Contoh Paragraf Argumentasi (Lengkap Ciri dan Penjelasan)

Sebagai orang awam, saya menganggap kenaikan harga BBM sangat meresahkan dan menyulitkan masyarakat, utamanya masyarakat kecil. Bagi masyarakat yang mampu mungkin kenaikan BBM tidak akan menjadi masalah, tetapi bagi masyarakat kecil, hal ini akan berakibat fatal. Biaya hidup mereka akan lebih besar, padahal kemampuan mereka sangat minim. Kondisi sebelum BBM naik saja sudah kembang kempis, apalagi setelah BBM naik, mungkin mereka hanya bisa makan pagi. Bahkan banyak diantara mereka yang nantinya akan kelaparan secara terselubung.

Paragraf di atas merupakan salah satu contoh paragraf argumentasi mengenai pendapat seseorang terhadap Kenaikan Harga BBM. Sebuah paragraf argumentasi akan bersifat argumentatif atau berupa pendapat. Inilah yang akan menjadi pokok bahasan kita pada artikel kali ini.

Contoh Paragraf Argumentasi, Ciri - Ciri Paragraf Argumentasi
Contoh Paragraf Argumentasi

Jika dilihat dari makna katanya "argument" merupakan sebuah alasan atau pendapat seseorang, jadi yang dimaksud dengan paragraf argumentasi ialah suatu paragraf yang mengandung pendapat - pendapat pribadi penulisnya tentang suatu permasalah yang terjadi disertai dengan data atu bukti untuk memperkuat pendapat tersebut.

Paragraf argumentasi hampir sama dengan paragraf eksposisi. Hal yang membedakan adalah paragraf ini cenderung lebih membuat pembacanya agar meyakini apa yang sedang mereka baca. Sedangkan paragraf eksposisi hanya memberi informasi saja tanpa memaksa pembaca untuk meyakininya.

Ciri - Ciri Paragraf Argumentasi

  1. Mengemukakan ide tentang sebuah permasalahan yang umumnya sedang populer di masyarakat.
  2. Berisi tentang pendapat / argumen penulis yang dijabarkan dengan sangat jelas dan disertai dengan bukti berupa data, contoh kasus dan fakta.
  3. Argmen - argumen yang disampaikan harus kritis, logis, jernih dan sehat (masuk akal).
  4. Data yang disajikan berupa hasil dari sebuah observasi atau pengamatan (bukan data asal - asalan).
  5. Menyajikan kesimpulan di akhir paragraf berupa inti dari permasalahan tersebut.

Contoh Paragraf Argumentasi

Contoh Paragraf Argumentasi 2
Menurut saya, demam batu akik yang tengah mewabah di kalangan masyarakat memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positifnya adalah demam batu akik bisa menjadi sumber mata pencaharian baru bagi masyarakat atau warga sekitar, namun disisilain banyak masyarakat (oknum) yang tidak bertanggung jawab merusak batuan alam dengan membabi buta.
Mari kita analisis bersama, Pada contoh paragraf argumentasi di atas terdapat opini-opini atau pendapat seseorang tentang wabah batu akik. hal ini merupakan salah satu contoh paragraf argumentasi, biasanya ditandai dengan kata menurut saya, menurut Pak Gubernur, menurut Kepala Sekolah dll. Jadi paragraf argumentasi merupakan paragraf yang mengandung unsur pendapat (argumen).

Contoh Paragraf Argumentasi 3
Gerakan radikal memang seharusnya dibumi hanguskan oleh pemerintah dari tanah Indonesia, karena tentu saja gerakan ini akan mengkhawatirkan masyarakat Indonesia maupun keutuhan Indonesia.

Contoh Paragraf Argumentasi 3 di atas juga merupakan contoh paragraf argumentasi ditandai dengan adanya opini-opini seseorang di dalam paragraf tersebut.

Contoh Paragraf Argumentasi 4
"Tingkat keamanan pengguna jalan harus ditingkatkan terutama berkaitan aksi-aksi pembegalan yang marak terjadi akhir-akhir ini. Salah satu langkah yang untuk meminimalisir jumlah peristiwa pembegalan adalah dengan menempatkan pos polisi di lokasi rawan pembegalan serta pengendara disarankan mengebut ketika melintasi daerah yang rawan / sunyi." Ujar Bapak Kapolda

Contoh Paragraf Argumentasi 4 di atas juga merupakan contoh paragraf argumentasi ditandai dengan adanya opini-opini dari Bapak Kapolda di dalam paragraf di atas.

Contoh Paragraf Argumentasi 5
Musim kemarau tahun ini merupakan kemarau terparah dalam 12 tahun terakhir. Tidak turunnya hujan selama 6 bulan menyebabkan tanah-tanah dan sumber air menjadi kering. Menurut BMKG, tahun ini diperkirakan hujan akan turun memasuki bulan depan. Jika hal itu terjadi, maka bisa dipastikan kemarau ini bukan kemarau biasa karena terjadi selama 7 bulan. Sedangkan, menurut data yang dikeluarkan oleh BMKG tahun lalu, kemarau hanya terjadi selama 5 bulan. Alhasil, petani-petani banyak mengalami gagal panen karena tidak ada air yang dapat mengairi persawahan mereka.
Contoh paragraf argumentasi di atas sebagai penutup artikel kita kali ini, dan saya berharap Anda dapat memahami mengenai paragraf argumentasi yang baik dan mengetahui ciri-cirinya.

Sampai di sinilah artikel kali ini mengenai penjelasan tentang paragraf argumentasi, semoga artikel Contoh Paragraf Argumentasi (Lengkap Ciri dan Penjelasan) dapat membantu Anda dalam mengerjakan tugas-tugas bahasa Indonesia tentang paragraf Argumentasi atau untuk sekedar menambah wawasan dan pengetahuan tentang Paragraf Argumentasi. Terimakasih atas kunjungannya.


Contoh Paragraf Argumentasi (Lengkap Ciri dan Penjelasan)
MARKIJAR : MARi KIta belaJAR


Suka dengan artikel kami ? Tidak ada salahnya untuk berlangganan artikel terbaru dari MARKIJAR.Com langsung via email mu :

0 Response to "Contoh Paragraf Argumentasi (Lengkap Ciri dan Penjelasan)"

Post a Comment