Contoh Program Selection Sort Bahasa C

Selection Sort merupakan algoritma pengurutan atau sorting yang sederhana namun memiliki performa yang baik (One of the simplest sorting algorithms), algoritma ini bisa disebut kombinasi antara searching dan sorting. Untuk melakukan sorting atau pengurutan secara ascending (menaik dari kecil ke besar), elemen (nilai) yang paling kecil di antara elemen yang belum urut, disimpan indeksnya, selanjutnya dilakukan pertukaran anatara nilai elemen dengan nilai indeks yang disimpan tersebut dengan nilai elemen yang paling depan (pertama). Sedangkan untuk sorting descending (menurun dari besar ke kecil), elemen yang paling besar yang disimpan indeksnya kemudian ditukar.

Selection Sort disukai karena kesederhanaan algoritmanya dan performanya yang lebih bagus dari beberapa algoritma lain yang lebih rumit. Algoritma ini dapat di ilustrasikan bekerja seperti dibawah ini:
  • Pertama cari data terkecil (data dengan nilai terkecil) dari semua data. kemudian ditukar nilainya dengan data pertama.
  • Kemudian cari data terkecil dari data kedua sampai data yang terakhir, kemudian ditukar nilainya dengan data kedua (data terkecil kedua ditukan posisinya dengan data kedua).
  • Kemudian cari data terkecil dari data ketiga sampai data terakhir, lalu tukar nilainya dengan data yang ketiga.
  • Begitu seterusnya sampai semua data menjadi terurut. Apabila ada N buah data yang akan kita diurutkan, maka kita butuh N-1 langkah pengurutan, dengan data yang terakhir, yaitu data ke N tidak perlu diurutkan sebab nilainya sudah pasti yang terkecil.

Contoh Program Selection Sort dalam Bahasa C

markijar.com - Contoh Program Selection Sort C++ - ujian nasional bahan ajar materi ujian nasional pelajaran ipa mata pelajaran kisi kisi contoh soal cpns - ujian nasional ujian nasional online ujian nasional sma ujian nasional smk ujian nasional smp bahan ajar bahan ajar kurikulum 2013 bahan ajar matematika bahan ajar bahasa indonesia bahan ajar tik bahan ajar smp materi bahasa inggris materi agama materi aljabar materi biologi materi fisika materi kimia materi sejarah materi bahasa indonesia materi digital materi ekonomi materi smp materi matematika materi kuliah materi pelajaran materi manajemen materi komputer materi ujian nasional pelajaran ipa pelajaran ips pelajaran bahasa ingris pelajaran bahasa indonesia pelajaran pkn pelajaran agama islam mata pelajaran pelajaran matematika belajar bahasa inggris belajar matematika kisi kisi un smp kisi kisi un sma contoh soal cpns
Contoh Program Selection Sort Bahasa C


#include "stdio.h"

int main()
{
    int L[20],temp,i,j,n=6;
    printf("pengurutan berdasarkan Selection sort \nmasukkan %d elements: \n",n);
    for(i=0;i<n;i++){
        scanf("%d",&L[i]);}

    printf("\nsebelum sorting: ");

    for(i=0;i<n;i++){printf("%d ",L[i]);}

    for(i=0;i<(n-1);i++){
    /*5 3 2 4 ===> 3 5 2 4, 2 5 3 4, 2 5 3 4 // 2 3 5 4, 2 3 5 4 // 2 3 4 5*/
        for(j= i+1;j<n;j++){
            if(L[i]>L[j]){
                temp=L[i];
                L[i]=L[j];
                L[j]=temp;
            }
        }
    }
    printf("\nsetelah sorting: ");
    for(i=0;i<n;i++){printf("%d ",L[i]);}
    printf("\n");
}


Contoh ilustrasi jalannya Selection Sort

dimisalkan kita memiliki array sebagai berikut: {5, 1, 12, -5, 16, 2, 12, 14}, kemudian akan diurutkan secara Ascending. berikut ilustrasinya:
Ilustrasi Selection Sort
Ilustrasi Selection Sort



Sekian Artikel tentang Contoh Program Selection Sort Bahasa C, semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi sobat MARKIJAR, seandaiknya sobat ingin mempelajari berbagai contoh program dengan bahasa C, Silakan Klik Kumpulan Contoh Program dengan Bahasa C

Contoh Program Selection Sort Bahasa C
MARKIJAR : MARi KIta belaJAR

Suka dengan artikel kami ? Tidak ada salahnya untuk berlangganan artikel terbaru dari MARKIJAR.Com langsung via email mu :

0 Response to "Contoh Program Selection Sort Bahasa C"

Post a Comment