan leukoplas.

a. Kromoplas
Kromoplas merupakan plastida yang memberikan aneka ragam warna non-fotosintetis, misalnya pigmen merah, kuning dan orange, dan lainnya. Pigmen yang termasuk dalam kromoplas diantaranya sebagai berikut:
  • Fikosiantin, menimbulkan warna cokelat pada ganggang
  • Fikoeretrin, menimbulkan warna merah pada ganggang
  • Xantofil, menimbulkan warna kuning pada daun ynag telah tua
  • Fikosianin, menimbulkan warna biru pada ganggang
  • Karoten, menimbulkan warna kuning jingga dan merah, misalnya pada wortel

b. Kloroplas
Kloroplas yang merupakan plastida yang telah diketahui banyak orang. Kloroplas bertanggung jawab terhadap fotosintesis tumbuhan dan mayoritas alga. Kloroplas merupakan organel yang mengandung klorofil. Klorofil sendiri berfungsi saat terjadinya fotosintesis.

Struktur Kloroplas terdiri atas dua bagian besar, yaitu bagian amplop dan bagian dalam. Bagian amplop kloroplas terdiri dari membran luar yang bersifat sangat permeabel yang berguna untuk melewatkan molekul-molekul berukuran kurang dari 10 kilodalton tanpa selektivitas, membran dalam yang bersifat permeabel serta merupakan tempat protein transpor melekat, serta ruang antar membran yang terletak di antara membran luar dan membran dalam. kemudian pada Bagian dalam kloroplas mengandung DNA, ribosom, RNAs, stroma (tempat terjadinya reaksi gelap), dan granum.

Kloroplas biasah terdapat pada daun dan organ tubuh lainnya yang berwarna hijau. Klorofil yang dimiliki kloroplas dapat dibedakan menjadi berbagai macam, diantaranya adalah:
  • Klorofil a : menampilkan warna hijau biru
  • Klorofil b : menampilkan warna hijau kuning
  • Klorofil c : menampilkan warna hijau cokelat
  • Klorofil d : menampilkan warna hijau merha

c. Leukoplas
Leukoplas merupakan plastida yang berwarna putih atau tidak berwarna. Umumnya terdapat pada organ tumbuhan tidak terkena sinar matahari, khusus pada organ penyimpanan cadangan makanan. Leukoplas biasanya berfungsi untuk menyimpanan cadangan makanan, seperti protein dan amilum pada sel-sel batang ketela pohon dan sel-sel akar pada kentang, Leukoplas dibedakan dalam beberapa macam antara lain sebagai berikut.
  • Elaioplas (lipidoplas) adalah leukoplas yang berfungsi dalam membentuk dan tempat menyimpan lemak atau minyak.
  • Amiloplas adalah leukoplas yang berfungsi dalam membentuk dan tempat penyimpanan amilum
  • Proteoplas adalah leukoplas yang berfungsi untuk menyimpan protein

Sekian artikel mengenai Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan. Semoga materi yang baru saja kita jelaskan dapat bermanfaat bagi kita semua baik itu tabel perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan, bagian-bagian sel tumbuhan dan hewan, ciri sel hewan dan sel tumbuhan, gambar selhewan dan sel tumbuhan serta perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan berdasarkan karektristiknya secara lengkap. Sekian dan teirma kasih.

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan
MARKIJAR : MARi KIta belaJAR

Posting Komentar untuk "20 Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan (Lengkap Tabel)"