5 Macam Peninggalan Bersejarah di Indonesia yang Wajib Kita Ketahui

Macam Peninggalan Bersejarah di Indonesia - Sebagian besar masyarakat telah mengetahui adanya peninggalan bersejarah yang ada di Indonesia. Salah satunya yaitu Candi Borobudur yang terletak di kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi Borobudur sendiri telah ditetapkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1991. Sampai sekarang masih banyak wisatawan yang berkunjung ke Candi Borobudur baik yang berasal dalam negeri maupun luar negeri.

Nah.., pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai macam-macam peninggalan bersejarah yang ada di Indonesia. Sebelum membahas macam-macam peninggalan bersejarah di Indonesia, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian dari peninggalan Sejarah itu sendiri. Apakah Peninggalan Sejarah itu? Peninggalan Sejarah adalah peninggalan-peninggalan pada masa lampau yang mempunyai nilai sejarah dalam kehidupan manusia. Peninggalan bersejarah dapat di jadikan sebagai bahan untuk menyusun sejarah serta membantu kita mengetahui apa yang terjadi pada masa lampau.
Candi Borobudur merupakan contoh Peninggalan Bersejarah di Indonesia
Candi Borobudur merupakan contoh Peninggalan Bersejarah di Indonesia

Indonesia memiliki banyak peninggalan bersejarah yang bernilai tinggi. Maka dari itu, kita wajib menghargai dan melestarikannya agar terjaga kelestariannya. Selain itu, dengan adanya peninggalan bersejarah di Indonesia, dapat membantu kita dalam mempelajari sejarah bangsa Indonesia. Mulai dari fosil, prasasti, patung, bangunan, naskah kuno dan lain sebagainya. Hal tersebut merupakan macam-macam peninggalan bersejarah di Indonesia. Terdapat 5 macam peninggalan sejarah di Indonesia, diantaranya yaitu berupa tulisan, bangunan, benda-benda bersejarah, karya seni, dan adat istiadat. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas satu per satu. Berikut 5 Macam Peninggalan Bersejarah Di Indonesia:

1. Tulisan

Peninggalan bersejarah di Indonesia berupa tulisan terbagi menjadi dua, yaitu Prasasti dan naskah kuno:

Prasasti

Prasasti merupakan peninggalan sejarah yang berupa tulisan atau gambar pada batu. Sehingga prasasti disebut juga sebagai batu tulis. Sebuah prasasti biasanya ditulis dengan huruf Pallawa dan berbahasa Sansekerta.
Prasasti Yupa merupakan contoh Peninggalan Bersejarah di Indonesia
Prasasti Yupa merupakan contoh Peninggalan Bersejarah di Indonesia

Pada umumnya Prasati berisi informasi/ catatan mengenai peristiwa penting yang dialami oleh suatu kerajaan atau seorang raja. Beberapa prasasti yang ada di Indonesia yaitu, anatar lain :
  • Prasasti Yupa di Kalimantan Timur sekitar tahun 500 M peninggalan dari Kerajaan Kutai.
  • Prasasti Telaga Batu di Palembang peninggalan dari Kerajaan Sriwijaya.
  • Prasasti Sriwijaya di Sumatera peninggalan dari Kerajaan Sriwijaya.
  • Prasasti Ciaruteun di Jawa Barat peninggalan kerajaan Taruma Negara.

Naskah Kuno

Naskah kuno yaitu dokumen-dokumen penting yang berisi informasi pada zaman dahulu. Naskah kuno juga bisa berupa karya sastra seperti syair, hikayat, legenda dan kitab-kitab. Beberapa naskah kuno yang ada di Indonesia yaitu, Antara lain :
  • Kitab Sutasoma Karya Mpu Tantular dari kerajaan Majapahit.
  • Kitab Negarakertagama karya Mpu Prapanca dari kerajaan Majapahit.
  • Kakawi Arjuna Wiwaha karya Mpu Kanwa pada zaman kerajaan Airlangga, Kahuripan.
  • Kitab Smaradahana karya Mpu Darmaja pada zaman Raja Kameswara I, Kediri.
  • Kitab Bharatayuda karya Mpu Sedah dan Mpu Panuluh pada jaman Raja Jaya Baya, Kediri.
Perlu diketahui Kakawi merupakan syair dalam bahasa Jawa Kuna dengan metrum yang berasal dari India.

