Pengertian dan Contoh Besaran Pokok dan Besaran Turunan

Di dalam fisika besaran dapat diartikan sebagai sesuatu yang dapat diukur atau dihitung dan mempunyai nilai (besar) yang dinyatakan dengan angka dan satuan. Contoh besaran: kecepatan, massa, panjang.

Besaran yang digunakan dalam fisika dibedakan menjadi dua, yaitu besaran pokok (Base Quantities) dan besaran turunan (Derived Quantities).

Besaran Pokok

Besaran pokok (Base Quantities) merupakan besaran yang satuannya didefinisikan terlebih dahulu dan tidak dapat dijabarkan dari besaran lain. Contoh Besaran pokok (base Quantities) dapat anda lihat pada gambar dibawah ini:

Contoh Besaran Pokok, Contoh Besaran Turunan, Besaran Fisika.
Besaran Pokok


Besaran Turunan

Besaran turunan (Derived Quantities) merupakan besaran fisika yang diturunkan dari satu atau lebih besaran pokok. Selain tujuh besaran pokok, besaran fisika yang lainnya termasuk dalam besaran turunan. Contoh Besaran Turunan (Derived Quantities) dapat anda lihat pada gambar dibawah ini:

Contoh Besaran Pokok, Contoh Besaran Turunan, Besaran Fisika.
Besaran Turunan

  • Luas diturunkan dari dua besaran panjang, yakni panjang dan lebar.
  • Volume diturunkan dari tiga besaran panjang, yakni panjang, lebar dan tinggi.
  • Massa jenis diturunkan dari satu besaran massa dan tiga besaran panjang.
  • Kelajuan (Kecepatan) diturunkan dari satu besaran panjang (jarak) dan satu besaran waktu.
  • Perlajuan (Percepatan) diturunkan dari satu besaran panjang (jarak) dan dua besaran waktu.
  • Gaya diturunkan dari satu besaran massa, satu besaran panjang dan dua besaran waktu.

Perlu diperhatikan bahwa walaupun istilah yang digunakan berbeda, panjang, lebar, tinggi dan jarak termasuk besaran yang sama, yakni besaran panjang. Untuk mengukur panjang, lebar, tinggi dan jarak digunakan alat ukur besaran panjang, bisa berupa meteran, mistar atau alat ukur besaran panjang yang lainnya.


Demikianlah Artikel tentang Pengertian dan Contoh Besaran Pokok dan Besaran Turunan, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat MARKIJAR.Com.



Pengertian dan Contoh Besaran Pokok dan Besaran Turunan
MARKIJAR: MARi KIta belaJAR

Suka dengan artikel kami ? Tidak ada salahnya untuk berlangganan artikel terbaru dari MARKIJAR.Com langsung via email mu :

0 Response to "Pengertian dan Contoh Besaran Pokok dan Besaran Turunan"

Post a Comment