6 Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan - kali ini kita akan membahas artikel mengenai Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan serta Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan.

Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan

Pengertian Pertumbuhan

Pertumbuhan bisa diartikan sebagai sebuah proses bertambahnya berat, tinggi, masa serta ukuran dari suatu makhluk hidup yang semuanya itu dapat diukur dengan menggunakan alat ukur serta bisa dituliskan dengan angka (Bersifat Kuantitatif).

Pada makhluk hidup, pertumbuhan dapat kita lihat dengan memperhatikan bentuk fisik dari makhluk hidup tersebut. Misalnya saat kita melihat sebuah kucing yang tadinya kecil kemudian tumbuh menjadi lebih besar seiring berjalannya waktu. hal tersebut merupakan contoh dari pertumbuhan yang terjadi pada makhluk hidup (kucing). hal tersebut dapat terjadi karena adanya pertambahan sel di dalam tubuh kucing tersebut. Pertumbuhan biasanya dibatasi oleh umur, seperti pada manusia, biasanya pertambahan tinggi pada manusia berhenti ketika kita memasuki usia 25 tahun.
Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan
Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan

Pengertian Perkembangan

Perkembangan adalah sebuah proses perubahan yang terjadi pada makhluk hidup menuju tingkat kedewasaan tertentu. Perkembangan memiliki sifat kualitatif artinya tidak bisa digambarkan dengan bilangan / angka.

Baca Juga: Heboh, Gambar Hujan Yang Ditangkap Oleh Kamera dari atas Pesawat

Perkembangan, tidak terbatas pada usia, artinya makhluk hidup akan terus berkembang seiring pertambahan usianya. Contoh perkembangan ialah ketika kita masih bayi dan baru lahir tentu kita belum bisa berbicara, kemudian secara perlahan kita berkembang sehingga dapat mengucapkan kata kata tertentu sampai akhirnya kita fasih berbicara. hal tersebut merupakan contoh dari perkembangan yang terjadi di diri kita.

Baca Juga: Kumpulan Materi Biologi SMA (Terlengkap dan Gratis)

Perkembangan Berbeda dari pertumbuhan, karena perkembangan tidak dibatasi oleh foktor umur / usia. karena di usia tua pun manusia tetap dapat mempelajari sesuatu yang baru sehingga dia terus berubah / berkembang dalam berbagai hal (tidak bisa digambarkan dengan angka).

6 Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan

Secara Singkat, perbedaan pertumbuhan dan perkembangan / Beda pertumbuhan dengan perkembangan mahluk hidup telah kami rangkum dalam tabel dibawah ini:
N
Tumbuh
Prkembangan
1
Terlihat dari keadaan fisik
Terlihat dari sifat dan kemampuan
2
Bersifat Kuantitatif (dapat digambarkan dalam bilangan)
Bersifat Kualitatif (tidak bisa digambarkan dengan bilangan)
3
Bersifat Irreversible (tidak bisa balik)
Bersifat Reversible (Bisa balik)
4
Memiliki batasan usia
Tidak terbatas oleh usia
5
Berlangsung secara cepat pada awal usia hingga remaja
Berlangsung di setiap fase kehidupan
6
Dipengaruhi pembelahan sel tubuh
Dipengaruhi pengalaman
7
Contoh bertambahnya tinggi dan massa badan (berat badan)
Contoh perubahan ketertarikan terhadap sesuatu atau perkembangan pola pikir
Refrensi:
  • Wasis; Yuli Irianto, Sugeng. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
  • Saktiyono.2006. IPA BIOLOGI Untuk Kelas VIII. Jakarta : Erlangga
  • Mikrajuddin, dkk. 2007. IPA TERPADU Untuk Kelas VIII Semester 1. Jakarta : Erlangga


Sekian penjelasan dan pembahasan mengenai Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup serta Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan. Semoga materi tentang Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup dapat bermanfaat bagi Sobat Markijar.


Suka dengan artikel kami ? Tidak ada salahnya untuk berlangganan artikel terbaru dari MARKIJAR.Com langsung via email mu :

0 Response to "6 Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup"

Post a Comment