2. Bangunan

Bangunan bersejarah di Indonesia memiliki aset yang tak ternilai harganya. Peninggalan bersejarah di Indonesia berupa bangunan memiliki 6 bentuk bangunan, diantaranya adalah sebagai berikut :

Candi

Candi merupakan bangunan kuno yang dibuat dari batu dan biasanya digunakan sebagai tempat pemujaan/ beribadah bagi pemeluk agama Hindu dan Budha pada zaman dahulu. Candi merupakan peninggalan kerajaan Hindu dan Budha. Fungsi bangunan candi yaitu untuk memuliakan raja yang telah meninggal dunia. Beberapa candi yang ada di Indonesia yaitu, antara lain:
  • Candi Borobudur : di Magelang, Jawa Tengah.
  • Candi Padas : di Tampak Siring, Bali.
  • Candi Kidal : di Malang, Jawa Timur.
  • Candi Sewu : di Magelang, Jawa Tengah.
  • Candi Prambanan : di Klaten, Jawa Tengah.
  • Candi Tikus : di Mojokerto, Jawa Timur.

Benteng

Banteng merupakan bangunan yang difungsikan guna mempertahankan diri (bertahan) dari serangan lawan. 
Benteng Duurstede merupakan contoh Peninggalan Bersejarah di Indonesia
Benteng Duurstede merupakan contoh Peninggalan Bersejarah di Indonesia

Benteng-benteng yang ada di Indonesia sebagian besar berasal dari peninggalan Belanda, Portugis dan Spanyol pada masa penjajahan. Beberapa benteng yang ada di Indonesia yaitu, antara lain:
  • Benteng Inang Bale : di Aceh, Daerah Istimewa Aceh.
  • Benteng Bonjol : di Bonjol Sumatra Barat.
  • Benteng Duurstede : di Saparua, Maluku.
  • Benteng Surason : di Banten, JawaBarat.
  • Benteng Jagaraga : di Bali.

Masjid

Masjid adalah tempat ibadah bagi umat Islam. Dengan adanya peninggalan bersejarah berupa masjid membuktikan bahwa pengaruh Islam di Indonesia sudah ada sejak zaman dahulu. Beberapa masjid yang bersejarah di Indonesia antara lain Masjid Aceh, Masjid Agung Banten, Masjid Makam Sedangduwur (Jawa Timur), Masjid Kudus, Masjid Demak, dan Masjid Jami Pontianak.


Monumen atau tugu

Monumen atau tugu merupakan bangunan yang sengaja dibuat untuk memperingati suatu peristiwa dan penghormatan terhadap jasa perjuangan para pahlawan zaman dahulu. Beberapa monumen yang ada di Indonesia antara lain Monumen Nasional (Tugu Monas) di Jakarta, Monumen Tugu Muda di Semarang, Monumen Proklamasi di Jakarta, Monumen Palagan Ambarawa di Semarang, Monumen Pers Nasional di Solo, Jawa Tengah.

Baca Juga : Materi Lengkap Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) CPNS

Istana atau keraton

Istana atau keraton merupakan bangunan yang dijadikan sebagai tempat tinggal sang raja pada zaman dahulu. Beberapa istana yang ada di Indonesia antara lain Keraton Mangkunegaran di Surakarta, Keraton Paku Alam di Yogyakarta, Keraton Kasepuhan di Cirebon, Karaton Maimun di Medan, Istana Raja Goa di Sulawesi Selatan, Istana Raja Khungkung di Bali.

Makam

Makam merupakan tempat untuk menguburkan orang-orang yang sudah meninggal terutama para raja/ tokoh-tokoh penting dalam sejarah.
Makam Pangeran Diponegoro merupakan contoh Peninggalan Bersejarah di Indonesia
Makam Pangeran Diponegoro merupakan contoh Peninggalan Bersejarah di Indonesia

Biasanya makam banyak dijadikan sumber sejarah dan peninggalan sejarah. Beberapa makam yang ada di Indonesia yaitu, antara lain:
  • Makam Raja-raja Surakarta dan Yogyakarta di Imogiri, Yogyakarta.
  • Makam Pangeran Diponegoro di Makassar, Sulawesi Selatan.
  • Makam RA. Kartini di Rembang, Jawa Tengah.
  • Makam Ir. Soekarno Presiden RI Pertama di Blitar, Jawa Timur.
  • Makam Sunan Kalijaga di Demak, Jawa Tengah.

