Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Pengertian Kebugaran Jasmani (Menurut Ahli)

15 Pengertian Kebugaran Jasmani - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas Pengertian Kebugaran Jasmani secara mendalam disini, Pengetian Kebugaran Jasmani kami kumpulkan berdasarkan pendapat para Ahli.
Pengertian Kebugaran Jasmani
Pengertian Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani sendiri merupakan salah satu materi yang akan dipelajari di sekolah jenjang SD,sampai SMA, oleh karena itu materi ini sangatlah penting. Berikut Pengertian Kebugaran Jasmani menurut para Ahli:

Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Ahli

1. Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Mochamad Sajoto dan Judith Rink
Beliau berpendapat bahwa Kebugaran Jasmani ialah kemampuan seseorang menyelesaikan pekerjaan sehari-hari dengan tidak mengalami kelelahan berlebihan, dengan pengeluaran energi yang cukup besar, untuk memenuhi kebutuhan geraknya dan menikmati waktu luang juga untuk memenuhi keperluan darurat bila diperlukan sewaktu-waktu.

2. Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Rusli Lutan
Beliau berpendapat bahwa kebugaran jasmani merupakan kemampuan seseorang dalam melakukan segala macam pekerjaan fisik yang memerlukan fleksibilitas, daya tahan dan kekuatan.


3. Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Pangrazi (1995)
Beliau berpendapat bahwa Pendidikan jasmani merupakan bagian dari pendidikan secara umum yang memberi sumbangan terhadap pemberian pengalaman gerak untuk perkembangan serta pertumbuhan anak secara menyeluruh.

4. Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Sadoso Sumosardjuno (1989 : 9)
Beliau berpendapat bahwa Kesegaran Jasmani merupakan kemampuan seseorang untuk menunaikan tugasnya sehari-hari secara mudah, tanpa merasa lelah yang berarti, serta masih mempunyai cadangan tenaga (sisa) untuk menikmati waktu senggangnya dan untuk keadaan-keadaan mendadak.

5. Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Agus Mukhlolid, M.Pd (2004 : 3)
Agus Mukholid berpendapat bahwa Kesegaran Jasmani ialah kemampuan dan kesanggupan untuk melakukan aktivitas atau kerja, mempertinggi daya kerja dengan tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan.

6. Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Lutan (2001)
Pendidikan Jasmani ialah suatu proses aktivitas jasmani yang disusun dan dirancang secara sistematis, untuk merangsang perkembangan dan pertumbuhan, meningkatkan keterampilan dan kemampuan jasmani, kecerdasan pembentukan watak, serta sikap dan nilai yang positif bagi setiap warga negara, dalam rangka mencapai tujuan pendidikan.

7. Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Muhajir
Muhajir berpendapat bahwa kebugaran jasmani merupakan kesanggupan tubuh beradaptasi dengan pekerjaan yang dilakukan tanpa rasa lelah yang berarti.
Kebugaran Jasmani Menurut Ahli
Kebugaran Jasmani Menurut Ahli

8. Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Giri Widjojo dan Sumosardjuno
Beliau menyatakan bahwa kesegaran jasmani ialah kemampuan tubuh untuk menyesuaikan fungsi alat-alat tubuh dalam batas fisiologi pada keadaan lingkungan atau kerja fisik secara efisien tanpa merasa lelah yang berarti.

9. Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Djoko Pekik
Djoko pekik berpendapat, Kebugaran jasmani merupakan kemampuan setiap orang untuk melakukan kerja sehari-hari secara efisien tanpa timbul kelelahan yang berarti sehingga masih menikmati waktu luangnya.

10. Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Suratman (1975)
Beliau menyatakan bahwa Kesegaran jasmani merupakan suatu aspek fisik dari kesegaran menyeluruh (total fitness) yang memberi kemampuan pada seseorang untuk menjalankan kehidupan yang produktif dan dapat menyesuaikan pada tiap pembebanan atau stres fisik yang wajar.

11. Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut T. Cholik Muthohir (1999) dalam Ismaryati (2006: 40)
Kebugaran jasmani ialah kondisi yang menggambarkan kemampuan seseorang untuk melakukan tugas dengan produktif tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan.

12. Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Bucher (1995)
Bucher berpendapat bahwa Pendidikan jasmani tidak hanya difokuskan pada keberhasilan kemampuan jasmaniah yang bertambah dari keterlibatannya dalam aktivitas tetapi juga dalam mengembangkan sikap serta pengetahuan yang mendukung terhadap belajar sepanjang hanyat dan saat keikutsertaan.

13. Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Balitbang Kurikulum Depdiknas (2002)
Pendidikan jasmani merupakan proses pendidikan melewati penyediaan pengalaman belajar kepada siswa yang berupa aktivitas jasmani, berolah raga dan bermain, yang direncanakan secara sistematis, guna merangsang pertumbuhannya.


14. Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Sukintaka (2004)
Menurut Sukintaka Pendidikan jasmani ialah bagian integral dari pendidikan total yang mencoba mencapai tujuan guna mengembangkan kebugaran jasmani, sosial, emosional dan mental untuk masyarakat, melalui wahana aktivitas pendidikan jasmani.

15. Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Menurut Judith Rink
Kebugaran jasmani ialah kemampuan seseorang saat melakukan rutinitas sehari-hari dengan energi yang besar, tetapi tidak merasa kelelahan yang berlebihan, dan bisa menikmati rutinitas tersebut.

Dari 15 pengertian Kebugaran Jasmani di atas dapat kita disimpulkan bahwa kebugaran jasmani adalah sebuah kemampuan seseorang untuk melakukan banyak aktivitas sehari-hari dengan kekuatan yang dimilikinya tanpa merasakan lelah yang berlebihan. Kebugaran jasmani memang sangat diperlukan oleh setiap orang karena keadaan tubuh yang sehat sangat erat kaitannya dengan aktivitas yang dilakukan. Semakin bugar atau sehat seseorang, maka semakin banyak aktivitas bermanfaat yang dapat dikerjakan.


Sekian Artikel tentang Pengertian Kebugaran Jasmani Semoga artikel diatas dapat menambah pengetahuan dan wawasan sobat MARKIJAR.Com mengenai Kebugaran Jasmani. Apabila ada dari sobat yang menemukan kesalahan baik berupa penulisan maupun pembahasan, mohon kiranya memberi kritik dan saran yang membangun untuk perbaikan dan kemajuan bersama.

Pengertian Kebugaran Jasmani
MARKIJAR: MARi KIta belaJAR

Posting Komentar untuk "15 Pengertian Kebugaran Jasmani (Menurut Ahli) "