Content Based Image Retrieval (CBIR)

Suatu gambar memiliki ciri yang berbeda satu dan yang lainnya bergantung pada kharakteristik yang menonjol pada gambar tersebut.. Sebagai contoh, bunga matahari dan bunga melati dibedakan melalui perbedaan warnanya, kain dan kertas dapat dibedakan dari tekturnya, sedangkan gambar lingkaran dengan gambar kotak dibedakan melalui bentuknya. Masing-masing ciri dasar dari gambar ini didapatkan melalui proses ekstraksi ciri yang tidak mudah, karena satu gambar dapat mempunyai multiple feature. Proses ekstraksi ciri yang baik menentukan keberhasilan dalam membangun aplikasi image. salah satu Proses ekstraksi pada gambar adalah dengan menggunakan teknik CBIR.

CBIR (Content Based Image System) adalah sebuah metode pencarian citra dengan melakukan perbandingan antara citra query dengan citra yang ada didatabase berdasarkan informasi yang ada pada citra tersebut (Query by Example). Metode CBIR yang sering digunakan adalah pencarian berdasarkan kemiripan warna, bentuk, dan tekstur. CBIR juga dapat diartikan sebagai teknik untuk mencari gambar yang berhubungan dan mempunyai karakteristik dari suatu kumpulan gambar.

Diagram arsitektur CBIR, image retrieval, CBIR adalah.

Sistem CBIR secara umum dibangun dengan melihat kharakteristik dari suatu gambar atau dengan kata lain dengan melihat ciri dari gambar tersebut. Ciri merupakan suatu tanda yang khas, yang membedakan antara satu gambar dengan gambar yang lain. Pada dasarnya suatu gambar memiliki ciri ciri dasar yaitu: Warna, Bentuk, Tekstur.

Gambaran umum CBIR adalah sebagai berikut:
  • User terlebih dahulu memasukkan formasi query yang berupa gambar
  • kemudian query tersebut di ekstraksi
  • sehingga menghasilkan vektor ciri (ciri khusus suatu gambar), begitu pula data-data gambar yang tersimpan dalam database akan mengalami struktur yang sama seperti formasi query sehingga ditemukan vektor ciri
  • kemudian akan dibandingkan satu sama lain untuk mencari kesamaannya.
  • Setelah proses pembandingan tersebut, maka akan terpilih beberapa gambar yang memiliki nilai-nilai vektor yang sama atau hampir sama
  • kemudian dilakukan indexing dan retrieval data yang telah terpilih tadi
  • sehingga ditemukan urutan gambar yang (dalam database) yang memiliki kesamaan dengan formasi gambar (sesuai keinginan user).

Retrieval: pengambilan kembali.
Indexing: merupakan proses pengelompokan data-data sehingga dapat mempermudah penggalian dan pemanggilan data dalam proses pencarian.

Contoh
  • image bebek yang memiliki ciri bentuk yang sebagaimana bebek, dan memiliki ciri warna dimana bebek memiliki warna putih serta memiliki tekstur bulu.



Content Based Image Retrieval (CBIR)
MARKIJAR : MARi KIta belaJAR

Suka dengan artikel kami ? Tidak ada salahnya untuk berlangganan artikel terbaru dari MARKIJAR.Com langsung via email mu :

0 Response to "Content Based Image Retrieval (CBIR)"

Post a Comment