3. Benda-benda Peninggalan bersejarah

Benda-benda Peninggalan bersejarah yang berupa benda atau barang antara lain adalah sebagai berikut :

Fosil

Fosil adalah bagian atau sisa dari mahkluk hidup (manusia, hewan atau tumbuhan) yang sudah membatu. Beberapa fosil yang ada di Indonesia antara lain di Desa Trinil, (Mojokerto Jawa Timur), Sangiran (Sragen, Jawa Tengah), dan lain sebagainya.

Artefak

Artefak adalah perkakas atau peralatan yang digunakan oleh manusia pada zaman dahulu. Artefak bisa berupa alat pertanian, peralatan makan, peralatan memasak, senjata, serta perhiasan.

Arca

Arca merupakan peninggalan sejarah yang bercorak agama Hindhu-Buddha. Arca biasa dikenal oleh masyarakat luas dengan istilah patung. Arca atau Patung biasanya terbuat dari batu, perunggu dan bahkan emas. Bentuk-bentuk Arca atau Patung bermacam-macam, ada patung dewa, patung raja/ratu, patung binatang dan lain-lain. Beberapa Arca yang ada di Indonesia Antara lain Arca Buddha Amarawati di Sulawesi Selatan, Arca Roro Jonggrang di Candi Prambanan, Arca Airlangga di Belahan, Arca Tribhuwana di Candi Arimbi, dll.

4. Karya Seni

Karya Seni adalah peninggalan bersejarah yang berasal dari nenek moyang kita yang kemudian menjadi tradisi di masyarakat. Pada zaman dahulu nenek moyang kita banyak memiliki karya seni yang sampai sekarang masih ada, antara lain :

Tarian tradisional

Tarian tradisional adalah tarian peninggalan zaman dahulu yang hingga saat ini masih ada dan sering ada dipertunjukan. Beberapa contoh dari tarian tradisional di Indonesia antara lain Tari Gambyong dari Jawa Tengah dan Tari Seudati dari Aceh.

Dongeng atau cerita rakyat

Dongeng atau cerita rakyat adalah cerita yang disampaikan secara turun-temurun dan tidak diketahui pengarangnya. Cerita rakyat ini biasanya mengandung hikmah atau pelajaran yang dapat diambil oleh masyarakat. Beberapa contoh dari cerita rakyat di Indonesia antara lain Malinkundang dari Sumatera Barat dan Tangkuban Perahu dari Jawa Barat.

Lagu atau tembang daerah

Lagu atau tembang suatu daerah merupakan peninggalan sejarah yang masih dilestarikan. Beberapa contoh dari lagu/ tembang di Indonesia antara lain Lagu Lir-ilir dari Jawa Tengah dan Lagu Gending Sriwijaya dari Sumatera.

Seni pertunjukan

Dunia hiburan atau seni pertunjukan memang tidak akan pernah sirna di belahan bumi Indonesia. Hal ini terbukti dari dahulu hingga sekarang masih banyak ditemui dunia hiburan atau pertunjukan yang bersifat menghibur masyarakat. Perbedaan seni pertunjukan yang dahulu dengan yang sekarang salah satunya dari media yang digunakan. Beberapa contoh dari seni pertunjukan di Indonesia antara lain Wayang Kulit dari Jawa Tengah dan Yogyakarta, Ogoh-ogoh dari Bali dan Wayang Golek dari Jawa Barat.

5. Adat istiadat

Adat istiadat merupakan tradisi kepercayaan yang dilakukan oleh suatu masyarakat secara turun-temurun.
Acara Adat Ngaben merupakan contoh Peninggalan Bersejarah di Indonesia
Acara Adat Ngaben merupakan contoh Peninggalan Bersejarah di Indonesia

Contoh upacara adat istiadat Antara lain adalah : upacara adat pembakaran mayat (Ngaben) di Bali, Sekaten di Solo dan Yogyakarta, upacara adat pernikahan dan sebagainya.


Sekian artikel tentang 5 Macam Peninggalan Bersejarah di Indonesia yang Wajib Kita Ketahui, semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi anda maupun untuk sekedar menambah wawasan dan pengetahuan anda mengenai Macam Peninggalan Bersejarah di Indonesia. Terimakasih atas kunjungannya.


5 Macam Peninggalan Bersejarah di Indonesia yang Wajib Kita Ketahui
MARKIJAR : MARi KIta belaJAR


Suka dengan artikel kami ? Tidak ada salahnya untuk berlangganan artikel terbaru dari MARKIJAR.Com langsung via email mu :

0 Response to "5 Macam Peninggalan Bersejarah di Indonesia yang Wajib Kita Ketahui"

Post a Comment